FOLLOW US:


Sederet Manfaat Buah dan Biji Salak untuk Kesehatan

11-11-2019 16:33

 | Anindhya Danartikanya

Sederet Manfaat Buah dan Biji Salak untuk Kesehatan
Buah dan biji salak bermanfaat untuk kesehatan. © Bola.com

Bola.net - Salak merupakan buah asli Indonesia yang banyak dijual di pasaran dengan harga relatif murah. Kendati begitu, buah salak memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Sayangnya masih ada orang yang tidak menyadari manfaat buah salak.

Buah salak ada berbagai jenis. Ada salak madu, salak pondoh, salak condet, hingga salak bali. Namun hanya namanya yang berbeda, bentuk dan warna salak tidak jauh berbeda.

Tak kalah dengan jenis buah-buahan lainnya, salak juga mengandung vitamin C, kalsium, zat besi, protein, serta beta karoten yang penting bagi tubuh. Buah salak juga kaya vitamin A, vitamin B2, serta karbohidrat.

Meski bersisik, buah salak memiliki nilai gizi dan dikenal sebagai obat untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Salak juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah kanker dan meningkatkan kesehatan jantung.

Selain itu, masih banyak sederet manfaat buah salak bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah manfaat buah salak, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 6

Meningkatkan Kinjerja Otak

Kandungan aktif dalam salak seperti potasium, beta-karoten, dan pektin mampu meningkatkan aliran darah ke otak. Sehingga buah ini dapat membuat kognisi dan daya ingat seseorang menjadi lebih baik.

Salak juga dapat membantu menghilangkan stres dan menurunkan risiko penyakit neurodegenaratif. Selain itu, salak kerap dijuluki sebagai memory fruit karena dapat meningkatkan daya ingat otak.

2 dari 6

Mengatasi Diare

Diare merupakan salah satu gangguan kesehatan yang membuat seseorang buang air besar (BAB) secara terus-menerus. Namun tak perlu khawatir, karena Anda bisa mengatasi diare dengan mengonsumsi buah salak.

Manfaat ini dikarenakan adanya kandungan zat anti diare yang terkandung dalam buah salak. Oleh karena itulah buah ini dapat mengatasi masalah diare.

3 dari 6

Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Salak mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, salak mampu mengurangi ketegangan dalam pembuluh darah dan arteri, sehingga akan menurunkan ketegangan pada sistem kardiovaskular.

Kandungan potasium dalam buah salak juga dapat menjaga kesehatan jantung, terutama bagi mereka pencinta kopi dan pecandu rokok. Buah salak juga cocok dijadikan sebagai makanan penutup apabila Anda baru mengonsumsi makanan berminyak.

4 dari 6

Meningkatkan Kesehatan Mata

Salak kaya akan nutrisi, termasuk vitamin A. Kandungan tersebut sangat penting untuk kesehatan mata. Buah salak juga baik bagi mereka yang memiliki masalah pada penglihatan, misalnya minus atau rabun jauh.

Beta-karoten dalam salak juga berperan sebagai antioksidan yang berkaitan langsung dengan kesehatan mata. Oleh karena itulah Anda perlu mengonsumsi salak secara rutin.

Selain mengonsumsinya secara langsung, salak juga bisa dijus dan dicampur dengan wortel atau tomat. Campuran tersebut akan lebih efektif dalam meningkatkan kesehatan mata.

5 dari 6

Mencegah Diabetes

Buah salak mengandung pterostilbene yang akan membantu menurunkan glukosa dalam darah. Kandungan tersebut juga dapat menyeimbangkan kadar gula darah supaya terhindar dari penyakit diabetes. Selain mengonsumsi buahnya, Anda juga bisa merebus kulit salak dan meminumkan untuk mengatasi penyakit diabetes.

6 dari 6

Manfaat Biji Buah Salak

Apabila Anda ingin memetik manfaat buah salak, Anda jangan terburu-buru membuang bijinya. Biasanya, biji buah salak yang bertekstur keras ini akan dibuang begitu saja setelah daging buahnya habis dimakan.

Padahal, biji salak dapat diolah dan dikonsumsi kembali, karena memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Anda bisa mengolahnya menjadi seperti bubuk kopi, atau merebus beberapa biji salak hingga lunak dan meminum air rebusan tersebut.

Berikut adalah manfaat biji salak yang sering terabaikan:

  • Mengatasi Asam Urat
  • Melancarkan Peredaran Darah
  • Mencegah Hipertensi
  • Meningkatkan Kekuatan Otot
  • Sumber Energi
  • Baik untuk Kesehatan Usus
  • Meningkatkan Kecerdasan
  • Menambah Stamina
  • Menyehatkan Lambung
  • Melancarkan Sistem Pencernaan

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Novie Rachmayanti/Editor: Yus Mei Sawitri/Dipublikasi: 11 November 2019