FOLLOW US:


'Andrea Pirlo Punya Sedikit Kemiripan dengan Josep Guardiola'

12-08-2020 05:22

 | Yaumil Azis

'Andrea Pirlo Punya Sedikit Kemiripan dengan Josep Guardiola'
Andrea Pirlo merayakan gol Fabio Grosso di semifinal Piala Dunia 2006 antara Jerman dan Italia di Dortmund, Jerman. © AP Photo

Bola.net - Perhatian publik sepakbola sedang terpaku pada klub raksasa Italia, Juventus. Sebab baru-baru ini, mereka mengumumkan pengangkatan Andrea Pirlo sebagai pelatih baru menggantikan Maurizio Sarri.

Kabar ini mengejutkan banyak pihak. Bagaimana tidak, Pirlo baru mendapatkan lisensi kepelatihannya pada bulan Oktober tahun 2019 lalu dan belum melatih satu klub pun sebelum diangkat sebagai nahkoda Juventus.

Ia dipromosikan ke tim utama hanya dalam waktu kurang lebih satu pekan saja. Ya, seperti yang diketahui, ia belum lama ini diumumkan sebagai pelatih Juventus U-23 yang sekarang bermain di ajang Serie C.

Bagi sebagian orang, keputusan ini memiliki resiko yang sangat besar. Namun jawaban pertanyaan atas keraguan di benak mereka baru bisa terjawab setelah melihat hasil yang diperoleh Bianconeri akhir musim ini.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Pirlo Punya Karakter yang Kuat

Sudah banyak orang yang menyumbangkan pendapatnya soal keputusan Juventus ini. Termasuk di antaranya Gianluca Nani yang merupakan mantan direktur klub lama Pirlo semasa bermain, Brescia.

Karakter menjadi poin utama Nani saat membicarakan pria berusia 41 tahun tersebut. Karena karakteristiknya yang kuat, Nani percaya kalau Pirlo bisa meraih kesuksesan bersama Juventus.

"Dia punya karakter yang kuat. Dia tidak banyak bicara, jadi orang-orang berpikir bahwa dia pendiam. Itu tidak benar, dia bukannya tidak berbicara," ujar Nani kepada Daily Mail.

"Dia selalu menjadi pemimpin, punya banyak kharisma dan mentalitas pemenang yang kuat. Dia sangat positif dan memiliki mental yang kuat. Menurut say, dia akan jadi pelatih papan atas, saya sangat percaya," lanjutnya.

2 dari 2

Sedikit Mirip dengan Guardiola

Pirlo merupakan jebolan tim akademi Brescia dan melakoni debutnya pada usia 16 tahun. Saat itu, Nani masih memegang jabatan sebagai direktur Brescia. Tiga tahun kemudian, Pirlo dilepas ke Inter Milan.

Nani pun pernah menyaksikan aksi Josep Guardiola di Brescia pada musim 2002/03 lalu. Sehingga, Nani bisa membuat kesimpulan kalau Pirlo memiliki kemiripan dengan pria asal Spanyol tersebut.

"Dia memiliki sedikit sisi Guardiola [dalam dirinya]. Saya tidak melihat Pirlo bermain dengan umpan panjang! Saya melihat dia bermain atraktif, sepakbola menyerang, begitulah saya melihat Pirlo," tambahnya.

"Sebagai pemain, dia punya sikap yang sama dengan Guardiola. Mereka berbeda tapi memiliki mentalitas dan filosofi yang sama. Itulah mengapa saya berpikir kalau dirinya akan menjadi pelatih seperti itu. Mencoba bermain, mencetak gol lebih banyak, terorganisir, dia adalah orang yang cerdas," pungkasnya.

(Goal International)