FOLLOW US:


Wasit Senior Beberkan 5 Cara untuk Tingkatkan Peran VAR di Premier League

10-01-2019 14:30
Wasit Senior Beberkan 5 Cara untuk Tingkatkan Peran VAR di Premier League
Wasit Nestor Pitana berkonsultasi dengan VAR © AP

Bola.net - Wasit senior Mark Clattenburg kembali memberikan pendapatnya soal mengembangkan penggunaan VAR di sepak bola Inggris. Sebelumnya, Clattenburg mengomentari kontroversi VAR ketika Tottenham Hotspur mengalahkan Chelsea 1-0 di semifinal Carabao Cup lewat satu gol Harry Kane dari titik putih.

Gol tersebut menyulut perdebatan. Wasit yang memimpin laga tersebut, Michael Oliver, menunjuk titik putih setelah melihat Harry Kane dijatuhkan kiper The Blues, Kepa Arrizabalaga di kotak terlarang setelah melihat VAR. Namun, keputusan itu mengundang reaksi keras lantaran Kane dianggap telah berada di posisi offside sebelumnya.

Wasit Michael Oliver sendiri membuat dua keputusan dengan bantuan VAR. Pertama, apakah Kane dalam posisi offside. Kedua, apakah Kepa memang mejatuhkan Kane dan pantas mendapat hadiah penalti.

Clattenburg sudah mengatakan bahwa hakim garis di laga itu membuat kesalahan karena mengangkat bendera offside. Kini, dia menyarankan lima hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan VAR di Inggris. Menukil dailymail.co.uk, baca selengkapnya di bawah ini: