FOLLOW US:


Sepak Bola Jalanan yang Kian Luntur Lantaran Tuntutan Dunia Modern

09-04-2018 16:00

 | Gennaro Gattuso

Sepak Bola Jalanan yang Kian Luntur Lantaran Tuntutan Dunia Modern
Gennaro Gattuso © AFP

Bola.net - Masa kecil Gennaro Gattuso ternyata jauh berbeda dengan kondisi saat ini. Kala itu, sepak bola menjadi impiannya sebagaimana remaja lain seusianya. Bertolak belakang dengan kondisi saat ini ketika bibit-bibit muda memilih untuk bermain gim.

Gattuso menjelaskan, kala dia masih remaja dahulu, dia akan menghabiskan waktu bermain sepak bola di pantai bersama kawan-kawannya. Dia bahkan sudah menjajal banyak 'stadion' hebat di pantai tersebut.

"Sejak saat saya bermain untuk suatu tim di lapangan, ketika saya 12 tahun, sepak bola menjadi hal utama. Sebelum itu saya hanya bisa bermain menggunakan jeriken kapal untuk menjadi tiang gawang," ungkap Gattuso dikutip dari fourfourtwo.

"Kami bermain di pantai, dikelilingi oleh nelayan, dengan banyak batu dan kerang di bawah kaki kami. Itu jelas menambah sesuatu yang hebat pada permainan saya."

"Itu adalah masa kanak-kanak yang indah. Saya bermain di San Siro, Wembley, Maracana dan La Bombonera setiap hari, karena kami menamai pantai dan jalanan ini sesuai dengan stadion-stadion terkenal," imbuh dia.

Menyoal kondisi saat ini, Gattuso pun menyayangkan kesulitan anak-anak kecil untuk bermain sepak bola. Bukan hanya salah sang anak yang tidak suka bermain sepak bola, melainkan juga karena sang orang tua yang sibuk dengan pekerjaan mereka.

"Sekarang prioritas sudah berubah. Anak-anak harus tetap di sekolah sampai jam lima sore karena orang tua mereka masih bekerja, jadi mereka tidak bisa banyak bermain sepak bola seperti yang kami lakukan."

"Bahkan di Italia bagian utara bermain sepak bola jalanan menjadi jauh lebih sulit dan jika anda tidak mengikuti sekolah sepak bola di sana maka tidak banyak yang bisa anda lakukan," tandas dia.