FOLLOW US:


Masalah MU Lebih Besar dari Sekadar Gonta-Ganti Pelatih, Apa Itu?

23-04-2019 12:30

 | Ole Gunnar Solskjaer

Masalah MU Lebih Besar dari Sekadar Gonta-Ganti Pelatih, Apa Itu?
Manchester United dikalahkan Wolverhampton. © AP

Bola.net - Ole Gunnar Solskjaer disebut mulai menghadapi masalah yang sama seperti yang mengganggu Jose Mourinho sebagai pelatih MU. Masalah yang dimaksud adalah sikap klub yang lebih mementingkan uang daripada mengembalikan kekuatan tim, yang segalanya bermuara pada satu sama: Ed Woodward.

Pandangan ini disampaikan oleh Dave Kitson, analis sepak bola yang berpikir Woodward harus segera digantikan oleh sosok yang lebih profesional. Untuk urusan menghasilkan uang, Woodward memang terbaik, tetapi dia tidak bisa mendatangkan pemain-pemain top sesuai keinginan pelatih.

MU merupakan klub kaya raya, tetapi entah mengapa mereka selalu pelit mengeluarkan uang untuk pelatih. Masalah ini sudah pernah dialami beberapa pelatih sebelum Solskjaer.

Kekurangan skuat MU tampak jelas: butuh bek tengah yang mumpuni, penyerang sayap kanan, dan bek sayap. Namun, setiap bursa transfer, MU justru tidak aktif mengejar pemain-pemain yang mereka butuhkan.

Mengapa demikian? Baca analisis Kitson di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2

Ed Woodward Sumber Masalah

Ketika kondisi skuat tidak mumpuni, MU justru sibuk mengamankan tanda tangan pemain-pemain lawas seperti Chris Smalling atau Ashley Young. Keputusan ini sangat bertolak belakang pada apa yang sebenarnya dibutuhkan MU, dan berarti sumber masalahnya adalah Ed Woodward.

"[Kesalahan terbesar MU adalah] mempertahankan Ed Woodward di posisinya begitu lama. Dia adalah seseorang yang telah membuat banyak keputusan buruk dan itu membuat MU merugi," kata Kitson kepada Express.

"Saya kira MU harus mengubah susunan staf di balik layar, mereka jelas membutuhkan manajer, direktur sepak bola. Mereka memerlukan hierarki di mana semua orang tahu apa yang mereka lakukan, semuanya saling berdiskusi dan berfungsi sebagai satu kesatuan. Saat ini, segalanya kacau."

2 dari 2

Gonta-Ganti Pelatih

Lebih lanjut, Kitson percaya sebanyak apa pun MU mengganti pelatih, masalah ini bakal tetap sama. Kesalahan MU dimulai sejak menunjuk David Moyes beberapa tahun lalu, dan sejak saat itu masalah mereka tidak benar-benar terpecahkan.

"Masalah inilah yang disinggung Mourinho ketika dia pergi. Sebanyak apa pun niat baik untuk Solskjaer, saya kira dia bakal menghadapi masalah yang sama."

"Saya pikir pelatih mana pun saat ini tidak bisa memperbaiki skuat MU. Menurut saya, penunjukan David Moyes adalah kesalahan besar, keputusan itu membuat MU mundur 10 tahun, dan Solskjer, bagi saya, merupakan orang teranyar dari barisan panjang yang merugi karena keputusan itu," tandas dia.