Termasuk Paul Pogba, Ini Starting XI Gratisan Juventus

Gia Yuda Pradana | 14 Juli 2022 08:41
Paul Pogba tiba di Turin, Jumat (8/7/2022) malam WIB (c) Juventus FC

Bola.net - Juventus dikenal lihai dalam memanfaatkan bursa transfer. Klub berjuluk Si Nyonya Tua ini kerap membuat langkah ajaib untuk memperkuat komposisi skuad mereka dalam bursa transfer.

Selain mendatangkan pemain-pemain dengan nilai transfer tinggi, Juventus juga kerap mendatangkan pemain-pemain secara gratisan. Hebatnya lagi, pemain-pemain gratisan tersebut kerap menjadi pilar permainan mereka.

Terakhir, pemain gratisan yang didatangkan Juventus adalah Paul Pogba. Pemain asal Prancis ini dipinang setelah kontraknya di Manchester United berakhir.

Saking banyaknya, pemain-pemain gratisan yang bergabung dengan Juventus bisa disusun ke dalam sebuah starting eleven.

Siapa saja para pemain yang masuk ke dalam starting eleven gratisan Juventus? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 11 halaman

Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon (c) AP Photo

Posisi penjaga gawang dalam daftar starting eleven gratisan Juventus ditempati Gianluigi Buffon. Kiper asal Italia tersebut bergabung kembali dengan Juventus secara gratisan pada musim 2019/2020.

Buffon bergabung dengan status bebas transfer setelah kontraknya di PSG berakhir. Waktu itu, nilai pasarnya ditaksir sebesar 1 juta euro.

Buffon bertahan di Juventus selama dua musim. Pada awal musim 2021/2022, ia meninggalkan Si Nyonya Tua untuk bergabung dengan Parma. Lagi-lagi dengan status bebas transfer.

Dua musim memperkuat Juventus, Buffon sempat tampil dalam 29 laga di semua ajang dan mencatatkan sebelas kali clean sheet. Sementara, di sisi lain, gawangnya kebobolan 21 gol.

2 dari 11 halaman

Emre Can

Emre Can (c) JFC

Satu posisi di lini belakang dalam daftar starting eleven gratisan Juventus ditempati Emre Can. Pemain asal Jerman tersebut bergabung secara gratisan dengan Juventus pada musim 2018/2019.

Can bergabung dengan status bebas transfer setelah kontraknya di Liverpool berakhir. Waktu itu, banderolnya ditaksir sebesar 30 juta euro.

Pemain berdarah Turki tersebut meninggalkan Juventus pada awal musim 2019/2020. Ia bergabung dengan Borussia Dortmund, setelah setengah musim sebelumnya bergabung dengan klub tersebut dengan status pinjaman.

Selama memperkuat Juventus, Can sempat tampil dalam 45 pertandingan. Dalam 2.534 menit bermain tersebut, ia mencatatkan empat gol dan satu assist.

3 dari 11 halaman

Lucio

Lucio menjadi pemain kedua di lini belakang dalam daftar starting eleven gratisan Juventus. Pemain asal Brasil tersebut berstatus gratisan kala bergabung dengan Juventus pada musim 2012/2013.

Ia bergabung dengan Juventus dengan status bebas transfer kala kontraknya di Inter Milan berakhir. Waktu itu, banderolnya ditaksir sebesar 4 juta euro.

Lucio tak lama bergabung dengan Juventus. Ia hanya setengah musim bergabung dengan Si Nyonya Tua. Sepanjang memperkuat Juventus, ia hanya sempat bermain dalam empat pertandingan.

Pada 1 Januari 2013, Lucio pulang kampung. Ia bergabung dengan Sao Paulo dengan status bebas transfer.

4 dari 11 halaman

Fabio Cannavaro

Fabio Cannavaro (c) AFP

Nama terakhir di lini belakang dalam daftar starting eleven gratisan Juventus adalah Fabio Cannavaro. Pemain asal Italia tersebut berstatus gratisan saat merapat kembali ke Juventus pada musim 2009/2010.

Cannavaro bergabung ke Juventus dengan status bebas transfer setelah kontraknya di Real Madrid berakhir. Banderolnya waktu itu ditaksir sebesar 8 juta euro.

Bek tangguh ini sempat semusim berseragam Juventus. Pada 1 Juli 2010, ia meninggalkan Turin untuk bergabung dengan Al-Ahli.

Meski sudah berusia senja kala bergabung, Cannavaro tetap menjadi andalan Juventus pada waktu itu. Ia sempat dimainkan dalam 33 pertandingan di semua ajang.

5 dari 11 halaman

Andrea Pirlo

Andrea Pirlo (c) AFP

Andrea Pirlo menempati posisi gelandang bertahan dalam daftar starting eleven gratisan Juventus. Gelandang jenius asal Italia tersebut bergabung dengan Si Nyonya Tua pada 1 Juli 2011 dengan status gratisan.

Pirlo berstatus bebas transfer usai kontraknya bersama AC Milan berakhir. Waktu itu, banderolnya ditaksir sebesar 10 juta euro.

Setelah empat musim berseragam Juventus, Pirlo memilih hengkang. Ia hijrah ke Amerika untuk memperkuat New York City. Lagi-lagi, ia berstatus bebas transfer waktu itu.

Sepanjang memperkuat Juventus, Pirlo merupakan salah satu andalan lini tengah klub tersebut. Dalam 163 pertandingan, pemain kelahiran 19 Mei 1979 tersebut mencatatkan 19 gol dan 38 assist.

6 dari 11 halaman

Dani Alves

Dani Alves (c) JUVE

Dani Alves menempati posisi sayap kanan dalam daftar starting eleven gratisan Juventus. Pemain asal Brasil tersebut bergabung secara gratisan ke Juventus pada musim 2016/2017.

Alves berstatus bebas transfer usai kontraknya di Barcelona berakhir. Waktu itu, banderolnya ditaksir sebesar 9 juta euro.

Sepanjang memperkuat Juventus, Alves sempat bermain dalam 33 pertandingan. Dalam 2.543 menit bermain, ia mencetak enam gol dan tujuh assist.

Alves meninggalkan Juventus setelah semusim memperkuat tim tersebut. Ia memilih terbang ke Prancis dan memperkuat tim mapan Ligue 1, PSG.

7 dari 11 halaman

Adrien Rabiot

Pemain Juventus, Adrien Rabiot. (c) AP Photo

Satu posisi di sektor gelandang dalam daftar starting eleven gratisan Juventus ditempati Adrien Rabiot. Pemain asal Prancis tersebut bergabung Juventus pada musim 2019/2020 dengan status gratisan.

Rabiot berstatus bebas transfer setelah kontraknya di PSG berakhir. Waktu itu, banderolnya ditaksir sebesar 35 juta euro.

Sejauh ini, Rabiot menjadi salah satu pilihan utama di lini tengah Juventus. Ia sempat bermain dalam 129 pertandingan. Dalam 9.086 menit bermain, Rabiot mencetak enam gol dan enam assist.

Saat ini, Rabiot masih berstatus penggawa Juventus. Kontraknya baru akan berakhir 30 Juni 2023 mendatang. Namun, dua klub besar Inggris, Liverpool dan Manchester United, dikabarkan tertarik meminang Rabiot pada bursa transfer musim panas ini.

8 dari 11 halaman

Paul Pogba

Paul Pogba juara UEFA Nations League 2021 bersama Prancis (c) AP Photo

Nama terakhir di lini tengah dalam daftar starting eleven gratisan Juventus adalah Paul Pogba. Pemain asal Prancis tersebut bergabung ke Juventus dengan status gratisan pada musim 2022/2023 ini.

Pogba bergabung dengan Juventus setelah kontraknya di Manchester United berakhir. Waktu itu, banderolnya ditaksir sebesar 48 juta euro.

Pogba sendiri diikat Juventus dengan kontrak berdurasi empat musim.

Bagi Pogba, ini adalah kali keduanya bergabung dengan Juventus secara gratisan. Ia pertama kali bergabung dengan klub tersebut pada 3 Agustus 2012 setelah kontraknya bersama Manchester United U-18 tak berlanjut. Ia kemudian meninggalkan Turin pada 9 Agustus 2016 untuk kembali bergabung dengan Manchester United.

Empat musim memperkuat Juventus, Pogba bermain 177 kali. Dalam 14.068 menit bermain, ia mencatatkan 34 gol dan 40 assist.

9 dari 11 halaman

Kingsley Coman

Kingsley Coman (c) AFP

Di sektor sayap kiri dalam daftar starting eleven gratisan Juventus ada nama Kingsley Coman. Pemain asal Prancis tersebut berstatus gratisan kala bergabung dengan Juventus pada 1 Juli 2014.

Coman berstatus bebas transfer setelah kontraknya di PSG berakhir. Waktu itu, banderolnya ditaksir sebesar 750 ribu euro.

Coman hanya semusim bermain di Turin sebelum dua musim berikutnya menjalani masa peminjaman di Bayern Munchen. Kemudian, pada 1 Juli 2017, ia dipermanenkan oleh raksasa Bavaria tersebut.

Semusim bermain di Turin, Coman sempat bermain dalam 22 pertandingan. Sepanjang 769 menit bermain tersebut, ia mencetak satu gol dan dua assist.

10 dari 11 halaman

Angel Di Maria

Juventus resmi rekrut Angel Di Maria (c) Juventus FC

Angel Di Maria menempati posisi second striker dalam daftar starting eleven gratisan Juventus. Pemain asal Argentina tersebut berstatus gratisan kala bergabung dengan Juventus pada awal musim 2022/2023.

Di Maria berstatus bebas transfer setelah kontraknya bersama PSG berakhir. Banderol pemain berusia 34 tahun tersebut ditaksir sebesar 12 juta euro.

Pemain yang pernah memperkuat Manchester United ini dipinang dengan kontrak berdurasi semusim oleh Si Nyonya Tua.

11 dari 11 halaman

Fernando Llorente

Fernando Llorente (c) AFP

Posisi ujung tombak dalam daftar starting eleven gratisan Juventus ditempati oleh Fernando Llorente. Pemain asal Spanyol tersebut bergabung secara gratisan ke Juventus pada musim 2013/2014.

Llorente berstatus bebas transfer setelah kontraknya di Athletic Bilbao usai. Waktu itu, banderolnya ditaksir sebesar 20 juta euro.

Llorente sempat dua musim berseragam Juventus. Selama berada di Turin, ia sempat bermain dalam 92 pertandingan. Sepanjang 36.161 menit bermain tersebut, ia mencetak 27 gol dan sepuluh assist.

Pada 27 Agustus 2015, Llorente meninggalkan Juventus. Ia kembali ke Spanyol untuk bergabung dengan Sevilla.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR