FOLLOW US:


Terungkap Penyebab Runtuhnya Arsenal: Sosok Pemimpin yang Tidak Jelas?

19-10-2020 08:50

 | Yaumil Azis

Terungkap Penyebab Runtuhnya Arsenal: Sosok Pemimpin yang Tidak Jelas?
Arsene Wenger © AFP

Bola.net - Arsene Wenger buka-bukaan soal apa yang ia lihat dari balik layar Arsenal sebelum memutuskan hengkang. Pria berdarah Prancis itu mengatakan bahwa dirinya tidak tahu siapa yang memimpin the Gunners.

Wenger adalah sosok kunci kesuksesan Arsenal saat meraih gelar Premier League pada musim 2003/04 lalu. Keberhasilan menjadi juara tanpa menelan kekalahan sekalipun membuat mereka mendapatkan gelar 'the Invincibles'.

Begitu pentingnya sosok Wenger, sampai-sampai Arsenal mempertahankan dirinya di kursi kepelatihan selama 22 tahun. Sudah jelas kalau dirinya telah melihat banyak momen penting baik di atas lapangan maupun dari balik layar.

Sekarang Wenger tidak lagi menjabat sebagai pelatih Arsenal. Posisi tersebut sekarang diemban Mikel Arteta. Ia memilih hengkang pada tahun 2018 lalu dan sekarang menjadi kepala bidang pengembangan sepakbola di FIFA.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Ada Perpecahan di Balik Layar

Di sela-sela waktunya melaksanakan tugas, ia berkesempatan untuk berbicara di sejumlah media sekaligus mempromosikan bukunya yang bertajuk 'My Life in Red and White'. Di setiap kesempatan itu, Wenger kerap bercerita soal apa yang terjadi di balik layar the Gunners.

Salah satunya adalah momen ketika Arsenal mulai mengalami kemunduran. Wenger bercerita bahwa semuanya dimulai saat klub mulai berinvestasi besar-besaran.

"Ada perpecahan. kami tidak lagi tahu siapa yang memimpin dan itu tidak pernah baik. Sekarang mereka telah membuat sebuah unit dan sekarang tinggal menciptakan keputusan teknis yang bagus," ujarnya kepada Canal+.

"Anda harus menemukan stabilitas dan keseimbangan. Itu akan menjadi tugas Arteta, yang harus mencari keseimbangan antara bertahan dan menyerang," lanjutnya.

2 dari 2

Nilai Arsenal Sudah Kembali

Dalam kesempatan yang sama, Wenger juga mengomentari soal Arsenal di bawah asuhan Mikel Arteta. Ia melihat bahwa klub sudah menemukan kembali nilai-nilai yang hilang jelang kepergian Wenger dulu.

"Mikel Arteta melakukan tugasnya dengan baik. Klub sudah mendapatkan kembali nilainya, namun harus dilihat apakah nilai tersebut akan terus ditunjukkan. Sebelumnya, Arsenal dihormati karena kami memberikan anak muda kesempatan," tambahnya.

Wenger juga mengatakan bahwa Arsenal tidak berkonsultasi dengannya sebelum menunjuk Arteta. Baginya, begitu urusan dengan Arsenal telah usai, maka koneksinya seharusnya tidak berlanjut lagi.

"Tidak, saat anda meninggalkan klub, sejak awal anda harus benar-benar memutus hubungan sepenuhnya. Namun dia [Arteta] menelpon saya dan saya mendoakan yang terbaik buat dia," pungkasnya.

(Goal International)