FOLLOW US:


Mourinho Jelaskan Perbedaan Wartawan Inggris, Spanyol, dan Italia

08-04-2019 12:00
Mourinho Jelaskan Perbedaan Wartawan Inggris, Spanyol, dan Italia
Jose Mourinho. © AP

Bola.net - Mantan pelatih Manchester United, Jose Mourinho menyampaikan pujian untuk media Italia. Dengan pengalamannnya yang segudang, Mourinho menilai media Italia sebagai yang terbaik di antara media-media lain tempat dia bekerja.

Pengalaman Mourinho tidak bisa diragukan lagi. Dia pernah bekerja di Portugal, Inggris, Spanyol, juga Italia. Mourinho juga merupakan salah satu pelatih terbaik dalam sejarah sepak bola Italia.

Mourinho juga merupakan pelatih yang cukup akrab dengan media. Dia gemar melontarkan komentar-komentar pedas di depan media. Mourinho juga berkali-kali mengkritik media-media Inggris.

Kenapa Mourinho menilai media Italia sebagai yang terbaik? Baca komentar selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2

Kecerdasan Sepak Bola

Menurut Mourinho, wartawan bola yang baik adalah yang sungguh memahami sepak bola. Dia menilai media Italia memiliki itu. Mereka tidak hanya bertanya soal kontroversi, melainkan sungguh mengkritik taktik dan memahami kelemahan tim.

"Jurnalis terbaik, mereka yang memahami banyak hal soal sepak bola, menurut saya adalah jurnalis Italia. Mereka sangat tertarik pada sepak bola, mereka ingin mengenal, memahami, dan menerima informasi apa pun soal olahraga ini," kata Mourinho di tribalfootball.

"Tidak diragukan lagi, mereka juga merupakan jurnalis yang paling siap dan memiliki bahasa yang kaya ketika mendiskusikan sepak bola. Pers Portugal juga sangat bagus."

2 dari 2

Bagaimana dengan Inggris?

Lebih lanjut, Mourinho juga bicara soal wartawan Inggris yang terbaik dalam wartawan sebenarnya dan komentator. Dia percaya mereka sebenarnya lebih tendensius pada klub yang mereka dukung.

"Ada perbedaan jelas di Inggris antara jurnalis dan komentator, jadi bagi mereka tendensi mereka ditentukan oleh siapa yang mereka sukai dan tidak mereka sukai."

Lalu, soal media Spanyol, Mourinho berkata: "Media Spanyol sangat menyukai sepak bola dan klub yang mereka dukung. Mereka melakukannya 24 jam dalam sehari, tetapi terkadang terlalu terpengaruh oleh klub yang mereka cintai," tandas Mou.