FOLLOW US:


Mengenang Kisah Sir Alex Ferguson Damprat Dua Pemain MU yang Bersenang-senang

31-03-2020 09:20

 | Richard Andreas

Mengenang Kisah Sir Alex Ferguson Damprat Dua Pemain MU yang Bersenang-senang
Sir Alex Ferguson © AFP

Bola.net - Robin van Persie mengenang kembali kisah unik ketika Sir Alex Ferguson mendamprat dua pemain Manchester United yang kedapatan berpesta tepat setelah menelan kekalahan dari Manchester City pada tahun 2013 lalu. Kisah ini adalah bukti betapa kerasnya Ferguson sebagai pelatih.

Ferguson memang dikenal karena kepribadiannya di ruang ganti. Ada banyak kisah unik yang dibongkar oleh legenda-legenda MU, tentang pelatih temperamental mereka yang punya dedikasi tinggi.

Cara kerja Ferguson itulah yang terbukti mampu mengembangkan MU. Mereka meraih 13 trofi Premier Leaue, 5 FA Cup, dan 2 Liga Champions di era Fergie.

Kini, Van Persie mengenang salah satu momen unik yang benar-benar dia ingat. Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3

Disiplin

Saat itu, Van Persie masih menjalani tahun pertamanya di MU, dia sudah tampil impresif dengan 30 gol. Van Persie bercerita tentang salah satu momen yang selalu dia ingat pada musim itu.

Saat itu, April 2013, MU tampil buruk dan takluk dari Man City. Kekalahan itu seharusnya tidak terlalu berarti, sebab Setan Merah sudah unggul jauh di puncak klasemen sementara.

"Ferguson, dia tahu kapan harus bertindak, kapan harus memberikan contoh untuk memberikan tekanan dengan disiplin. Di musim pertama saya, kami unggul 15 poin di liga dan kami menyambut Man City dengan harapan bisa mengunci gelar juara," buka Van persie kepada SoFoot via Goal internasional.

"Jika kami menang, kami akan unggul 18 poin, tapi ternyata kami kalah. Kami masih unggul 12 poin dan sebagian besar pelatih lainnya tidak akan mendramatisir situasi ini."

2 dari 3

Ferguson Marah

Kalah, tapi masih unggul 12 poin di puncak klasemen sementara. Kondisi itu cukup baik, tapi nyatanya Ferguson benar-benar marah pada pemain-pemainnya.

"Bos [Ferguson], dia berang, situasinya panas. Lalu ada dua pemain yang bersenang-senang setelah kekalahan itu, sehari setelahnya. Ferguson pun memasang foto dua pemain itu di tembok ruang ganti," sambung Van Persie.

"Lalu dia berkata pada seluruh tim: 'Baik semua, jika kita gagal jadi juara, ketahuilah itu karena dua b*jingan itu memilih bersenang-senang'."

3 dari 3

Siapa Sih?

Van Persie tentu tidak mau membeberkan siapa dua pemain yang dimaksud. Dia membongkar lebih lanjut bagaimana Ferguson mempermalukan para pemain yang tidak disiplin.

"Ya, saya punya nama-namanya, tapi saya tidak bisa membocorkannya. Mereka benar-benar dicaci-maki oleh pelatih, tapi semua itu tidak pernah meninggalkan ruang ganti. Itu luar biasa," lanjut Van Persie.

"Dia tidak berhenti di situ, dia memperingatkan kami semua: 'Dengar baik-baik, jika kita gagal juara, itu karena dua orang ini memilih bersenang-senang. Sejak saat ini, jika saya melihat ada pemain yang pergi ke luar sebelum trofi diangkat, pemain itu akan dicoret dari tim'," tutupnya.

Sumber: SoFoot, Goal