FOLLOW US:


Penyesalan Eks Manchester United: Ternyata Ferguson Benar, Saya yang Salah

07-04-2021 14:34

 | Yaumil Azis

Penyesalan Eks Manchester United: Ternyata Ferguson Benar, Saya yang Salah
Mantan pemain Manchester United yang sekarang memperkuat Panathinaikos, Federico Macheda. © Panathinaikos

Bola.net - Di awal kemunculannya, Federico Macheda pernah digadang-gadang sebagai salah satu pemain masa depan Manchester United. Namun karena tidak mendengar saran dari Sir Alex Ferguson, karirnya langsung merosot tajam.

Manchester United mendapatkan tanda tangan Macheda ketika masih sangat belia dari Lazio di tahun 2007. Mulanya, pemain berdarah Italia tersebut ditempatkan di tim muda Manchester United untuk beradaptasi dengan lingkungan di Inggris.

Macheda hanya butuh waktu singkat untuk bisa menembus tim reserve. Bahkan, permainannya jadi semakin menggila dengan catatan delapan gol dari delapan laga. Termasuk hat-trick yang dia ciptakan saat menghadapi Newcastle United.

5 April 2009, Macheda diberikan kesempatan menjalani debut saat Manchester United bertemu Aston Villa. Ia jadi penentu kemenangan 2-1 dengan tembakan melengkung indah di menit ke-3 pada masa injury time.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Menganggap Enteng Saran Ferguson

Setelahnya, Macheda diberi kesempatan tampil dalam beberapa pertandingan sampai pihak klub memutuskan untuk meminjamkannya ke klub lain. Tujuannya tentu agar Macheda bisa bermain secara reguler.

Sir Alex Ferguson menyarankan Macheda untuk menjalani masa pinjaman di Inggris. Namun sang pemain membelot dan memilih kembali ke kampung halamannya, Italia.

"Saya muncul dari enam bulan yang berjalan dengan baik bersama United, dan Ferguson memberi tahu saya untuk tidak pindah ke Italia," ujar Macheda kepada Cronache di Spogliatoio.

"Dia menyarankan saya untuk menjalani masa pinjaman di Inggris, sehingga dia bisa terus memperhatikan saya. Saya memandang enteng dia dan berkata: 'Sekarang, saya akan menjalani masa pinjaman, membuktikan kualitas kemudian kembali ke sini," lanjutnya.

2 dari 2

Saran Ferguson Ternyata Benar

Macheda memilih Sampdoria sebagai tujuannya. Sayangnya, kisahnya di Italia tidak berjalan mulus setelah rekan setimnya, Giampaolo Pazzini, dilepas ke klub lain. Macheda diberikan tanggung jawab yang seharusnya belum ia lakoni.

"Saya memilih pulang ke kampung halaman dan bergabung dengan Sampdoria. Saya menolak tujuan lainnya. Kemudian, Pazzini dijual dan semua ekspektasi diberikan kepada saya," tambahnya.

"Seorang bocah yang, iya, datang dari United, tapi apa yang saya tahu soal tanggung jawab? Saya tak pernah melihat anak berusia 19 tahun bisa menyelamatkan sebuah klub. Pilihan itu salah, Sir Alex benar," pungkasnya.

Macheda menjalani masa pinjaman di tahun-tahun berikutnya bersama klub-klub lain hingga bergabung secara permanen ke Cardiff City. Sekarang, Macheda sedang memperkuat klub asal Yunani, Panathinaikos.

(Cronache di Spogliatoio - via Football Italia)