FOLLOW US:


Rahasia Diogo Jota Langsung Nyetel dengan Liverpool? Asisten Klopp Buka Suara

02-12-2020 05:40

 | Richard Andreas

Rahasia Diogo Jota Langsung Nyetel dengan Liverpool? Asisten Klopp Buka Suara
Diogo Jota © AP Photo

Bola.net - Diogo Jota mungkin bisa disebut sebagai salah satu pembelian terbaik musim panas ini. Dia direkrut Liverpool dari Wolverhampton, dan sejauh ini terbukti bisa langsung membantu tim.

Pembelian Jota sempat dipandang dadakan. Dia pun diprediksi akan lebih sering dicadangkan, jadi pelapis trio Salah-Mane-Firmino.

Beberapa pekan awal pun terbukti demikian, Jota lebih sering dicadangkan, turun sebagai pengganti. Namun, performanya sejauh ini ternyata sudah melebihi ekspektasi.

Jota sudah mencetak 9 gol dalam 14 penampilan, layak dipertimbangkan jadi starter -- bahkan didukung menggusur Roberto Firmino.

Performa Jota ini pun mengundang pertanyaan. Biasanya pemain baru Liverpool butuh waktu lama beradaptasi, mengapa Jota begitu cepat?

1 dari 2

Adaptasi cepat

Pertanyaan di atas coba dijawab langsung oleh asisten Jurgen Klopp, Pep Lijnders. Menurutnya ada dua hal utama yang memudahkan adaptasi Jota: faktor Klopp dan faktor klub lamanya.

"Jurgen pun berperan penting [untuk performa Jota] karena cara dia bicara dengan para pemain soal gaya bermain dan identitas kami sangat jelas dan kuat, dia punya kekuatan ajaib untuk membuat hal-hal sulit tampak sederhana," kata Lijnders dikutip dari Goal.

"Diogo datang dari kultur taktik yang bagus, yang membuat adaptasinya jadi lebih mudah. Namun, tetap kita tidak boleh lupa bahwa tubuhnya masih butuh waktu beradaptasi."

"Karena itulah kami berhati-hati -- dia beradaptasi dengan gaya dan gagasan main yang baru," imbuhnya.

2 dari 2

Kualitas Jota

Selain bantuan dari rekan setim dan pelatih, Jota sendiri pun patut mendapat apresiasi. Adaptasinya lancar karena dia sendiri yang mau bekerja keras, mau mencoba menyesuaikan mental.

"Namun, pertama dan terutama, ketika Anda datang bergabung dengan tim hebat, sebagian besar segalanya berjalan mudah," lanjut Lijnders.

"Dia pun punya ketrampilan murni yang sudah sangat penting untuk permainan tim kami. Itulah yang membuat kami sangat menginginkan dia."

"Ketika pemain baru datang, selalu soal adaptasinya pada tim, mentalitas, dan bagaimana tim memahami si pemain," pungkasnya.

Sumber: Goal