Rating skuat Liverpool Usai Hajar Brentford: Hampir Semuanya Oke, Fabinho Paling Jos!

Dimas Ardi Prasetya | 17 Januari 2022 00:51
Fabinho (kiri) berduel udara melawan Shandon Baptiste di laga Liverpool vs Brentford di Anfield, Minggu (16/01/2022) malam WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Skuat Liverpool berhasil menang telak 3-0 atas Brentford di laga pekan ke-22 Premier League 2021-22 di Anfield, Minggu (16/01/2022) malam WIB.

Di laga ini Liverpool tampil dominan atas Brentford. Sang tamu hanya sesekali saja melancarkan serangan dari skema counter attack.

Namun Liverpool cukup kesulitan menembus pertahanan Brentford di babak pertama. Mereka baru bisa mencetak gol pertamanya pada menit ke-44 melalui tandukan Fabinho.

Di babak kedua Liverpool bermain lebih klinis. Mereka menambah gol melalui Alex Oxlade-Chamberlain pada menit ke-69 dan disusul oleh gol Takumi Minamino pada menit ke-77.

Penampilan skuat Liverpool secara umum bagus pada laga ini. Jadi berapa rating yang didapat para pemainnya usai mengalahkan Brentford?

Simak ulasannya di bawah ini Bolaneters.

1 dari 13 halaman

Alisson Becker

Rating: 7

Di laga Liverpool vs Brentford ini, Alisson Becker tak perlu bekerja keras. Seperti yang disebut sebelumnya, sang tamu tak banyak merepotkan pertahanan The Reds.

Namun Alisson tetap tampil sigap saat diperlukan. Ia beberapa kali mengambil keputusan bagus dalam memetik bola di udara.

Ia juga banyak berperan membantu membangun serangan Liverpool. Meskipun, bola umpan-umpannya tak selalu tepat sasaran.

2 dari 13 halaman

Trent Alexander-Arnold

Trent Alexander-Arnold (kiri) berebut bola dengan Sergi Canos di laga Liverpool vs Brentford di Anfield, Minggu (16/01/2022) malam WIB. (c) AP Photo

Rating: 8

Seperti biasa, Trent Alexander-Arnold punya pengaruh besar dalam kreativitas serangan Liverpool. Ia banyak mengirim umpan, baik dari umpan silang maupun umpan panjang.

Akurasinya kurang oke memang di laga ini. Namun ia berperan atas terciptanya gol Fabinho karena ia yang memberikan assist via sepak pojoknya.

Trent juga mencoba mengancam dengan beberapa kali menendang bola langsung ke gawang. Namun meski meleset usahanya masih tetap oke.

3 dari 13 halaman

Joel Matip

Rating: 7.5

Sempat nyaris membuat kesalahan di babak pertama yang membuat Vitaly Janelt bisa melepas tembakan jarak jauh. Namun Joel Matip tampil oke di laga Liverpool vs Brentford ini.

Ia bisa mengatasi kecepatan dari Mbeumo. Matip juga sempat beberapa kali maju ke depan untuk membantu membongkar pertahanan rapat lawan.

Matip bahkan sempat melepas tembakan dari ujung kotak penalti setelah melewati beberapa pemain Brentford. Sayang bola terlalu lemah.

4 dari 13 halaman

Virgil van Dijk

Duel Liverpool vs Brentford di Anfield, Minggu (16/01/2022) malam WIB. (c) AP Photo

Rating: 7.5

Tampil kokoh di belakang seperti biasa. Namun Virgil van Dijk tak terlalu banyak direpotkan penyerang lawan.

Ia melakukan beberapa sapuan dan merebut lagi bola dari kaki lawan. Ia juga membantu merancang serangan dari belakang.

Van Dijk bahkan hampir mencetak gol bagi Liverpool di laga ini. Sayang bola sontekannya bisa diblok kiper Brentford.

5 dari 13 halaman

Andrew Robertson

Rating: 8

Tampil enerjik di sisi kiri Liverpool seperti biasanya. Ia solid dalam bertahan dan kerap maju mengempur lawan dari sisi kiri.

Ia masih melepas sejumlah umpan crossing. Namun ada satu yang tepat sasaran dan kemudian berbuah gol setelah disundul Alex Oxlade-Chamberlain.

Roberton juga sempat membuat blok penting untuk menggagalkan peluang Brenford.

6 dari 13 halaman

Fabinho

Fabinho (kedua dari kanan) merayakan golnya di laga Liverpool vs Brentford di Anfield, Minggu (16/01/2022) malam WIB. (c) AP Photo

Rating: 9

Tampil garang di lini tengah Liverpool. Fabinho menjadi pemain yang kerap membuyarkan serangan-serangan Brentford.

