FOLLOW US:


Sederet Misi yang Harus Diselesaikan Cristiano Ronaldo Sebelum Tinggalkan Juventus

04-05-2021 07:04

 | Yaumil Azis

Sederet Misi yang Harus Diselesaikan Cristiano Ronaldo Sebelum Tinggalkan Juventus
Cristiano Ronaldo, © LaPresse via AP Photo

Bola.net - Masa depan Cristiano Ronaldo di Juventus sedang tidak menentu. Beberapa laporan menyebutkan kalau pria asal Portugal tersebut akan meninggalkan Allianz Stadium saat musim 2020/21 resmi berakhir.

Juventus mendaratkan Ronaldo di Turin pada tahun 2018 lalu dengan merogoh kocek sebesar 100 juta euro. Harapannya, ia bisa membantu Bianconeri mendapatkan trofi yang telah lama diidam-idamkan, Liga Champions.

Namun sampai sekarang, Ronaldo belum mampu mewujudkan harapan tersebut. Malah sebaliknya, prestasi Juventus di ajang itu semakin merosot. Dalam tiga musim terakhir, pencapaian terbaik Juventus hanyalah babak perempat final.

Terbaru, Juventus tertahan di babak 16 besar setelah kalah secara agresivitas gol melawan FC Porto. Ronaldo memiliki andil besar dalam kegagalan Bianconeri melewati babak itu.

Ia pun mendapatkan kritik dari berbagai kalangan. Dari situ juga, beredar rumor kalau Ronaldo bakal meninggalkan Turin pada bursa transfer musim panas mendatang.

Sebelum pergi, Ronaldo masih memiliki beberapa misi yang harus diselesaikan. Informasi selengkapnya dari Marca berikut ini bisa disimak dengan melakukan scroll ke bawah.

1 dari 4

Membawa Juventus ke Liga Champions

Saat ini, Juventus terancam gagal mendapatkan tiket bermain di Liga Champions musim depan. Memang, mereka sedang berada di empat besar. Akan tetapi, posisinya bisa diambil kapan saja oleh Napoli yang sedang memantau dari posisi lima.

Ada empat pertandingan yang tersisa dari pagelaran Serie A musim ini, dan Juventus haram hukumnya terpeleset di laga-laga tersebut. Kalau sampai gagal meraih tiga angka, mereka bisa saja keluar dari empat besar.

Inilah salah satu misi Ronaldo sebelum meninggalkan Turin: Memastikan Juventus ke Liga Champions musim depan. Peraih lima trofi Ballon d'Or tersebut menunjukkan bahwa dirinya bisa menjadi tumpuan dengan dua gol saat menghadapi Udinese akhir pekan lalu.

2 dari 4

Trofi Ke-5

Ronaldo sudah mengumpulkan total empat trofi sejak pindah ke Juventus pada tahun 2018 lalu. Dua dari ajang Serie A, sisanya dari kompetisi minor seperti Supercoppa Italiana. Salah satu trofi Supercoppa Italiana didapatkan pada bulan Januari lalu.

Meski peluang meraih Scudetto musim ini telah sepenuhnya tertutup, harapan Juventus mendapatkan gelar lain masih ada. Mereka telah mencapai babak final Coppa Italia dan bakalan bertemu dengan Atalanta.

Pertandingan tersebut akan dihelat pada tanggal 19 Mei di stadion milik Sassuolo, Mapei Stadium. Perlu diketahui kalau Atalanta selalu menjadi musuh yang sulit dikalahkan oleh Ronaldo dkk.

3 dari 4

Top Scorer di 3 Liga Besar Eropa Pertama

Cristiano Ronaldo telah membuktikan dirinya sebagai mesin gol. Terhitung sejak kedatangannya, belum ada pemain yang mampu melampaui 79 gol yang telah diciptakan Ronaldo di ajang Serie A.

Penyerang Lazio, Ciro Immobile, yang paling mendekati dengan perolehan 70 gol. Disusul bomber Atalanta, Duvan Zapata, yang telah mengantongi 55 gol. Namun sampai sekarang, Ronaldo belum pernah menyandang status Capocannoniere.

Peluang terbesar Ronaldo ada di musim ini. Sampai sekarang, Ronaldo sudah membukukan 27 gol. Peringkat kedua dalam daftar pencetak gol terbanyak Serie A diduduki striker Inter Milan, Romelu Lukaku, dengan 21 gol.

Jika mampu menjadi Capocannoniere, Ronaldo bakal mencatat rekor baru dalam karir panjangnya sebagai pemain sepak bola profesional. Ia akan menjadi pemain pertama yang mampu menjadi top scorer dalam tiga dari lima liga papan atas Eropa.

4 dari 4

100 Gol di Juventus

Ronaldo adalah mesin gol. Meskipun usianya sudah jauh dari kata muda, ia masih mampu memproduksi banyak gol bersama Bianconeri. Terhitung sejak kedatangannya di Turin, Ronaldo telah mengantongi 99 gol dari 129 penampilannya.

Mantan pemain Real Madrid tersebut hanya butuh satu gol lagi untuk menyentuh angka 100. Dan itu bisa diraih kalau dirinya sanggup menjadi bintang kemenangan Bianconeri sewaktu melawan AC Milan hari Senin (10/5/2021) mendatang.

Ronaldo sedang menduduki peringkat ke-13 dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa Juventus. Sebelum pergi, ia masih bisa menyalip perolehan gol Michel Platini (104) dan John Charles (105).

Namun sepertinya, Ronaldo takkan mampu menembus 10 besar. Roberto Baggio dan Federico Munerati menjadi pintu gerbang ke 10 besar dengan torehan 115 gol. Butuh waktu satu musim lagi buat Ronaldo untuk masuk ke daftar 10 pencetak gol terbanyak Bianconeri.

(Marca)