FOLLOW US:


Plus Minus VAR di Mata Mohamed Salah

20-08-2019 22:54

 | Dimas Ardi Prasetya

Plus Minus VAR di Mata Mohamed Salah
Bintang Liverpool, Mohamed Salah © LFC

Bola.net - Bintang Liverpool Mohamed Salah mengaku tak suka pada Video Assistant Referee (VAR) namun melihat teknologi itu bisa memberikannya lebih banyak penalti.

VAR baru diterapkan di Premier League pada musim 2019-20 ini di Premier League. Mereka tak mau menerapkannya secepat di Serie A atau Bundesliga atau Liga Champions karena masih harus mempelajarinya lebih dahulu musim lalu.

Dan ketika teknologi itu akhirnya diterapkan, cukup banyak reaksi negatif yang bermunculan. Salah satunya dari rival Liverpool, Manchester City.

Hal tersebut tak lepas dari insiden tak mengenakkan saat melawan Tottenham. Saat itu gol Gabriel Jesus dianulir wasit sehingga mereka gagal menang.

Pertandingan itu berakhir dengan skor 2-2. Josep Guardiola pun sangat geram dan ia pun menyindir teknologi tersebut saat mengatakan bahwa timnya harusnya mendapat penalti kala Rodri dilanggar Erik Lamela. "Mungkin saat itu VAR sedang ngopi," ketus Guardiola.

1 dari 2

Salah Tak Suka

Salah kemudian ditanya pendapatnya soal VAR itu. Ia mengaku tak suka dengan penerapan teknologi tersebut.

Pasalnya, sepakbola jadi berubah. VAR pun membuat keseruan olahraga tersebut berkurang.

"Saya tidak suka... itu jawaban saya, selalu. Saya tidak suka. Saya suka sepakbola sebagaimana adanya. Apa adanya dengan kesalahan wasit, dengan kadang-kadang adanya agresi dari pemain," tuturnya pada CNN.

"Kadang tidak apa-apa untuk melindungi para pemain dari permainan berbahaya. Tapi OK, itu saja, menurut saya, itu bisa menjadi satu-satunya alasan yang terjadi, hanya untuk melindungi para pemain," cetusnya.

"Tetapi bagi saya, saya menerima sepakbola dengan kesalahan wasit, kesalahan pemain, saya tidak tahu, apa pun. Begitulah cara sepakbola menjadi makin menyenangkan," seru Salah.

2 dari 2

Ada Keuntungan

Ada Keuntungan
VAR beraksi memutuskan penalti di laga antara West Ham vs Manchester City di matchday pertama Premier League 2019-20. © AP Photo

Selama di Liverpool, Salah sempat mendapat julukan tidak mengenakkan. Pemain asal Mesir ini dituding sebagai tukang diving.

Salah sendiri adalah seorang winger yang gesit. Maka dari itu pemain lawan kadang harus menghentikannya dengan segala cara, termasuk menjatuhkannya.

Kadang wasit mengabaikan fakta bahwa ia dilanggar. Dan dengan adanya VAR, Salah merasa yakin ia akan mendapat keuntungan besar mulai musim ini.

"Akan ada lebih banyak tendngan penalti bagi saya. Anda akan melihat itu," seru Salah.

Musim ini Mohamed Salah sudah bermain sebanyak empat kali bagi Liverpool di semua ajang. Ia baru mencetak satu gol plus satu assist saja.

(CNN)