Rangnick Meragukan, tapi MU Tidak Bisa Batalkan Peran Konsultasi

Richard Andreas | 7 Januari 2022 06:40
Manajer Manchester United, Ralf Rangnick (c) AP Photo

Bola.net - Ralf Rangnick belum benar-benar membuktikan diri sebagai pelatih yang tepat untuk Manchester United. Sudah sebulan bekerja, Rangnick belum maksimal mengembangkan Setan Merah.

Saat ini MU masih tertahan di peringkat ke-7 klasemen sementara Premier League. Mereka hanya memetik tiga kemenangan dari lima pertandingan terakhir, satu kali imbang dan satu kali kalah.

Teranyar, MU takluk 0-1 dari Wolverhampton di laga pertama tahun 2022. Permainan Cristiano Ronaldo dkk. di laga tersebut dianggap sangat buruk, formasi 4-2-2-2 yang dipilih Rangnick gagal total.

Oleh sebab itu, mulai muncul keraguan terkait peran Rangnick sebagai pelatih interim sampai akhir musim ini. Apa maksudnya?

1 dari 2 halaman

Skema kontrak Rangnick

MU menunjuk Rangnick sebagai pengganti Ole Gunnar Solskjaer. Harapannya, Rangnick bisa membawa pengalamannya dalam membentuk tim dan menerapkan sepak bola modern.

Menariknya, keputusan menunjuk Rangnick tampak seperti tindakan tergesa-gesa. MU harus mengikuti tuntutan Rangnick dalam skema kontrak.

Rangnick akan melatih tim sampai akhir musim 2021/22, lalu mundur ke belakang layar untuk bekerja sebagai konsultan selama dua tahun. Artinya, Rangnick akan mebentuk dan mengembangkan tim MU.

Dia dipercaya menunjuk pelatih baru untuk meneruskan pekerjaannya dan ditugasi membidik pemain-pemain yang tepat untuk terus mengembangkan MU.

2 dari 2 halaman

Buruk jadi pelatih, bagaimana dengan konsultan?

Penunjukan Rangncik sempat melambungkan rasa percaya diri fans MU. Bagaimanapun Rangnick sudah terbukti mampu membentuk tim tangguh, kariernya membuktikan itu.

Namun, setelah sebulan bekerja, Rangnick tidak benar-benar membuktikan diri sebagai pelatih yang tepat. Permainan MU tidak membaik, bahkan ada krisis baru di ruang ganti.

Sebab itu, Rangnick dianggap tidak cocok jadi pelatih permanen MU. Perkembangan situasi ini lantas menimbulkan pertanyaan baru: Lantas bagaimana dengan peran konsultan Rangnick selama dua tahun?

Menurut Express, sejauh ini tidak ada perubahan dari pihak klub. MU tidak bisa membatalkan kontrak begitu saja. Rangnick mungkin tidak akan lanjut jadi pelatih, tapi dia akan terus bekerja dari balik layar.

Sumber: Express

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR