FOLLOW US:


Riyad Mahrez dan Bernardo Silva yang 'Dilupakan' dari Ballon d'Or 2019

03-12-2019 09:46

 | Asad Arifin

Riyad Mahrez dan Bernardo Silva yang 'Dilupakan' dari Ballon d'Or 2019
Riyad Mahrez. © AFP

Bola.net - Malam gala Ballon d'Or 2019 usai digelar pada Rabu (3/12/2019) dini hari WIB. Panggung utama menjadi milik Lionel Messi. Sedangkan, dua pemain seperti dilupakan: Riyad Mahrez dan Bernardo Silva.

Lionel Messi mendapat panggung utama di Ballon d'Or 2019. Sebab, dia yang menjadi pemenang. Sedangkan, untuk gelar pemain wanita terbaik, diraih bintang timnas Amerika Serikat yakni Megan Rapinoe.

Selain Lionel Messi dan Megan Rapinoe, sorotan juga diberikan pada Matthijs de Ligt yang menjadi pemain terbaik. Pemain belakang Juventus mengalahkan Jadon Sancho dan Joao Felix untuk mendapatkan Kopa Trofi 2019.

Selain itu, ada pula nama Alisson Becker yang menjadi kiper terbaik atau Yachine Trofi. Sedangkan, sorotan lain diberikan pada Cristiano Ronaldo karena memilih tidak hadir pada malam gala Ballon d'Or 2019.

1 dari 2

Sosok Penting yang Terlupakan

Banyak catatan menarik yang dilupakan begitu saja dalam malam gala Ballon d'Or 2019. Salah satunya adalah catatan apik dari para pemain Afrika. Tiga pemain Afrika masuk dalam 10 besar Ballon d'Or 2019, pertama kali dalam sejarah.

Secara khusus, nama Riyad Mahrez patut mendapat sorotan. Dia tentu saja tidak lebih populer dibanding dua pemain Afrika lain: Mohamed Salah dan Sadio Mane. Kedua pemain Liverpool itu berada di posisi keempat dan lima.

Riyad Mahrez menempati posisi ke-10 Ballon d'Or 2019. Dia mampu menyisihkan nama-nama yang lebih populer, termasuk rekan satu timnya di Manchester City. Riyad Mahrez lebih baik dari Raheem Sterling [12], Kevin De Bruyne [14] dan Sergio Aguero [16].


Catatan apik Riyad Mahrez tidak lepas dari suksesnya bersama timnas Aljazair. Mantan pemain Leicester City itu meraih gelar juara Piala Afrika 2019. Gelar bersama timnas menjadi hal yang tidak diraih Kevin De Bruyne, Sergio Aguero, dan Raheem Sterling.

2 dari 2

Tempat Istimewa untuk Bernardo Silva

Tempat Istimewa untuk Bernardo Silva
Dua bintang Portugal, Bernardo Silva dan Cristiano Ronaldo © AP Photo

Seperti Riyad Mahrez, Bernardo Silva juga menjadi pemain yang dilupakan pada Ballon d'Or 2019. Padahal, dia mampu menempati posisi ke-9. Bernardo Silva menjadi pemain Manchester City dengan peringkat terbaik di Ballon d'Or 2019.

Selama ini, Bernardo Silva memang berada di bawah bayang-bayang Aguero, De Bruyne, Sterling, hingga Leroy Sane di Manchester City. Namun, dia sesungguhnya tampil begitu bagus. Termasuk di timnas Portugal.


Bernardo Silva membawa Portugal menjadi juara di UEFA Nations League 2019. Total, Bernardo Silva meraih enam gelar juara pada 2019, baik di timnas dan klub. Bernardo Silva layak mendapat tempat yang bagus di Ballon d'Or 2019.

Sumber: Squawka