FOLLOW US:


Hasil Pertandingan Portugal vs Swiss: Skor 3-1

06-06-2019 03:41

 | Dimas Ardi Prasetya

Hasil Pertandingan Portugal vs Swiss: Skor 3-1
Cristiano Ronaldo rayakan golnya ke gawang Swiss di semifinal UEFA Nations League, Kamis (06/06). © AP Photo

Bola.net - Portugal sukses menjinakkan Swiss dengan skor 3-1 di semifinal UEFA Nations League di Estadio Do Dragao, Kamis (06/06) dini hari WIB.

Pertandingan berlangsung dengan tempo cukup tinggi dan menghasilkan sejumlah peluang. Dan meski berstatus sebagai tamu, Swiss mampu tampil sedikit lebih dominan ketimbang Portugal.

Gol Portugal semuanya diborong oleh Cristiano Ronaldo. Sementara itu gol Swiss dicetak oleh Ricardo Rodriguez.

Hasil ini memastikan Portugal lolos ke final. Mereka nanti akan bertemu salah satu dari Inggris atau Belanda.

1 dari 3

Babak Pertama


Portugal langsung berusaha menyerang Swiss begitu laga dimulai. Namun sang tamu sudah siap. Justru mereka bisa lebih dahulu mengancam gawang tuan rumah.

Peluang didapat pada menit keempat melalui Shaqiri, yang mendapat umpan dari Zuber. Namun peluang itu masih bisa digagalkan oleh Patricio.

10 menit berselang, Portugal mendapat peluang apik melalui Ronaldo. Ia mendapat umpan dari Silva dan melepas tendangan first time. Sayang bolanya meluncur tidak tepat ke sasaran.

Pada menit 19, Swiss mencetak peluang lagi. Kali ini melalui sundulan Seferovic. Namun bola masih bisa diselamatkan oleh Patricio.

Namun setelah itu justru Portugal yang sukses mencetak gol lebih dahulu. Adalah Ronaldo yang mencatatkan namanya di papan skor. Tendangan bebasnya gagal diantisipasi dengan baik oleh kiper Swiss, Sommer. 1-0.

Swiss kemudian tampil makin berbahaya. Sejumlah serangan melalui sayap dibangun oleh sang tamu. Pada menit ke-43, serangan mereka menghasilkan peluang emas. Mbabu berhasil melakukan overlap dan mengirim umpan tarik ke tengah kotak penalti dan disambut tendangan Seferovic. Namun tendangannya hanya menerpa tiang gawang dan melambung keluar lapangan. Laga babak pertama pun berakhir tanpa ada gol tambahan.

2 dari 3

Babak Kedua


Swiss langsung berinisiatif untuk tampil menyerang di babak kedua. Namun tak lama laga berjalan terjadi kontroversi.

Awalnya terjadi pelanggaran di mana Semedo mendorong Seferovic di kotak penalti. Wasit kemudian tak menganggapnya penalti namun tetap dicek melalui VAR. Saat proses pengecekan berlangsung, Portugal melancarkan serangan balik.

Saat itulah, Schar menjatuhkan Silva di kotak penalti. Wasit pun memberikan hukuman penalti pada Portugal.

Akan tetapi wasit kemudian mengecek hasil VAR atas pelanggaran Semedo lebih dahulu. Pada akhirnya wasit membatalkan penalti untuk Portugal dan memberikan hadiah dari titik 12 pas tersebut pada Swiss. Pada menit ke-57, Rodriguez kemudian bisa menyamakan skor dari titik penalti.

Namun pergantian taktik akhirnya membuat Portugal mampu bangkit. Serangan demi serangan mampu meneror pertahanan Swiss.

Pada akhirnya usaha Ronaldo membuahkan hasil pada menit ke-88. Ronaldo menjebol gawang Swiss dengan tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti usai mendapat umpan tarik dari Silva. 2-1.

Swiss mencoba untuk menyamakan skor setelah kebobolan. Namun justru mereka dijebol lagi oleh Ronaldo berkat serangan balik dua menit berselang. Dengan teknik stepover-nya, ia mengecoh kawalan bek lawan dan kemudian dari dalam kotak penalti ia menendang bola melengkung ke tiang jauh.

Pada akhirnya Swiss tak bisa membalas hingga laga berakhir. Portugal pun berhasil menang 3-1.

3 dari 3

Susunan Pemain


PORTUGAL (4-4-2): Rui Patricio; Nelson Semedo, Pepe, Ruben Dias, Raphael Guerreiro; Bruno Fernandes, William Carvalho, Ruben Neves, Bernardo Silva; Joao Felix, Cristiano Ronaldo (c).

SWISS (4-4-2): Rui Patricio; Nelson Semedo, Pepe, Ruben Dias, Raphael Guerreiro; Bruno Fernandes, William Carvalho, Ruben Neves, Bernardo Silva; Joao Felix, Cristiano Ronaldo (c).