Rapor Pemain Arsenal Saat Dibekuk Liverpool: Tomiyasu Diobok-obok, Partey Kacau!

Asad Arifin | 21 Januari 2022 08:15
Thomas Partey mendapat kartu merah pada laga leg kedua Carabao Cup 2021/2022 melawan Liverpool, Jumat (21/1/2022) dini hari WIB (c) AP Photo

Bola.net - Arsenal menelan kekalahan ketika berjumpa Liverpool pada leg kedua babak semifinal Carabao Cup. Bermain di Emirates Stadium, Jumat (21/1/2022) dini hari WIB, Arsenal kalah dengan skor 2-0.

Diogo Jota memborong dua gol, masing-masing ia cetak pada babak pertama dan kedua. Jota pun memastikan kemenangan dengan agregat 2-0 Liverpool setelah bermain 0-0 di leg pertama.

Bagi Arsenal, kegagalan di Carabao Cup jadi hasil buruk lainnya pada musim 2021/2022. Sebelumnya, The Gunners juga tersingkir di ajang Piala FA setelah menelan kekalahan dari Nottingham Forest.

Lantas, bagaimana rapor pemain Arsenal saat dibekuk Liverpool? Simak di bawah ini ya Bolaneters:

1 dari 12 halaman

Aaron Ramsdale - 5

Kiper Arsenal Aaron Ramsdale. (c) AP Photo

Ramsdale sejatinya tidak cukup sibuk pada laga ini. Sebab, dari 11 upaya tendangan yang dilakukan Liverpool, hanya tiga yang mengarah ke gawang. Tapi, ini bukan hari terbaik Ramsdale.

Dari tiga shots on target Liverpool, dua menjadi gol. Ramsdale hanya membuat satu penyelamatan pada duel ini.

2 dari 12 halaman

Kieran Tierney - 6

Pemain Arsenal, Kieran Tierney (c) AP Photo

Tierney punya kombinasi yang baik dengan Martinelli saat proses build-up. Tapi, ada beberapa detail yang dilewatkan oleh pemain asal Skotlandia dan membawa dampak yang besar.

Pada proses gol kedua Liverpool, Tierney hanya melihat Gordon dan tidak memberi tekanan pada Alexander-Arnold. Walhasil, tercipta assist brilain untuk gol Jota.

3 dari 12 halaman

Ben White - 6

Bek Arsenal, Ben White (c) AP Photo

Pada leg pertama, Ben White bermain sangat apik. Sementara, pada leg kedua, Ben White tampak berjuang sangat keras. Dia gagal memberikan perlindungan bagi Ramsdale.

Pada proses gol pertama Jota, Ben White tidak memberi cover yang baik untuk Tomiyasu. Upayanya melakukan blok untuk tendangan Jota juga gagal.

4 dari 12 halaman

Gabriel - 5

Duel Roberto Firmino dan Gabriel Magalhaes pada laga leg kedua Carabao Cup 2021/2022 Arsenal melawan Liverpool, Jumat (21/1/2022) dini hari WIB (c) AP Photo

Gabriel gagal dalam menerapkan jebakan offside pada gol kedua Jota. Itu adalah kesalahan minor, tetapi punya dampak yang sangat besar. Dia juga tidak cukup kokoh untuk menghadang laju Jota.

Sepanjang laga, Gabriel tampak pontang-panting memberi penjagaan pada Firmino.

5 dari 12 halaman

Takehiro Tomiyasu - 4

Aksi Takehiro Tomiyasu pada laga leg kedua Carabao Cup 2021/2022 melawan Liverpool, Jumat (21/1/2022) dini hari WIB (c) AP Photo

Tomiyasu diobok-obok Diogo Jota pada laga ini. Biasanya, pemain asal Jepang itu sangat disiplin dan kuat dalam duel satu lawan satu. Tapi, tidak saat berjumpa Jota.

Gol pertama Liverpool tercipta saat Jota dengan mudah melewati Tomiyasu. Bukan hanya terkena kolong, Tomiyasu juga goyah saat hendak mengejar Jota.

