FOLLOW US:


Sederet Komentar Mengejutkan tentang Rivalitas Ronaldo Vs Messi

04-12-2019 10:22

 | Aga Deta

Sederet Komentar Mengejutkan tentang Rivalitas Ronaldo Vs Messi
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi © AFP

Bola.net - Perdebatan soal Lionel Messi versus Cristiano Ronaldo seakan tidak pernah ada habisnya. Kiprah bintang Barcelona dan Juventus itu selalu seru untuk diikuti.

Dunia sepak bola selalu terbelah ketika sampai pada pertanyaan siapa di antara kedua pemain itu yang layak menjadi pesepak bola terbaik dunia. Satu kubu memihak Ronaldo, kubu lain bersikukuh menunjuk Messi.

Rivalitas dua megabintang sepak bola dunia tersebut sudah berlangsung lebih dari satu dekade. Perdebatan soal mereka bahkan tak surut ketika Ronaldo meninggalkan Real Madrid dan gabung Juventus pada musim panas 2018. Di sisi lain Messi masih bertahan di Barcelona.

Setiap kali Messi mencetak gol penting bagi Barcelona, nama Ronaldo selalu muncul dalam pembahasan hangat fans. Begitu juga saat Ronaldo berjaya bersama Timnas Portugal, Messi selalu kena sindiran. Selalu seperti itu, berputar-putar dan tak ada ujungnya.

Perdebatan tentang kehebatan Ronaldo kontra Messi kembali mengapung saat pengumuman penghargaan Ballon d'Or di Prancis, Senin (2/12/2019) malam waktu setempat. Messi dinobatkan sebagai pemenang, sedangkan Ronaldo memilih absen.

Perdebatan tentang kehebatan Lionel Messi dan Ronaldo tak melulu hanya berputar di level fans. Beberapa pemain legendaris, pelatih, hingga pemain saat ini juga pernah terlibat dalam rivalitas Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Berikut ini tujuh komentar mengagetkan dari pelaku sepak bola dunia tentang Messi vs Ronaldo.

1 dari 7

1. Jose Mourinho

Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, saat diminta berkomentar tentang rivalistas Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

"Saya rasa mereka harus mengambil penghargaan dan memberikannya kepada Messi dan Ronaldo. Setiap saat," kata Mourinho, seperti dilansir The Sun.

"Anda tak bisa bilang salah satu pemain lebih baik daripada yang lain. Ronaldo menginginkan semuanya karena dia sangat ambisius. Dia sangat ingin memecahkan rekor demi rekor."

"Messi tak menunjukkannya, tapi di dalam hati dan ketika berada di rumah, dia mungkin memikirkannya," imbuh Mourinho.

2 dari 7

2. Pele

Legenda sepak bola Brasil, Pele, tak pernah menyetujui perbandingan antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Tapi, jika harus memilih siapa pemain yang akan masuk timnya, Pele sudah punya pilihan.

"Sulit membandingkan Messi dan Ronaldo. Messi punya gaya permainan yang sangat berbeda dibandingkan Ronaldo. Banyak orang membandingkan saya dengan George Best, tapi kami punya gaya bermain berbeda. Ronaldo lebih seperti penyerang tengah, Messi lebih terorganisir," kata Pele, seperti dilansir BBC.

"Jika saya harus memilih untuk tim saya, maka saya memilih Messi, ketimbang Ronaldo," imbuh Pele.

3 dari 7

3. Maradona

Meskipun sama-sama berasal dari Argentina, Diego Maradona tak otomatis menjadi penggemar Messi. Dia terang-terangan mengaku lebih menyukai Cristiano Ronaldo.

"Kami sebagai orang Argentina bangga kepada Messi. Tapi Ronaldo seorang hewan buas. Ketika dia bilang butuh mencetak tiga gol, maka itulah yang dilakukannya," ujar Maradona, seperti dilansir Marca.

4 dari 7

4. Gerard Pique

Gerard Pique pernah bersama Ronaldo di Manchester United, serta saat ini setim dengan Messi di Barcelona.

Menurut Pique, Cristiano Ronaldo adalah pemain terbaik dari seluruh umat manusia. Namun, dia juga menegaskan Lionel Messi merupakan pemain dari planet lain.

"Saya kira keduanya sangat luar biasa. Kita bicara tentang dua pemain terbaik dunia, tidak hanya di dunia, namun sepanjang sejarah permainan ini. Saya selalu katakan bahwa Messi memiliki talenta yang tidak dimiliki orang lain," ujar Pique, seperti dilansir BT Sport.

"Maksud saya, ia menguasai bola dan punya kecepatan. Bola tidak berada dua meter dari kakinya, selalu ada di sana. Mustahil untuk menyainginya. Saya tidak pernah melihat orang seperti dirinya."

"Cristiano Ronaldo adalah pemain yang berbeda, mereka amat berbeda. Ia tinggi, kuat, dan amat komplet. Ia bisa melakukan apa pun. Ia bisa mencetak gol dengan kepala, tendangan bebas, penalti, dan bermain satu lawan satu."

"Namun bagi saya, Messi seperti bukan manusia, namun Cristiano adalah yang terbaik bagi umat manusia," imbuh Pique.

5 dari 7

5. Roy Keane

Mantan kapten Manchester United, Roy Keane, juga pernah terlibat dalam debat mengenai Cristiano Ronaldo versus Lionel Messi, yang kembali mencuat bahkan menajam saat perhelatan Piala Dunia 2018. Pria Irlandia itu tak merasa ragu saat memilih siapa yang terbaik di antara dua bintang sepak bola dunia tersebut.

Superstar Argentina, Messi, kerap dianggap selangkah atau dua langkah lebih baik daripada Ronaldo, terutama di level klub. Namun, Keane punya pandangan berbeda soal perbandingan tersebut. Apalagi, dia pernah setim dengan bintang Portugal, Ronaldo, saat sama-sama memperkuat Manchester United.

"Saya rasa ada perdebatan hebat tentang dia dan Messi. Namun, dalam enam bulan terakhir Ronaldo berada di level baru," kata Keane, seperti dilansir Independent, Kamis (21/6/2018).

"Sekarang Ronaldo berada di sana sendirian," sambung Keane.

Ronaldo berhasil mengungguli Messi di kancah Eropa pada musim lalu setelah bersama Real Madrid kembali menjuarai Liga Champions. Adapun di kancah Piala Dunia 2018, Ronaldo telah menyumbangkan empat gol untuk Portugal. Di sisi lain, Messi belum bertaji bersama Argentina.

"Kehebatan Ronaldo bukan karena kemampuan alamiah. Dia brilian berkat kerja keras. Dia memiliki keberanian, dia tangguh dan jenius. Saya rasa dengan melihat performanya dalam beberapa bulan terakhir, dia di atas Messi," tegas Roy Keane soal siapa yang terhebat di antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

6 dari 7

6. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic pernah melontarkan komentar menohok untuk Ronaldo dan Messi pada 2013. Saat itu, Ibra masih berseragam Paris Saint-Germain. Adapun Messi memperkuat Barcelona, dan Ronaldo masih di Real Madrid.

Ibrahimovic mengejek tinggi badan Messi yang hanya 169 sentimeter. “Messi boleh mengoleksi empat gelar Ballon d’Or, tapi saya tidak membutuhkan sebuah kotak hanya untuk membeli cokelat di mesin penjual otomatis,” kata Ibrahimovic, seperti dilansir Marca.

Ronaldo juga kena sindir Ibrahimovic. Menurut Ibrahimovic, Ronaldo saat itu tidak pantas menjadi kandidat pemain terbaik dunia. “Dia tidak layak berada di tiga besar. Setidaknya ada sepuluh pemain yang lebih baik daripada Ronaldo," ujar Ibra.

7 dari 7

7. Mario Balotelli

Pemain Marseille, Mario Balotelli, juga pernah melontarkan komentar kontroversial mengenai rivalitas Messi versus Ronaldo. Komentar itu diunggah Balotelli melalui akun Instagram Story-nya setelah Messi melesakkan dua gol ke gawang Liverpool pada leg pertama semifinal Liga Champions 2018-2019.

"Messi fenomenal. Dia yang terbaik di sepak bola. Jangan membandingkannya lagi dengan pemain Juventus nomor 7 (Ronaldo)," tulis Balotelli dengan menggunakan bahasa Italia.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Yus Mei Sawitri/Editor Yus Mei Sawitri
Published: 4 Desember 2019