FOLLOW US:


'Musim Depan Urusan Nanti, yang Penting Tuntaskan Musim Ini'

17-03-2020 09:00

 | Richard Andreas

'Musim Depan Urusan Nanti, yang Penting Tuntaskan Musim Ini'
Virus Corona berdampak besar pada dunia, termasuk sepak bola © AP Photo

Bola.net - Premier League dan sepak bola Eropa lainnya tengah berharap-harap cemas menunggu keputusan UEFA tentang langkah di sisa musim ini. Sepak bola harus mengalah, membantu masyarakat luas di tengah pandemi virus corona.

Selasa (17/3/2020) malam WIB nanti, UEFA bakal membuat keputusan final setelah berdiskusi dengan empat pilar sepak bola Eropa. Pertemuan darurat itu akan membahas soal penyelenggaraan Euro 2020 dan bagaimana menuntaskan Liga Champions serta Liga Europa musim ini.

Ada beberapa skenario, seperti menunda Euro sampai tahun 2021 mendatang, juga memadatkan jadwal duel Liga Champions dan Liga Europa. Setelah keputusan UEFA nanti, barulah Premier League dan liga-liga lain bisa mengambil sikap.

Langkah apa yang terbaik? Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2

Tuntaskan Musim Ini

Sepekan terakhir, ada beberapa pendapat tentang apa yang sebaiknya dilakukan Premier League di sisa musim ini. Mulai membatalkan musim, mengesahkan Liverpool jadi juara, sampai memaksa menyelesaikan musim ini.

Kini, bos QPR, Mark Warburton, membagikan suaranya tentang opsi-opsi tersebut. Dia lebih setuju dengan opsi terakhir, yakni menuntaskan musim ini sebisa mungkin.

"Bagi saya, musim depan tidaklah penting. Kita harus menyelesaikan musim ini. Kita harus mengalihkan kesulitan ini. Bagi saya, musim depan yang paling ideal," ujar Warburton kepada Sky Sports.

"Musim depan, jika akhirnya hanya ada 19 tim di Premier League, 10 laga kandang dan 9 laga tandang, kita harus bisa menerima itu."

2 dari 2

Ganti Kalender

Opsi lain yang tidak kalah menarik adalah mengganti kalender sepak bola. jika musim ini ditunda beberapa bulan, bisa jadi akhir musmi harus bergeser sampai ke akhir tahun, sekitar bulan November.

Jika itu yang terjadi, artinya musim baru bisa dimulai pada Januari 2021 mendatang, berlanjut sampai bulan Oktober. Setelahnya baru Euro bisa dilangsungkan.

Gagasan ini pun ideal untuk menyambut Piala Dunia 2022 Qatar, yang memang dijadwalkan pada akhir tahun. Artinya, musim 2021 dan 2022 bakal dimulai di bulan Januari, berlangsung sampai Oktober.

Barulah setelah gelaran Piala Dunia, liga-liga boleh bersiap mengembalikan musim seperti sedia kala. Tahun 2023 dimulai di bulan Agustus seperti biasanya.

Sumber: Sky Sports