FOLLOW US:


Sudah Mantan, Kenapa Sih Coutinho Terus Dihubungkan dengan Liverpool

11-02-2020 14:30

 | Richard Andreas

Sudah Mantan, Kenapa Sih Coutinho Terus Dihubungkan dengan Liverpool
Philippe Coutinho, Brasil © AP Photo

Bola.net - Philippe Coutinho sudah dua tahun tidak bermain untuk Liverpool, tapi entah mengapa dia terus dikaitkan dengan The Reds. Sejak musim panas lalu, rumor kepulangan Coutinho ke Anfield terus digemakan.

Gelandang Brasil ini memang pernah jadi salah satu pemain terpenting di Anfield. 54 gol dalam 201 pertandingan, torehan hebat, tapi itu semua hanya bagian dari sejarah.

Pada masanya, Coutinho adalah pemain terbaik Liverpool. Dia bisa melakukan segalanya, khususnya menciptakan peluang dan mencetak gol. Sebab itu, kepergian Coutinho sempat disesali sebagian fans The Reds.

Penyesalan itu ternyata hanya bertahan sesaat. 145 juta euro hasil penjualan Coutinho bisa digunakan untuk mendatangkan beberapa pemain yang sampai sekarang jadi andalan The Reds, bahkan lebih baik.

Lalu, mengapa Coutinho masih terus dihubungkan dengan Liverpool? Baca halaman berikutnya ya, Bolaneters!

1 dari 3

Kenapa Sih?

Mengutip Liverpool Echo, rumor Coutinho-Liverpool ini terus mengudara karena sang pemain belum pernah mencapai level tinggi yang pernah dia tunjukkan saat masih membela Liverpool. Entah di Barcelona atau di Bayern Munchen, Coutinho bukanlah pemain yang sama.

Secara tidak sadar, harapan Coutinho kembali ke Liverpool itu didorong oleh kegagalannya di Barca. Terlebih, The Reds yang sekarang pun dinilai membutuhkan gelandang kreatif seperti Coutinho, situasinya cocok.

Rumor ini kian kuat karena Barca dikabarkan rela memangkas harga jual Coutinho demi melepasnya. Liverpool tidak akan rugi besar, mereka bisa memulangkan pemain mahal dengan harga yang lebih murah.

2 dari 3

Bakal Cocok atau Tidak?

Philippe Coutinho, Brasil (c) AP Photo
Philippe Coutinho, Brasil (c) AP Photo

Coutinho punya potensi untuk jadi salah satu gelandang nomor 10 terbaik, seperti pendahulunya di Brasil. Namun, jika kembali ke Liverpool sekarang atau musim depan, Coutinho mungkin tidak akan punya tempat.

Sejak kepergian Coutinho pada Januari 2018 lalu, Klopp telah mengubah tim Liverpool sepenuhnya. Sekarang The Reds tidak lagi mengandalkan gelandang serang, justru trio gelandang tengah yang bisa maju-mundur sama baiknya.

Alhasil, apakah Coutinho bisa masuk ke dalam tim yang sudah bisa bermain sangat baik tanpa pemain no. 10? Tidak ada jawaban pasti, bisa saja Coutinho justru jadi pemain cadangan yang mampu mengubah arah pertandingan ketika dimainkan sebagai pengganti.

3 dari 3

Mengubah Liverpool

Intinya, memulangkan Coutinho lebih banyak risiko daripada untungnya untuk Liverpool. Klopp jadi harus sedikit mengubah sistem permainan The Reds guna menyediakan ruang untuk Coutinho.

Menimbang situasi ini, sepertinya memulangkan Coutinho bukanlah pilihan tepat untuk Liverpool. Rumor boleh berkembang liar, tapi faktanya Liverpool yang sekarang sudah sangat kuat tanpa Coutinho.

Sumber: Liverpool Echo