6 dari 12 halaman

Sambi Lokonga - 6

Aksi Albert Sambi Lokonga pada laga leg kedua Carabao Cup 2021/2022 melawan Liverpool, Jumat (21/1/2022) dini hari WIB (c) AP Photo

Lokonga sempat membuat umpan brilian yang berujung peluang Lacazette. Itu adalah momen yang unik, sebab tugas utama Lokonga adalah bertahan. Tapi, tidak dijalankan dengan optimal.

Lokonga kewalahan menghadapi para gelandang dan penyerang Liverpool yang agresif. Lokonga harusnya bisa melakukan lebih baik lagi.

7 dari 12 halaman

Martin Odegaard - 7

Aksi Martin Odegaard dan Curtis Jones pada laga leg kedua Carabao Cup 2021/2022 Arsenal melawan Liverpool, Jumat (21/1/2022) dini hari WIB (c) AP Photo

Odegaard memainkan perannya dengan cukup bagus. Dia melepas dua umpan kunci. Secara keseluruhan, akurasi umpan Odegaard pada laga ini mencapai 90 persen. Dia tidak tampil buruk.

Hanya saja, Odegaard beroperasi terlalu jauh dari area kotak penalti Liverpool. Hal ini membuatnya tidak banyak membuat ancaman ke gawang.

8 dari 12 halaman

Bukayo Saka - 6

Bukayo Saka usai mencetak gol ke gawang Man City pada pekan ke-21 Premier League 2021/2022 (c) AP Photo

Bukan standar terbaik Bukayo Saka. Dia tidak mampu memberi banyak ancaman pada lini belakang Liverpool. Saka tampak kesulitan menghadapi Andy Robertson yang bermain solid di sisi kiri Liverpool.

Saka hanya melakukan tiga upaya dribel sepanjang laga, dua yang sukses. Selain itu, Saka juga hanya melepas satu shots.

9 dari 12 halaman

Emile Smith Rowe - 6

Selebrasi gelandang Arsenal, Emile Smith Rowe usai membobol gawang Aston Villa, Sabtu (23/11/2021) (c) AP Photo

Smith Rowe dimainkan sejak menit awal. Dia beroperasi di belakang penyerang. Dia memberi banyak opsi di lini depan, tetapi secara umum kesulitan meladeni Fabinho.

Smith Rowe gagal melepas satu pun umpan kunci pada duel ini. Jadi, tidak heran jika ditarik keluar pada babak kedua.

10 dari 12 halaman

Gabriel Martinelli - 7

Selebrasi Gabriel Martinelli usai mencetak gol ke gawang Newcastle pada laga pekan ke-13 Premier League musim 2021/2022 (c) AP Photo

Pada babak pertama, Martinelli cukup mereporkan bagi pertahanan Liverpool. Dia membuat Alexander-Arnold tidak leluasa membantu serangan. Tapi, pada babak kedua, dia tidak begitu efektif.

Sepanjang laga, Martinelli melakukan dua shots. Hanya satu yang tepat sasaran. Sementara, dari delapan upaya dribel yang dilakukan, hanya empat yang sukses.

11 dari 12 halaman

Alexandre Lacazette - 6

Selebrasil Alexandre Lacazette saat membobol gawang Southampton, Sabtu (11/12/2021) (c) AP Photo

Lacazette harusnya bisa membawa Arsenal meraih hasil bagus. Pada awal laga, dia mendapat beberapa peluang emas. Tapi, Lacazette tidak cukup efektif untuk memanfaatkannya.

Lacazette hanya melepas dua shots sepanjang laga. Dia kemudian ditarik keluar pada babak kedua.

12 dari 12 halaman

Pemain Pengganti

Thomas Partey mendapat kartu merah pada laga leg kedua Carabao Cup 2021/2022 melawan Liverpool, Jumat (21/1/2022) dini hari WIB (c) AP Photo

Eddie Nketiah - 5

Nketiah mauk pada menit ke-74, untuk menggantikan Lacazette. Bekerja cukup keras, tetapi gagal mencetak gol.

Thomas Partey - 3

Dimainkan pada menit ke-74, Partey justru menjadi malapetaka bagi Arsenal. Dia mendapat kartu merah. Sangat buruk.

Sumber: Statistik diolah dari Whoscored

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR