FOLLOW US:


Wijnaldum, Keita dan Sejumlah Pemain yang Bisa Dijual Liverpool Pada Musim Panas 2020

18-03-2020 23:58

 | Dimas Ardi Prasetya

Wijnaldum, Keita dan Sejumlah Pemain yang Bisa Dijual Liverpool Pada Musim Panas 2020
Gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum merayakan golnya ke gawang Atletico Madrid. © AP Photo

Bola.net - Georginio Wijnaldum dan Naby Keita berpotensi masuk dalam daftar pemain yang nanti bisa dilego oleh Jurgen Klopp pada musim panas 2020 nanti.

Liverpool tampil sangat perkasa dalam dua musim terakhir. Mereka sangat sulit dikalahkan oleh tim-tim lain, khususnya di pentas Premier League.

Klub asal Merseyside ini juga berhasil panen trofi juara dalam setahun terakhir. Mereka tak cuma memenangkan Liga Champions, tapi juga UEFA Super Cup dan Piala Dunia Antarklub 2019. Akan tetapi mulai ada indikasi bahwa Liverpool kini mulai mengalami penurunan performa, meskipun mereka tinggal sedikit lagi bakal jadi juara Premier League. Sebab langkah mereka terhenti di babak 16 besar Liga Champions.

Mereka tak berkutik melawan Atletico Madrid, terutama dengan gaya bertahan mereka. Liverpool pun tersingkir dengan agregat 2-4 dari pasukan Diego Simeone tersebut. Kemudian penurunan performa juga terlihat di pentas Premier League.

Jordan Henderson dkk tumbang 3-0 saat jumpa Watford. Mereka sebelumnya menang lawan West Ham namun jelas terlihat mereka meraih kemenangan itu dengan susah payah.

Liverpool juga terjegal ketika bersua Chelsea di pentas FA Cup. Di musim panas nanti, The Reds harus mereparasi timnya jika berharap ingin meraih treble musim depan.

Liverpool pun harus mendatangkan sejumlah pemain baru. Dan untuk bisa melakukan itu, mereka harus menjual beberapa pemainnya. Siapa saja pemain yang bisa dikorbankan Jurgen Klopp pada musim panas 2020 nanti?

Scroll terus ke bawah Bolaneters.

1 dari 5

Naby Keita

Naby Keita
Naby Keita. © AFP

Naby Keita bergabung dengan Liverpool dari RB Leipzig pada musim panas 2018 lalu. Setelah mengalami masa-masa awal yang sulit, banyak fans yang berharap ia menjadi bintang di lini tengah setelah melihat dirinya tampil dalam performa terbaiknya.

Namun, cedera telah menghancurkan kans pemain asal Guinea ini untuk mendapatkan kesempatan bermain secara reguler. Ia pun kerap keluar masuk ruang medis Liverpool.

Jika terus seperti ini, ia akan kesulitan menggeser Jordan Henderson atau pun Georginio Wijnaldum. Keita juga harus waspada karena saat ini ada pemain muda bernama Curtis Jones yang mulai sering dimasukkan Klopp ke tim inti dan penampilan pemain berusia 18 tahun itu sangat menjanjikan.

2 dari 5

Divock Origi

Divock Origi
Divock Origi beraksi di laga Liverpool vs Everton. © AP Photo

Divock Origi telah berhasil membuat dirinya dikagumi para fans Liverpool berkat penampilannya yang apik, meski ia kerap dimainkan dari bangku cadangan. Ia kerap mencetak gol-gol menentukan bagi Liverpool.

Contohnya saat saat melawan Everton. Yang paling menonjol adalah golnya ke gawang Barcelona dan Tottenham di semifinal dan final Liga Champions musim lalu.

Striker asal Belgia ini memang menandatangani kontrak baru di musim panas kemarin. Akan tetapi pemain berusia 24 tahun itu kemungkinan tak akan mau terus jadi pemain cadangan. Jika ia dijual tentu akan menghasilkan uang yang banyak bagi Liverpool.

3 dari 5

Xherdan Shaqiri

Xherdan Shaqiri
Xherdan Shaqiri rayakan golnya ke gawang Everton. © AP Photo

Pemain serba bisa asal Swiss ini menunjukkan awal yang menjanjikan bersama Liverpool setelah direkrut pada musim panas 2018 lalu. Salah satu momen terbaiknya adalah membantu The Reds mengalahkan

Manchester United serta memberikan assist bagi Gini Wijnaldum di laga lawan Barcelona di semifinal Liga Champions.

Akan tetapi penampilannya di skuat Liverpool sangat terbatas. Hal ini terjadi karena ia kerap mengalami cedera.

Namun jika ia dalam kondisi fit pun, ia kesulitan mendapat tempat inti di lini serang. Demikian juga di lini tengah. Dengan usianya yang masih 28 tahun, ia akan memiliki nilai jual yang bagus.

4 dari 5

Dejan Lovren

Dejan Lovren
Penyerang Watford Troy Deeney, berduel udara melawan bek Liverpool, Dejan Lovren. © AP Photo

Bek asal Kroasia ini berstatus sebagai bek cadangan di skuat Liverpool yang sekarang ini. Ia adalah pilihan ketiga setelah Joe Gomez dan Joel Matip.

Lovren sendiri kadang tampil angin-anginan. Contohnya pada musim lalu saat ia membuat Liverpool dihajar Tottenham di London. Yang terbaru, ia membuat The Reds dipermalukan oleh Watford dengan skor telak 3-0.

Lovren saat ini masih berusia 30 tahun. Dengan kontrak yang tersisa sekitar satu tahun lagi, ia masih akan bisa menghasilkan pemasukan yang bagus bagi Liverpool.

The Reds pun tampaknya tak perlu repot mencari pembeli. Ia sebelumnya disebut diminati oleh AC Milan dan AS Roma. Yang terbaru ia juga dikaitkan dengan Lazio, Arsenal dan Tottenham.

5 dari 5

Georginio Wijnaldum

Georginio Wijnaldum
Georginio Wijnaldum mengalami cedera pada laga kontra Watford, Sabtu (14/12/2019) di Anfield. © AP Photo

Pemain asal Belanda ini merupakan pilar penting di lini tengah Liverpool. Ia akan jadi pilihan utama Jurgen Klopp di lini tersebut bersama Jordan Henderson dan Fabinho.

Namun belakangan ini masa depannya menjadi tidak jelas. Sebab kontraknya akan berakhir pada musim panas 2021 dan belum ada kejelasan terkait pembaharuan kontraknya.

Saat ini usianya masih 29 tahun. Jika ia dijual pada musim panas nanti, harga jualnya masih akan cukup tinggi, terlebih jika melihat performanya sejauh ini sejak direkrut dari Newcastle pada tahun 2016 lalu.

Jurgen Klopp sendiri tak perlu risau untuk melepasnya. Sebab ia sudah punya pengganti yang cukup matang yakni Curtis Jones. Selain itu ada Naby Keita, jika ia tidak dijual juga pada musim panas nanti. Sebagai gantinya Liverpool bisa saja mendatangkan gelandang yang masih muda namun penuh pengalaman seperti Kai Havertz.

(Bola.net)