Ia juga unggul dalam duel-duel udara dan memenangkan perebutan bola. Namun Fabinho juga tak lupa membantu merancang serangan Liverpool dari lini tengah.

Fabinho juga membuka keunggulan Liverpool dengan tandukannya. Ia juga sempat melepas tendangan voli ke gawang Brentford meski ditahan kiper lawan.

7 dari 13 halaman

Jordan Henderson

Rating: 7

Jordan Henderson tampil masih tetap enerjik. Ia menjadi dinamo lini tengah Liverpool.

Henderson terus membuat bola bergulir di lini tengah dan berusaha memberikan suplai bola matang ke depan. Ia juga ikut membantu memutus serangan-serangan Brentford.

Umpan-umpannya memang kurang oke. Namun penampilannya secara umum membaik dari sebelumnya.

8 dari 13 halaman

Curtis Jones

Rating: 7

Dipercaya tampil menjadi starter. Curtis Jones pun menjawab tantangan ini dengan cukup baik.

Ia bagus dalam melindungi bola. Aksi dribelnya beberapa kali merepotkan lawan.

Jones juga beberapa kali bergerak maju untuk mencari gol. Ini penampilan yang oke mengingat ia sebelumnya absen agak lama.

9 dari 13 halaman

Alex Oxlade-Chamberlain

Gelandang Liverpool, Alex Oxlade-Chamberlain (kedua dari kanan), merayakan golnya ke gawang Brentford di Anfield, Minggu (16/01/2022) malam WIB. (c) AP Photo

Rating: 7.5

Dipercaya menjadi starter dan dipasang di sisi sayap kanan. Tugas ini terbilang berat karena ia harus mengisi pos yang ditinggalkan Mohamed Salah.

Alex Oxlade-Chamberlain tampil enerjik dan berperan dalam gol pembuka Liverpool. Sepak pojok itu berasal dari aksinya.

Chamberlain kemudian ikut menyumbangkan gol dengan tandukannya meski diapit dua bek lawan. Namun ia akhirnya ditarik keluar karena ada kemungkinan mengalami cedera.

10 dari 13 halaman

Roberto Firmino

Rating: 7.5

Roberto Firmino dipercaya menjadi starter. Ia pun bekerja keras seperti biasanya dan kerap turun membantu timnya mengejar bola.

Penampilannya tak menonjol tapi tetap layak diacungi jempol. Ia berperan besar atas terciptanya gol Takumi Minamino.

Berkat pressingnya yang gigih, ia bisa mencuri bola. Firmino sebenarnya bisa mencetak gol sendiri namun ia tak egois dan memilih memberikan assist pada Minamino sebelum akhirnya ditarik keluar lapangan.

11 dari 13 halaman

Diogo Jota

Rating: 7

Diogo Jota tampil eksplosif seperti biasanya bagi Liverpool. Namun di babak pertama ia tampil kurang oke.

Di babak kedua performanya membaik. Ia nyaris mencetak gol namun bola membentur tiang gawang.

Ia juga harusnya bisa mencetak gol namun melewatkannya dalam situasi satu lawan satu. Ia akhirnya diganti di babak kedua.

12 dari 13 halaman

Takumi Minamino

Penyerang Liverpool Takumi Minamino, dengan digendong Roberto Firmino, merayakan golnya ke gawang Brentford di Anfield, Minggu (16/01/2022) malam WIB. (c) AP Photo

Rating: 7.5

Masuk pada menit ke-74 menggantikan Alex Oxlade-Chamberlain. Ia bekerja keras untuk membantu membongkar pertahanan Brentford.

Usahanya akhirnya membuahkan hasil. Pada menit ke-77 ia mencetak gol memanfaatkan assist Roberto Firmino.

Gol ini bisa menjadi hal yang spesial. Sebab itu bisa menjadi kado manis bagi ultah-nya yang ke-27.

13 dari 13 halaman

Pemain Pengganti

James Milner

Rating - 6.5

Masuk di menit ke-78 menggantikan Roberto Firmino. Ia tak banyak berkontribusi namun membantu Liverpool mengamankan kemenangan atas Brentford.

Kaide Gordon

Rating: 6.5

Masuk menit ke-81 menggantikan Diogo Jota. Ia sempat mendapat peluang emas mencetak gol perdananya bagi Liverpool di pentas Premier League dalam situasi satu lawan satu namun kesempatan itu digagalkan kiper Brentford.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR