FOLLOW US:


Soal Kontroversi di Laga Chelsea vs MU, Luke Shaw: Wasit Bilang Itu Penalti!

01-03-2021 02:48

 | Yaumil Azis

Soal Kontroversi di Laga Chelsea vs MU, Luke Shaw: Wasit Bilang Itu Penalti!
Duel antara Callum Hudson-Odoi (kanan) dan Mason Greenwood (kiri) yang menjadi awal mula kontroversi saat Chelsea bertemu Manchester United di Premier League. © AP Photo

Bola.net - Beda ucapan, beda tindakan. Bek Manchester United, Luke Shaw, mendengar dari mulut wasit langsung bahwa pemain Chelsea, Callum Hudson-Odoi, melakukan handsball di kotak penalti.

Laga lanjutan Premier League antara Chelsea melawan Manchester United yang digelar di Stamford Bridge, Minggu (28/2/2021) berlangsung sengit. Kontroversi pun menjadi bumbu yang membuat laga terasa seru.

Pada menit ke-13, Manchester United mendapat kesempatan dari tendangan bebas. Marcus Rashford selaku eksekutor bisa mengarahkan bola tepat ke gawang Chelsea. Sayang, sepakan Rashford bisa ditepis oleh Edouard Mendy.

Di sinilah kontroversi bermula. Hudson-Odoi berduel dengan Mason Greenwood untuk mendapatkan bola muntahan itu. Dan dalam prosesnya, terlihat kalau tangan pemain berusia 20 tahun tersebut mengenai bola.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Klaim Luke Shaw

Beberapa saat setelah kejadian, wasit menghetikan jalannya pertandingan untuk sementara. Ia melakukan tinjauan ulang dari tayangan VAR lewat mesin video yang tersedia di pinggir lapangan.

Setelahnya, wasit bernama Stuart Atwell itu menganulir penalti Manchester United. Tetapi, Atwell mengakui kalau the Red Devils seharusnya mendapatkan penalti. Obrolannya dengan kapten MU, Harry Maguire, terdengar oleh Shaw.

"Kalau memang itu bukan penalti, saya tidak yakin kalau mereka harus menghentikan pertandingan," ungkap Shaw kepada Sky Sports usai laga.

"Wasit bahkan berkata kepada H [Harry Maguire] bahwa jika dia berkata kalau itu penalti, akan ada banyak obrolan yang terjadi setelah laga. H diberi tahu kalau itu adalah penalti," lanjutnya.

"Saya tidak paham kenapa permainan sampai dihentikan. VAR sungguh membingungkan. Saya takkan mengeluhkan hal itu karena saya tidak yakin kedua tim cukup bagus untuk meraih kemenangan."

2 dari 2

Aturan Diubah di Depan Mata

Kejadian tersebut disaksikan oleh banyak orang dari layar kaca, salah satunya Gary Neville selaku legenda Manchester United. Ia sampai tak habis pikir mengapa mantan timnya tersebut tidak mendapatkan penalti dari kejadian itu.

"Tidak perlu diragukan lagi. Dua atau tiga bulan yang lalu, itu adalah penalti - dan tidak diragukan lagi kalau wasit bakalan mematuhi rujukan tersebut," kata Neville.

"Tetapi wasit lebih berani, dan aturan handsball diubah tepat di depan mata kita seiring musim berjalan. Tidak diragukan lagi, di awal musim itu adalah penalti," pungkasnya.

Pada akhirnya, pertandingan berakhir dengan skor imbang 0-0. Kedua tim sama-sama menghasilkan beberapa peluang berbahaya, namun gagal mencetak gol.

(Goal International)