Premier League Siap Bergulir, Yuk Intip 5 Peraih Gelar Terbanyak Liga Inggris

Serafin Unus Pasi | 5 Agustus 2022 18:30
Trofi Premier League 2019-2020 saat dimenangkan Liverpool. (c) AP Photo

Bola.net - Dalam hitungan jam, Premier League 2022/2023 akan digulirkan. Kompetisi kasta teratas Liga Inggris itu bakal dibuka dengan duel Crystal Palace vs Arsenal, Sabtu (06/08/2022) dini hari WIB.

Jika melihat keseriusan para kontestan selama persiapan pra-musim hingga bursa transfer, Premier League musim ini diprediksi akan semakin ketat. Terutama dalam perburuan gelar juara.

Selain Liverpool dan Manchester City yang kerap bersaing merebut trofi Premier League, Manchester United juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Mereka sudah berbenah bersama Erik ten Hag.

Arsenal yang jor-joran di bursa transfer musim panas 2022 juga layak diperhitungkan. Begitupun dengan Chelsea di bawah investor baru, pasti mereka ingin menjadi nomor satu.

Akan tetapi, jika berbicara peraih gelar juara Liga Inggris, belum ada yang bisa melewati dominasi Manchester United dan Liverpool. Keduanya masih menjadi pengoleksi trofi terbanyak.

Berikut Bola.net sajikan 5 peraih gelar terbanyak Liga Inggris sebelum maupun sesudah era Premier League. Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Manchester City - 8 Gelar

Manchester City juara Premier League 2021-22 (c) AP Photo

Manchester City mengoleksi total 8 trofi Liga Inggris. Klub yang bermarkas di Etihad Stadium tersebut bahkan berstatus sebagai juara bertahan setelah memuncaki klasemen musim lalu.

Manchester City meraih trofi pertamanya pada musim 1936/1937. The Citizens menjadi pemuncak klasemen dengan mengoleksi total 57 poin, unggul 3 poin dari Charlton Athletic.

Pada Premier League 2021/2022, Manchester City sebenarnya nyaris disalip Liverpool dalam perebutan gelar juara. Namun, mereka akhirnya menjadi kampiun setelah unggul satu poin dari The Reds.

2 dari 5 halaman

Everton - 9 Gelar

Fans Everton pada laga tunda pekan ke-33 Premier League 2021/2022 melawan Crystal Palace di Goodison Park (c) AP Photo

Klub asal Merseyside, Everton juga punya sejarah kejayaan di Liga Inggris. Mereka pernah menjuarai kompetisi kasta teratas sebanyak 9 kali, satu trofi lebih banyak dari Manchester City.

Namun, kesuksesan Everton dicatatkan sebelum era Premier League. Terakhir kali, mereka keluar sebagai juara pada musim 1986/1987, The Toffees memuncaki klasemen dengan 86 poin.

Sementara, dalam beberapa musim terakhir Premier League, Everton menjelma sebagai tim medioker. Musim lalu, mereka finis di posisi ke-16 klasemen akhir Premier League.

3 dari 5 halaman

Arsenal - 13 Gelar

Pemain Arsenal merayakan gol Gabriel Jesus ke gawang Chelsea di Florida Cup, Minggu (24/7/2022) WIB. (c) AP Photo

Dalam perburuan gelar Liga Inggris, Arsenal juga pernah meraih kesuksesan. Mereka pernah berjaya ketika masih dinakhodai Arsene Wenger, salah pelatih legendaris.

Arsenal menapaki kesuksesan pada kompetisi teratas Liga Inggris sejak musim 1930/1931. The Gunners mengakhiri musim dengan 66 poin dari 42 pertandingan.

Akan tetapi, setelah 2003/2004, Arsenal belum bisa membawa pulang trofi Premier League ke Emirates Stadium. Capaian terbaik mereka dalam lima musim terakhir adalah menembus 5 besar.

4 dari 5 halaman

Liverpool - 19 Gelar

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. (c) AP Photo

Liverpool telah mengoleksi 19 trofi Liga Inggris. Akan tetapi, The Reds sempat puasa gelar selama kurang lebih 3 dekade sebelum menjuarai Premier League 2019/2020.

Ya, sebelum menjuarai Premier League 3 tahun lalu, Liverpool terakhir kali menjadi kampiun pada musim 1989/1990. Atau sebelum Liga Inggris berganti nama.

Dalam tiga musim terakhir, performa Liverpool sebenarnya terus menanjak. Akan tetapi, mereka kerap kalah bersaing dengan Manchester City dalam perebutan gelar.

5 dari 5 halaman

Manchester United - 20 Gelar

Para Pemain memasuki lapangan di laga pramusim Manchester United vs Rayo Vallecano, Juli 2022 (c) MUFC

Manchester United masih menjadi tim tersukses di Liga Inggris baik sebelum dan setelah era Premier League. Sebanyak 20 gelar diraih Setan Merah sejak 1907/1908.

Kesuksesan terbesar Manchester United tentu di era Sir Alex Ferguson. Bersama juru taktik asal Skotlandia itu The Red Devils meraih 13 gelar.

Bahkan, sejak ditinggalkan Sir Alex, Manchester United belum pernah menjuarai Premier League. Musim 2012/2013 menjadi pencapaian terbaik mereka.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR