FOLLOW US:


Van der Sar Lihat Kesamaan dalam Diri De Ligt dan Ronaldo, Apa Itu?

12-10-2019 08:31

 | Yaumil Azis

Van der Sar Lihat Kesamaan dalam Diri De Ligt dan Ronaldo, Apa Itu?
Matthijs De Ligt, Juventus © AP Photo

Bola.net - Legenda Belanda serta petinggi Ajax Amsterdam, Edwin van der Sar, melayangkan pujian kepada Matthijs De Ligt. Menurutnya, bek utama Juventus itu memiliki kesamaan dengan Cristiano Ronaldo dari segi hasrat untuk menjadi yang terbaik di dunia.

De Ligt mendarat di Juventus dengan mahar sebesar 85 juta euro. Sayangnya, pada awal-awal kiprahnya, ia menunjukkan performa yang berulang kali membuat publik mengernyitkan dahi.

Namun kesalahan yang dilakukan De Ligt masih terbilang wajar. Sebab, ia sudah mengambil bagian saat dirinya belum benar-benar beradaptasi dengan lingkungan sepak bola Italia. Mau bagaimana lagi, Juventus butuh pengganti Giorgio Chiellini yang cedera parah.

Ia sempat melakukan berbagai kesalahan yang berujung pada gol ke gawang Juventus, seperti waktu melawan Napoli dulu. Namun, secara bertahap, De Ligt menunjukkan peningkatan performa yang signifikan.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Kesamaan De Ligt dan Ronaldo

Van der Sar sendiri tidak memiliki keraguan bahwa De Ligt akan bangkit dan membuktikan kualitas sesuai dengan nilai transfernya. Satu hal yang membuat mantan kiper Manchester United tersebut yakin adalah hasrat De Ligt untuk menjadi pemain terbaik.

"Mentalitasnya, mentalitas sesorang yang selalu mencoba untuk terus berkembang, membuatnya selalu ingin menjadi pemain terbaik dunia," ujar Van der Sar, yang juga pernah membela Juventus semasa karirnya bermain, kepada ESPN.

"Saya telah melihat banyak orang seperti dirinya. Salah satunya tengah bermain dengan timnya dan orang itu adalah Cristiano Ronaldo. Saya pernah bermain bersamanya saat di Manchester United dan melihat hasrat untuk bekerja keras yang sama," lanjutnya.

2 dari 2

Kendala De Ligt di Juventus

Van der Sar pun sadar bahwa De Ligt masih memiliki kendala yang menghalangi performa terbaiknya keluar, yakni bahasa. Selain itu, pemain berumur 19 tahun itu dianggap Van der Sar belum siap untuk melakoni pertandingan.

"Di Italia, dia harus mempelajari bahasa baru, dia harus mengenal rekan-rekan setimnya. Cederanya Chiellini telah membantunya masuk ke dalam tim dengan cepat, namun mungkin memberikan tekanan yang lebih ke pundaknya," tandasnya.

Saat masih di Ajax dulu, De Ligt diberikan tanggung jawab sebagai kapten dan berhasil membantu tim menjadi juara di ajang Eredivisie. Selain itu, berkat dirinya juga, Ajax berhasil mencapai babak semifinal Liga Champions musim lalu.

(Football Italia)