Newcastle United, Klub dengan Pertahanan Terbaik di Premier League!

Asad Arifin | 25 Januari 2023 10:06
Newcastle United, Klub dengan Pertahanan Terbaik di Premier League!
Newcastle United musim 2022/2023 (c) AP Photo/Kin Cheung

Bola.net - Newcastle tampil menjanjikan di Premier League musim 2022/2023. Hingga pekan ke-21, The Magpies bahkan tercatat sebagai klub dengan lini pertahanan terbaik di Premier League.

Musim lalu, Newcastle berada dalam situasi yang sulit. Mereka sempat berada dalam persaingan di papan bawah. Namun, sejumlah perbaikan dilakukan dan mereka mampu finis di posisi ke-11 klasemen akhir.

Newcastle mendapat suntikan modal yang besar dari pemilik baru, Public Invesment Fund (PIF) dari Arab Saudi. PIF kemudian mengubah wajah Newcastle pada musim 2022/2023.

Newcastle tidak belanja jor-joran di awal musim, tetapi membeli pemain dengan sangat efektif. Kini, Newcastle sukses bersaing di papan atas. Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 4 halaman

Baru Kebobolan 11 Gol

Setelah diakuisisi PIF, salah satu langkah penting Newcastle adalah memilih Eddie Howe sebagai manajer baru. Walau belum pernah meraih gelar mayor, Howe punya rencana bermain yang sangat jelas bersama Newcastle.

Howe membangun Newcastle dengan fondasi lini belakang yang solid. Dia punya empat pemain belakang yang tangguh yakni Kieran Trippier, Sven Botman, Fabian Schar, dan Dan Burn. Lalu, ada Nick Pope di bawah mistar.

Dengan komposisi tersebut, Newcastle sukses menjadi tim yang paling sedikit kebobolan hingga pekan ke-21 Premier League. Newcastle baru kebobolan 11 gol.

Newcastle kebobolan lima gol lebih sedikit dari Arsenal, sang pemuncak klasemen. Sementara, jika dibanding dengan juara bertahan Manchester City, Newcastle kebobolan sembilan gol lebih sedikit.

2 dari 4 halaman

Kapan Terakhir Nick Pope Kebobolan?

Kapan Terakhir Nick Pope Kebobolan?

Kiper Newcastle Nick Pope dalam pertandingan melawan Liverpool di Premier League 2022/23. (c) AP Photo

Selain empat pemain belakang, Nick Pope juga pantas mendapat pujian atas kinerja apik lini belakang Newcastle. Kiper 30 tahun itu tampil sangat konsisten dan sangat jarang melihat gawangnya kebobolan.

Nick Pope kebobolan 11 gol dari 20 laga di Premier League yang sudah dimainkan. Pope mencatat 12 laga nirbobol alias cleansheet.

Di Premier League, Pope tidak kebobolan pada enam laga terakhirnya. Terakhir kali Pope kebobolan pada 6 November 2022, ketika Newcastle menang 4-1 atas Southampton. Ketika itu, Lionel Messi bahkan belum memenangkan gelar juara Piala Dunia 2022.

3 dari 4 halaman

5 Tim Premier League Paling Sedikit Kebobolan

5 Tim Premier League Paling Sedikit Kebobolan

Skuad Newcastle merayakan gol Joe Willock ke gawang Chelsea, Minggu (13/11/2022) (c) AP Photo

Newcastle United - 11 gol
Arsenal - 16 gol
Manchester City - 20 gol
Chelsea - 21 gol
Manchester United - 25 gol

*Data diambil hingga 25 Januari 2023

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR