Tak Cuma Baik untuk Mata, Daun Sirih Bisa Bermanfaat Jadi Obat

Seokly | 14 November 2019 08:24
Daun sirih baik untuk kecantikan wajah. (c) Bola.com

Bola.net - Daun sirih dikenal punya banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Bahkan sejak zaman dahulu, daun sirih kerap dikunyah oleh orang-orang tua. Daun sirih cukup populer di Indonesia dan mudah ditemui di pasaran. Daun sirih ada dua macam, yakni hijau dan merah.

Khasiat daun sirih yang paling terkenal adalah menjaga kesehatan mata dan dipakai sebagai pembersih area kewanitaan. Daun sirih juga memiliki segudang manfaat lainnya. Bahkan, daun ini punya kandungan yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit kronis.

Tanaman yang tumbuh menjalar dan memiliki daun lebar tersebut kaya kandungan saponin, tannin, eugenol, dan berbagai jenis minyak esensial. Daun sirih juga mengandung sifat anti-septik, anti-inflamasi, dan pendingin kulit. Anda bisa merebus air daun sirih untuk diminum maupun digunakan sebagai obat luar.

Lantas, apa saja manfaat daun sirih? Berikut manfaat daun sirih bagi kesehatan dan kecantikan, serta untuk mengobati berbagai penyakit, yang dilansir dari berbagai Medical News Today dan Health Line.

1 dari 6 halaman

Mengobati Tumor

Senyawa antioksidan, dan terpenoid dalam daun sirih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apabila sistem kekebalan meningkat, maka sel-sel darah putih tubuh juga akan dapat menghancurkan zat-zat karsinogenik atau tumor berbahaya dari tubuh. Sehingga, daun sirih dapat dijadikan obat herbal bagi pengidap tumor.

2 dari 6 halaman

Mengatasi Luka Bakar

Luka bakar merupakan masalah kesehatan yang dapat mengganggu aktivitas. Anda bisa menggunakan daun sirih untuk mengatasinya. Daun sirih mengandung alkaloid, antioksidan, dan vitamin C pada yang akan membantu meredakan peradangan pada bagian kulit yang terbakar.

Caranya, Anda bisa menghancurkan 3-5 lembar daun sirih, kemudian campur dengan 2 sendok teh madu, dan letakkan di area kulit yang terbakar. Lakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari.

3 dari 6 halaman

Mengobati Diabetes

Sebuah penelitian membuktikan meminum air rebusan daun sirih yang dikeringkan kemudian digerus menjadi bubuk, bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes tipe 2.

Manfaat daun sirih untuk diabetes ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan tinggi yang bisa mengurangi stres oksidatif penyebab kerusakan sel-sel tubuh yang dapat memicu ketidakseimbangan hormon insulin.

4 dari 6 halaman

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Cegah Stroke

Tingginya kadar kolesterol dan trigliserida dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, hipertensi, stroke, penyakit jantung koroner, dan gagal jantung.

Sebagai solusinya, daun sirih dapat bekerja meningkatkan kolesterol baik dalam darah yang menjaga kesehatan jantung. Caranya, Anda bisa mencoba rebus 3-4 lebar daun sirih dan minum air rebusan tersebut.

5 dari 6 halaman

Mengobati Asam Urat

Daun sirih dipercaya dapat mengobati asam urat, yang berwarna merah. Sirih merah memiliki kemampuan untuk meredakan nyeri otot dan melepaskan kristal asam urat dalam tubuh. Caranya, Anda bisa merebus delapan lembar daun sirih dengan 500 mili liter air hingga menyisakan tiga gelas. Minum air rebusan tersebut tiga kali sehari.

6 dari 6 halaman

Manfaat Umum Daun Sirih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Selain untuk mengobati berbagai penyakit di atas, daun sirih juga mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan serta kecantikan secara menyeluruh. Berikut adalah ragam manfaat daun sirih secara umum:

  • Menghentikan mimisan
  • Menyehatkan lambung
  • Menjaga kesehatan gigi dan mulut
  • Mengatasi bau mulut
  • Meningkatkan kesehatan mata
  • Membuat kulit lebih halus dan bersih
  • Membersihkan daerah kewanitaan
  • Mengurangi bau badan
  • Mengatasi jerawat
  • Meredakan gatal-gatal

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Novie Rachmayanti/Editor: Yus Mei Sawitri/Dipublikasi: 13 November 2019

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR