FOLLOW US:


Membandingkan Torehan Arsenal Bersama dan Tanpa David Luiz, Mana yang Lebih Baik?

25-06-2020 14:33

 | Yaumil Azis

Membandingkan Torehan Arsenal Bersama dan Tanpa David Luiz, Mana yang Lebih Baik?
Bek Arsenal, David Luiz, melangkah keluar lapangan usai menerima kartu merah. © AP Photo

Bola.net - Banyak yang menganggap David Luiz sebagai biang kerok dari ketidakberuntungan Arsenal musim ini. Apakah benar seperti itu?

David Luiz menjadi sorotan utama kala Arsenal berhadapan dengan Manchester City di laga pembuka 'Premier League Restart' pekan lalu. Ia melakukan serangkaian kesalahan yang berujung pada kekalahan the Gunners 0-3.

Bek asal Brasil tersebut bertanggungjawab atas dua gol pertama Arsenal. Pertama, ia gagal mengantisipasi operan yang ditujukan kepada Raheem Sterling, meskipun sejatinya bola berada dalam jangkauan kakinya.

Kesalahan berikutnya terjadi hanya beberapa menit setelah blunder pertama lahir. David Luiz melakukan pelanggan di kotak terlarang Arsenal dan menghasilkan penalti untuk the Citizens. Tak sampai di situ, ia pun diganjar kartu merah.

Serangkaian blunder itu jelas tak bisa dimaafkan. Namun, apakah adil jika menyebut David Luiz sebagai biang kerok ketidakberuntungan Arsenal?

Sebelum menyimpulkan, ada baiknya kalau Bolaneters melihat perbandingan raihan Arsenal saat diperkuat David Luiz atau saat dia absen. Informasi dari Planet Football ini bisa disimak dengan melakukan scroll ke bawah.

1 dari 3

Bersama David Luiz

Pertandingan: 32
Menang: 11
Imbang: 14
Kalah: 7

Mencetak gol: 47
Kebobolan: 38

Poin per pertandingan: 1.5
Presentase kemenangan: 34 persen
Presentase kekalahan: 21,9 persen
Gol per pertandingan: 1.5
Kebobolan per pertandingan: 1.2

2 dari 3

Tanpa David Luiz

Pertandingan: 11
Menang: 6
Imbang: 2
Kalah: 3

Mencetak gol: 25
Kebobolan: 18

Poin per pertandingan: 1.8
Presentase kemenangan: 54,5 persen
Presentase kekalahan: 27,3 persen
Gol per pertandingan: 2.3
Kebobolan per pertandingan: 1.6

3 dari 3

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Arsenal bisa meraih kemenangan lebih banyak jika tidak memasukkan David Luiz ke dalam starting XI. Tetapi, mereka menelan kebobolan lebih banyak tanpa kehadiran dirinya.

Sebagai catatan juga, David Luiz tidak turut serta saat Arsenal bertandang ke markas Liverpool di ajang Carabao Cup. Pertandingan tersebut ditentukan lewat adu penalti setelah keduanya bermain imbang 5-5 selama 90 menit.

Tetapi, perlu diketahui juga bahwa David Luiz absen kala Arsenal berhadapan dengan tim yang di atas kertas lebih lemah di berbagai kejuaraan. Contohnya kala menghadapai Nottingham Forest, Vitoria, dan Standard Liege.

(Planet Football)