FOLLOW US:


10 Transfer Paling Mahal dari Liga Portugal (Bagian 1)

12-10-2020 15:04

 | Asad Arifin

10 Transfer Paling Mahal dari Liga Portugal (Bagian 1)
Bruno Fernandes merayakan gol ke gawang Tottenham, Sabtu (20/6/2020) © AP Photo

Bola.net - Liga Portugal memang tidak sepopuler liga top Eropa lain seperti Premier League, La Liga, dan Bundesliga. Tetapi, Liga Portugal memiliki banyak pemain berbakat yang patut dibanderol dengan harga tinggi.

Joao Felix menjadi contoh nyata bahwa Liga Portugal juga memiliki eksistensinya tersendiri. Ketika itu, Joao Felix diboyong oleh raksasa La Liga, Atletico Madrid dari Benfica dengan harga yang fantastis yaitu 126 juta euro.

Tidak hanya La Liga saja, tetapi raksasa Premier League, Manchester United juga memiliki daya tarik yang besar terhadap pemain dari Liga Portugal.

Musim lalu, klub yang bermarkas di Old Trafford ini berhasil mendaratkan Bruno Fernandes dari Sporting Lisbon dengan mahar 55 juta euro. Dengan harga setinggi itu, Fernandes dapat membuktikan kelasnya dan membawa MU lolos ke Liga Champions musim 2020/21.

Tak hanya Joao Felix dan Bruno Fernandes saja, ternyata masih ada transfer mahal lainnya dari Liga Portugal. Lalu, siapa saja mereka?

Simak selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters

1 dari 5

10. Hulk (40 juta euro)

10. Hulk (40 juta euro)
Hulk © CFA

Transfer Hulk ke Zenit Saint Petersburg pada tahun 2012 menjadikannya sebagai transfer mahal dari Liga Portugal kala itu. Hulk diboyong Zenit dari Porto dengan mahar yang cukup tinggi yaitu 40 juta euro.

Selama empat tahun membela raksasa Rusia tersebut, Hulk tampil cukup produktif. Tercatat, winger asal Brasil ini telah membukukan 76 gol dan 60 assist dari 148 penampilannya.

Selama itu, ia juga sudah menghadirkan tiga gelar bagi Zenit, termasuk satu trofi Liga Rusia pada musim 2014/15.

2 dari 5

9. Joao Mario (40 juta euro)

9. Joao Mario (40 juta euro)
Joao Mario © FCIM

Joao Mario berhasil memikat Inter Milan untuk memboyongnya pada tahun 2016. Setelah gelandang tengah asal Brasil ini tampil apik bersama Sporting Lisbon dengan torehan enam gol dan 11 assistnya di musim 2015/16.

Ketika itu, Joao Mario berhasil mendarat di Giuseppe Meazza setelah ditebus dengan harga 40 juta euro. Namun, selama tiga musim membela Inter Milan, pemain berusia 27 tahun ini gagal bersinar dengan I Nerazzurri. Joao hanya tampil sebanyak 69 pertandingan.

Alhasil, pemilik 46 caps timnas Portugal ini pun harus dipinjamkan ke beberapa klub seperti West Ham, Lokomotiv Moscow, dan yang teranyar ia kembali memperkuat mantan timnya, Sporting Lisbon.

3 dari 5

8. Ederson (40 juta euro)

8. Ederson (40 juta euro)
Ederson © Pool Getty via AP Photo

Kiper asal Brasil, Ederson ditebus oleh Manchester City dari Benfica dengan mahar 40 juta euro pada tahun 2017. Ketika itu, Ederson datang ke Etihad Stadium untuk menggantikan peran Claudio Bravo yang tampil buruk di bawah mistar gawang City.

Mengemban beban berat itu ternyata tidak mengendorkan mental Ederson. Alhasil, ia berhasil tampil di luar ekspektasi Guardiola di musim pertamanya dan membawa City juara Premier League 2017/18 dengan catatan 17 clean sheetnya.

Semenjak saat itu, Ederson selalu menjadi andalan di bawah mistar gawang City dan tidak pernah tergantikan.

4 dari 5

7. Fabio Silva (40 juta euro)

7. Fabio Silva (40 juta euro)
Fabio Silva bergabung dengan Wolverhampton © WWFC

Fabio Silva menjadi pemain terbaru yang dibeli klub Premier League dari Liga Portugal. Pemain berusia 18 tahun ini diboyong Wolverhampton Wanderers dari Porto pada bursa transfer musim panas.

Wolves rela menggelontorkan dana hingga 40 juta euro untuk mendapatkan tanda tangan striker asal Portugal ini.

Tak hanya menjadi transfer termahal dari Liga Portugal, transfer Fabio Silva pun memecahkan rekor pembelian pemain Wolves. Bahkan, ia juga menggeser penyerang andalan Wolves yaitu Raul Jimenez yang berada di posisi kedua sebagai pembelian termahal Wolves.

5 dari 5

6. James Rodriguez (45 juta euro)

6. James Rodriguez (45 juta euro)
Pemain Everton James Rodriguez. © AP Photo

Gelandang serang asal Kolombia, James Rodriguez memimpin daftar puncak transfer termahal dari Liga Portugal. Ketika itu, James diboyong AS Monaco dari Porto dengan mahar 45 juta euro.

Ternyata dana besar yang dikeluarkan Monaco kala itu tidak sia-sia. Pasalnya, hanya satu musim berada di Monaco, James didatangkan Real Madrid dengan harga fantastis yaitu 75 juta euro.

Selama membela Madrid, James mengalami karir yang pasang surut. Sehingga, ia harus rela ketika dipinjamkan ke Bayern Munchen dan yang terbaru pemain berusia 29 tahun ini harus didepak ke Premier League bersama Everton. Tetapi, nyatanya James dapat tampil apik di bawah asuhan Carlo Ancelotti.

Sumber: Instagram Transfermarkt

(Bola.net/Hendra Wijaya)