FOLLOW US:


Chiellini Heran Pemain Sekelas Totti Tak Pernah Dapat Ballon d'Or

29-06-2020 03:15

 | Ari Prayoga

Chiellini Heran Pemain Sekelas Totti Tak Pernah Dapat Ballon d'Or
Francesco Totti © Bola.net

Bola.net - Kapten Juventus, Giorgio Chiellini mengungkapkan keheranan dirinya karena Francesco Totti tak pernah meraih penghargaan pemain terbaik dunia Ballon d'Or.

Sepanjang 25 tahun kariernya di sepak bola profesional, Totti hanya memperkuat satu klub, yakni AS Roma. Total ia bermain sebanyak 785 kali dan mencetak 307 gol bersama Giallorossi.

Totti tercatat mempersembahkan lima trofi bergengsi bagi Roma, yakni satu trofi Serie A seeta masing-masing dua gelar juara Coppa Italia dan Supercoppa Italiana.

Sementara itu, Totti juga menjadi bintang utama kala mengantar negaranya, Italia menjuarai Piala Dunia edisi 2006 silam.

1 dari 3

Respek Giorgio Chiellini

Chiellini melontarkan pujian setinggi langit terhadap Totti. Ia pun sangat menghormati keputusan Totti yang menolak pinangan Real Madrid demi bertahan di Roma.

"Saya pernah bermain bersama Francesco Totti, tapi kami hampir selalu menjadi lawan," tulis Chiellini dalam buku otobiografinya seperti dikutip Football Italia.

"Saya melihat dia di beberapa laga Azzurri sebelum Piala Dunia 2006, tapi kemudian ia pensiun dari tim nasional. Francesco sangat hebat dan sayang kita tak bisa melihat dia bermain di ajang akbar lainnya, tapi romantis rasanya bahwa ia mendedikasikan seluruh hidupnya untuk Roma," lanjutnya.

2 dari 3

Keheranan Giorgio Chiellini

Lebih lanjut, Chiellini juga sampai gagal paham mengapa trofi pemain terbaik dunia Ballon d'Or tak pernah diberikan kepada Totti, tapi diberikan kepada pemain lain yang menurutnya kurang layak.

"Dia meraih banyak kemenangan, kurang dari yang harusnya bisa dia lakukan, dia harusnya meraih Ballon d'Or, dan mungkin ia membuat dirinya kehilangan elemen perkembangan yang terjadi karena pindah klub. Namun, siapa pun yang mengira itu adalah keputusan yang picik tak tahu apa-apa. Itu murni keputusan dari kasih sayang," tutur Chiellini.

"Totti benar-benar harusnya bisa meraih Ballon d'Or, sebelum ada hegemoni alien Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Mereka memberikan trofi kepada pemain seperti Michael Owen dan Andriy Shevchenko, yang memang hebat, tapi tentu tak lebih baik dari Totti," imbuhnya.

3 dari 3

Pujian Giorgio Chiellini

Dari sisi teknik, Chiellini menyebut bahwa Totti tak kekurangan apa pun. Chiellini pun menyebut sederet kelebihan yang dimiliki pemain berjuluk Pangeran Roma tersebut.

"Dia memiliki mata di belakang kepalanya, dia bisa membuat bola bergerak dengan cara yang tak pernah dibayangkan siapa pun. Saya melihat dia memainkan sepak bola fantastis, pertama dengan fisiknya yang eksplosif, lalu dengan kelas yang sangat luar biasa, meski dalam tempo yang lebih pelan," kata Chiellini.

"Dalam hal teknik, mentalitas, dan visi, Totti benar-benar kelas dunia, pemain jenius. Bersama kreativitas yang dimiliki Antonio Cassano, dia membangun salah satu duet terbaik dalam sejarah Roma, mungkin yang terbaik," tukasnya.

Sumber: Football Italia