FOLLOW US:


Seandainya Ederson yang Main, Mungkinkah Man City yang Kalahkan Liverpool?

12-11-2019 12:30

 | Richard Andreas

Seandainya Ederson yang Main, Mungkinkah Man City yang Kalahkan Liverpool?
Ederson Moraes © AP Photo

Bola.net - Manchester City jelas menyesali kekalahan 1-3 dari Liverpool di Anfield akhir pekan lalu. Mereka sudah tampil sebaik mungkin, bahkan berani menyerang, tapi masih gagal menggulingkan sang tuan rumah.

Pep Guardiola menurunkan formasi menyerang seperti biasanya. Ada banyak peluang berbahaya yang tercipta, tapi penyelesaian akhir mereka kurang efektif.

Sayangnya, secerdik apa pun Guardiola, dia tidak bisa memungkiri masalah pertahanan Man City. Bek tengah Man City rapuh ditinggal Aymeric Laporte, lalu ada cedera Ederson Moraes hanya beberapa hari sebelum pertandingan panas ini.

Absennya Ederson berdampak besar, Man City kebobolan tiga gol apik Liverpool. Fans Man City pun bertanya-tanya: mungkinkah mereka bisa menang seandainya Ederson fit dan bisa bermain?

1 dari 3

Penyelamatan Bravo

Guardiola menurunkan Claudio Bravo sebagai pengganti Ederson. Bravo bukan kiper buruk, tapi masa-masa terbaiknya sudah lewat. Dia tidak bisa menyamai level Ederson.

Menurut analis Sky Sports, Paul Merson, gol pertama Liverpool lewat sepakan jarak jauh Fabinho seharusnya bisa dicegah. Seandainya Ederson yang bermain, gol itu mungkin tidak akan tercipta dan Man City bisa menahan gebrakan Liverpool.

"Kiper seharusnya bisa menyelamatkan itu [gol Fabinho], tembakan seperti itu seharusnya hanya mengarah ke satu sisi," tegas Merson.

"Ederson merupakan kiper yang berbeda [dari Claudio Bravo]. Dia salah satu kiper terbaik di dunia, Anda bahkan mungkin bisa menyebutnya sebagai salah satu dari 10 kiper top di dunia."

2 dari 3

Ederson Jauh Lebih Baik

Tidak hanya perihal menjaga gawang, Ederson pun membawa pengaruh pada permainan Liverpool. Dia kiper yang berani membawa bola, berani terlibat dalam permainan.

"Apa yang tidak bisa dia perbuat? Dia punya salah satu kaki kiri terbaik dalam sepak bola, dia bisa menendang bola jauh 50-60 meter, dia nyaman membawa bola," lanjut Merson.

"Dia bisa menghentikan tembakan lawan dengan nyaman, dia berani keluar dari posisi aman dan membuat keputusan tepat. Dia pun bermain sebagai sweeper keeper."

3 dari 3

Jauh Berbeda

Alhasil, Merson yakin skor akhir pertandingan itu bakal berbeda seandainya Ederson yang bermain. Man City mungkin tidak kalah 1-3, bahkan bisa menang jika mengingat banyaknya peluang yang mereka sia-siakan.

"Ederson dan Bravo benar-benar berbeda, permainan mereka jauh berbeda. Ederson jelas bisa menyelamatkan tembakan itu [gol Fabinho], tidak perlu diragukan lagi," tutupnya.

Sumber: Sky Sports