FOLLOW US:


Starting XI Manchester United yang Mendapat Guard of Honour dari Chelsea, Apa Kabarnya Sekarang?

08-03-2021 19:37

 | Dimas Ardi Prasetya

Starting XI Manchester United yang Mendapat Guard of Honour dari Chelsea, Apa Kabarnya Sekarang?
Stadion Chelsea, Stamford Bridge © AP Photo

Bola.net - Pada 9 Mei 2007 silam, skuat Manchester United mendapatkan penghormatan berupa Guard of Honour dari skuat Chelsea.

Saat itu, Manchester United jelas masih dilatih oleh sang manajer legendaris, Sir Alex Ferguson. Setan Merah menjadi juara usai mengalahkan Man City.

Sementara itu Chelsea malah bermain imbang lawan Arsenal pada matchday 36. Jika saja saat itu mereka bisa memetik poin penuh, The Blues masih bisa berkesempatan menjegal MU di Stamford Bridge pada matchday berikutnya.

Hasil imbang itu akhirnya membuat Chelsea tertinggal tujuh angka dari MU. Skuat Setan Merah pun dipastikan menjadi juara Premier League. Hal itu membuat skuat The Blues terpaksa menyambut skuat Manchester United di Stamford Bridge sebagai juara liga.

Akan tetapi di laga di Stamford Bridge itu, Ferguson tak menurunkan pilarnya seperti Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney, atau Rio Ferdinand. Ia memainkan pemain lapis keduanya karena setelah laga itu Man United akan berduel melawan Chelsea lagi di final FA Cup.

Alhasil, para pemain tim asuhan Jose Mourinho kala itu seperti John Terry, Michael Essien, hingga Claude Makelele dan Salomou Kalou terpaksa memberikan Guard of Honour pada para pemain lapis kedua Man United.

Lalu apa kabarnya para pemain Manchester United yang masuk starting XI itu saat ini? Simak informasinya berikut ini Bolaneters.

1 dari 11

Tomasz Kuszczak

Kiper asal Polandia Tomasz Kuszczak cuma jadi pelapis saja selama di Manchester United. Di sana ia total tampil cuma sebanyak 61 kali saja.

Pasca meninggalkan Man United, ia sempat berkelana ke tiga klub; Brighton, Wolverhampton, dan Birmingham City.

Ia sudah berpisah dengan Birmingham sejak tahun 2019 lalu. Sampai saat ini pria berusia 38 tahun belum mendapatkan klub baru. Ada kans ia mungkin akan segera pensiun.

2 dari 11

Kieran Lee

Pemain produki akademi Manchester United. Tapi sejak mentas ke tim utama, ia cuma dapat kesempatan tampil sebanyak tiga kali saja, termasuk saat melawan Chelsea ini.

Ia kemudian meninggalkan MU dan pindah ke Oldham Athletic. Empat tahun kemudian ia pindah ke Sheffield Wednesday.

Saat ini pria berusia 32 tahun tersebut bergabung dengan Bolton di League Two. Ia teken kontrak dengan klub tersebut pada Januari 2021 kemarin.

3 dari 11

Wes Brown

Salah satu defender lapis kedua Manchester United, namun sering mendapat kesempatan tampil di tim utama. Selama di MU ia mencatatkan 362 penampilan.

Pada musim 2011-12, Brown cabut dari MU dan pindah ke Sunderland. Lima tahun kemudian ia pindah ke Blackburn Rovers.

Pada musim 2017-18, ia memperkuat klub India Kerala Blasters dan setelah itu menyatakan pensiun. Kini Brown sibuk menggeluti dunia kepelatihan dan sekaligus menjadi pandit.

4 dari 11

John O'Shea

Defender asal Irlandia ini mencatatkan 393 penampilan selama membela Manchester United. Ia cabut dari Old Trafford pada musim 2011-12.

Ia memilih untuk gabung Sunderland. Di sana ia bermain selama tujuh musim sebelum akhirnya pindah ke Reading.

John O'Shea mengakhiri karir sepak bolanya pada tahun 2019. Sekarang ini ia terjun ke dunia kepelatihan dan menjadi pelatih di klub Reading di divisi Championship.

5 dari 11

Gabriel Heinze

Gabriel Heinze tiga tahun membela Manchester United. Tahun 2007 merupakan tahun terakhirnya berada di Old Trafford menyusul perseteruannya dengan Sir Alex Ferguson.

Selepas dari MU, bek Argentina ini pindah ke Real Madrid. Dua tahun kemudian ia pindah ke Marseille di Prancis.

Pada tahun 2011 ia pindah ke AS Roma dan di tahun berikutnya, ia balik ke Argentina untuk memperkuat Newell's Old Boys, klub profesional pertamanya. Ia kemudian pensiun pada tahun 2014.

Heinze kemudian terjun sebagai pelatih. Ia sempat menukangi tiga klub di Argentina; Godoy Cruz, Argentinos Juniors, dan Velez Sarsfield. Sekarang ia bekerja sebagai pelatih di Klub MLS, Atlanta United.

6 dari 11

Chris Eagles

Chris Eagles adalah pemain didikan akademi Manchester United. Selama di MU ia cuma berkesempatan tampil sebanyak 17 kali saja.

Ia kemudian pindah ke Burnley pada tahun 2008. Tiga tahun kemudian Eagles pindah ke Bolton Wanderers.

Setelah memperkuat Bolton, Eagles menjadi musafir. Ia kemudian pindah ke tujuh klub berbeda dari tahun 2014 hingga 2019; Blackpool, Charlton, Bury, Accrington Stanley, Port Vale, Ross County, dan terakhir Oldham Athletic.

Eagles sekarang sudah berusia 35 tahun. Ia belum pensiun namun sejak Januari 2020 kemarin, ia belum gabung klub mana pun.

7 dari 11

Alan Smith

Alan Smith dibeli Manchester United dari Leeds United pada tahun 2004. Pada akhir musim 2006-07 ia angkat kaki dari Old Trafford.

Ia kemudian membela Newcastle United selama lima musim. Pada tahun 2012, Smith membela Milton Keynes Dones.

Dua tahun kemudian, Smith pindah ke Notts County dan bermain di sana selama empat tahun. Ia sudah pensiun tentunya sekarang ini.

Sekarang ini Smith tinggal di Amerika, tepatnya di Florida. Ia menjadi pelatih tim muda di XL Soccer World Academy.

8 dari 11

Darren Fletcher

Darren Fletcher merupakan salah satu gelandang andalan Manchester United di masa jayanya. Pemain asal Skotlandia ini merupakan pemain didikan akademi Setan Merah.

Ia memperkuat MU selama 12 tahun sebelum akhirnya pindah ke West Brom pada tahun 2015. Ia bermain di sana selama dua tahun.

Fletcher kemudian pindah ke Stoke City dan bermain hingga tahun 2019 sebelum pensiun. Sekarang, ia berstatus sebagai salah satu staf pelatih di tim utama Manchester United.

9 dari 11

Kieran Richardson

Pemain serba bisa dan sempat dianggap akan bisa jadi pemain bintang di Manchester United setelah lulus dari akademi Setan Merah. Sayangnya selama di MU Kieran Richardson cuma bisa tampil sebanyak 81 kali saja.

Ia kemudian pindah ke Sunderland pada tahun 2007 dan bermain di sana sampai atahun 2013. Ia lantas boyongan ke Fulham dan bermain dua tahun di klub London tersebut.

Ia sempat memperkuat Aston Villa dan kemudian pindah ke Cardiff City. Ia sempat menjalani trial dengan Granada pada tahun 2017 namun saat ini tak jelas bagaimana kabar pria berusia 36 tahun tersebut.

10 dari 11

Dong Fangzhuo

Pemain asal China ini direkrut dari klub Dalian Shide pada tahun 2004. Julukannya adalah Wayne Rooney dari Negeri Panda. Dong Fangzhuo jadi pemain asal Asia Timur pertama yang gabung Manchester United.

Namun ia tak bisa langsung bermain karena terkendala izin kerja. Ia sempat dipinjamkan ke Royal Antwerp. Ia akhirnya baru mendapat work permit itu nyaris tiga tahun kemudian.

Namun Dong pada akhirnya cuma mendapat satu kesempatan saja bermain untuk tim utama MU. Pada tahun 2008 ia balik ke Dalian Shide.

Setelah itu ia balik ke Eropa pada tahun 2010 dan gabung Legia Warsawa. Ia sempat membela Portimonense dan Mika, sebelum akhirnya balik ke China untuk memperkuat Hunan Billows di China pada tahun 2012. Dua tahun kemudian ia pindah ke Hebei Zhongji sebelum akhirnya gantung sepatu.

11 dari 11

Ole Gunnar Solskjaer

The Babyface Assassin. Seorang supersub ketika masih di Manchester United. Ole Gunnar Solskjaer bermain di Old Trafford dari tahun 1996 hingga 2007.

MU jadi klub terakhirnya. Solskjaer kemudian terjun ke dunia kepelatihan. Dari tahun 2008 hingga 2011 ia menjadi pelatih tim cadangan United.

Setelah itu ia menerima tawaran menjadi pelatih Molde sebelum akhirnya pindah ke Cardiff City pada tahun 2014. Sayangnya di klub tersebut ia gagal.

Ole Gunnar Solskjaer balik ke Molde pada tahun 2015. Setelah itu ia menerima pekerjaan sebagai pelatih Manchester United dari tahun 2018 sampai saat ini.

(Give Me Sport/Transfermarkt)