FOLLOW US:


Bola Beli: Apa Sih Kekurangan dan Kelebihan Sepeda Lipat Merek United?

12-11-2020 20:45

 | Serafin Unus Pasi

Bola Beli: Apa Sih Kekurangan dan Kelebihan Sepeda Lipat Merek United?
Sepeda lipat merek United adalah salah satu brand yang dikenal memiliki kualitas baik di Indonesia, tapi juga memiliki hal-hal rawan yang harus dicermati. © Istimewa

Bola.net - Sepeda lipat alias folding bike meroket popularitasnya di masa trasisi dari Pembatasan Sosial Berskala Besar ke Tatanan Normal Baru. Ketimbang jenis sepeda lain, sepeda lipat lebih populer lantaran memiliki kemampuan adaptasi untuk bisa juga digunakan untuk berbagai keperluan dalam jangka panjang sesudah keadaan benar-benar kembali normal. Salah satu merek folding bike yang paling banyak dicari adalah sepeda lipat United.

Kemampuan beradaptasi tinggi adalah karakter utama sepeda lipat yang bisa digunakan sebagai sepeda harian para komuter di saat situasi kembali normal ataupun digunakan sebagai sepeda reguler tanpa proses pelipatan ketika pemilik masih terus bekerja dari rumah.

Ruang yang dibutuhkan untuk penyimpanan sepeda lipat yang relatif lebih kecil karena dalam kondisi tidak dilipat tinggi tempat duduk bisa dibuat serendah mungkin dan diameter roda yang sangat kecil.

Lebih jauh lagi, tingginya harga folding bike juga belakangan dianggap bisa meningkatkan status sosial pemiliknya tanpa harus mobil mewah atau "motor gede". Supaya uang tidak terbuang percuma, simak hal-hal yang harus diperhatikan saat kita memutuskan untuk membeli sepeda lipat, terutama yang bermerek United.

1 dari 3

Ukuran Roda Menentukan Karakter

Sesuai konteks kepraktisan, dalam tulisan ini hanya akan dibahas soal sepeda lipat compact dengan diameter roda 16-20 inchi. United mengeluarkan banyak model sepeda lipat compact ini dan semuanya memiliki tempat duduk dan handlebars yang bisa diatur ketinggiannya sehingga menyamai posisi bersepeda seperti full size dengan ukuran diameter roda di atas 20 inchi.

Dari sisi performa, kekurangan sepeda lipat compact ini adalah sangat rentan mengalami kerusakan bila dalam kecepatan tinggi melindas lubang di permukaan jalan. Tanpa mekanisme peredaman goncangan, imbas benturan memang bakal langsung diserap oleh kerangka sepeda dan poros roda yang tidak sekuat roda berdiameter besar.

Selain itu, diameter roda yang kecil membuat proses transfer akselerasi dari pedal ke putaran roda jadi tidak terkonversi menjadi kecepatan sepeda secara maksimal meski kombinasi roda gigi sudah optimal. Untungnya materi kerangka dan jejari roda sepeda United terbilang kokoh karena dibuat dari pipa besi dan alumunium dengan komposisi yang lulus uji bahan ketat dan pengujian ketahanan di lapangan.

Kekurangan sepeda lipat United dalam hal kecepatan dan peredaman getaran membuat perjalanan panjang bisa terasa lebih lama dan melelahkan, namun hal ini dapat dikompensasi dengan kelengkapan gear tambahan sebagai media simpan perbekalan berupa tas dan botol minum yang juga compact.

2 dari 3

Lebih Banyak Berjenis Half/Mid Folding

Dengan dua titik lipatan, sepeda lipat United jenis Trifold memiliki ukuran sangat mungil ketika dibawa dalam keadaan terlipat. (c) Istimewa
Dengan dua titik lipatan, sepeda lipat United jenis Trifold memiliki ukuran sangat mungil ketika dibawa dalam keadaan terlipat. (c) Istimewa

Untuk touring yang sangat jauh, pembaca juga bisa menimbang produk United Furion sebagai sebuah solusi karena produk ini dilengkapi motor listrik yang baterainya mudah diisi ulang layaknya sebuah HP.

Ada lima jenis lipatan dalam folding bike, yaitu: Half/Mid Folding, Vertical Folding, Triangle Hinge, Magnet/Suspension Folding, dan Breakaway.

  • Jenis Half/Mid Folding adalah tipe sepeda lipat yang paling banyak diproduksi United dan paling banyak dijual saat ini. Engsel pelipatan sepeda jenis ini ada di tengah frame dan secara horisontal roda depan akan bertemu roda belakang saat sepeda dalam kondisi terlipat.

  • Untuk tipe Vertical Folding biasanya sepeda memiliki lebih dari satu engsel di bagian tengah frame dan di rangka penopang rantai/rangka penopang tempat duduk. Sepeda pun dilipat mematah ke atas sehingga roda depan dan belakang bertemu dalam satu bidang sejajar. Kelebihan sepeda tipe ini adalah sifat lipatannya yang lebih kecil atau lebih padat.

  • Pada jenis Triangle Hinge seperti namanya bentuk lipatan dasar segitiga ini secara horisontal dan vertical akan membentuk segitiga karena lipatan terjadi di dua titik engsel. Karena titik lipat ganda inilah akhirnya bentuk sepeda saat terlipat menjadi sangat kecil dan ringkas.

  • Untuk tipe berikutnya, Magnet/Suspension Holding, pun sesuai namanya menggunakan magnet penahan roda di suspensi belakang. Ketika daya magnet dimatikan ban dapat digeser ke depan lalu sepeda dapat dilipat dari bawah. Dalam keadaan terlipat sepeda bisa dibawa dengan ditarik karena roda belakang tetap bisa berputar.

  • Pada jenis terakhir, yaitu Breakaway, sepeda dapat dikecilkan ukurannya setelah struktur sepeda ada yang dicopot tanpa mur atau baut tapi dengan kunci ulir yang praktis. Penyusunan bagian sepeda yang dilepas akan lebih fleksibel sesuai dengan media simpan, tapi saat merakit dan melepas struktur sepeda memang dibutuhkan waktu lebih panjang.
3 dari 3

Kokoh Menahan Beban Hingga 110 Kg

Sepeda lipat United Stylo, populer karena harganya murah namun menawarkan pilihan roda dalam ukuran sedang. (c) Istimewa
Sepeda lipat United Stylo, populer karena harganya murah namun menawarkan pilihan roda dalam ukuran sedang. (c) Istimewa

Berat total sepeda lipat United bertipe Half/Mid Folding adalah 11-15 kg, tergantung dari dominasi bahan kerangka sepeda (Baja/Alloy/Carbon Fiber/ Titanium). Pemilihan bahan kerangka juga menentukan seberapa kuat daya angkut sepeda yang berkisar di 100-110 kg.

Kekurangan merek United menurut sejumlah sumber di komunitas sepeda Jabodetabek adalah kualitas redaman getaran yang rendah karena bahan elastometer yang berupa blok karet di beberapa titik kerangka sepeda tidak terlalu bagus kualitasnya. Setelah pemakaian rutin di atas tiga bulan biasanya bagian karet ini cenderung mengeras dan getas sehingga perlu penggantian rutin.

Pada sisi lain, dibanding merek kompetitor yang kelasnya sama, United dikenal memiliki kelebihan dalam hal sambungan kerangka sepeda yang solid dan rigid sehingga struktur sepeda di titik lipat maupun titik-titik penting lainnya sangat kokoh. Kelemahan peredaman getaran biasanya diatasi pengguna dengan mengurangi tekanan dalam ban.

Rentang harga sepeda United sangat lebar mulai dari tipe murah Stylo (Rp 1,4 juta), tipe menengah Trifold (Rp 9,5 juta), dan tipe termahal E-Trifold (Rp 19,9 juta) yang digerakkan dengan listrik, dan Trifold 11 (17,5 juta) dengan 11 tingkat gigi internal penentu kecepatan. Kisaran harga ini jelas relatif lebih bersahabat ketimbang merek lain seperti Tern type Vektron P9 yang bisa mencapai Rp 32 juta, tapi sekaligus United juga memiliki reputasi yang mentereng ketimbang merek-merek sepeda yang sedang berusaha menembus pasar seperti Exotic Fold X yang seharga satu jutaan rupiah.

Model sepeda lipat United yang sekarang sedang banyak dicari adalah Stylo dengan roda ukuran 20 inchi 6 speed (Rp 2,7 - 3,2 juta) karena kelenturan karakternya yang bisa dipakai sebagai sepeda touring, comuting, maupun sebagai sepeda untuk having fun semata. Jenis ini jelas cocok untuk pembaca yang masuk kategori pengguna sepeda lipat pemula, selamat mencoba

Sumber: Bola.com/Penulis: Darojatun, Published: 12 November 2020