FOLLOW US:


Takumi Minamino dan Jalan Panjang RB Salzburg untuk Memboyongnya ke Eropa

20-12-2019 18:01

 | Dimas Ardi Prasetya

Takumi Minamino dan Jalan Panjang RB Salzburg untuk Memboyongnya ke Eropa
Takumi Minamino saat masih membela RB Salzburg. © AP Photo

Bola.net - RB Salzburg menemukan talenta Takumi Minamino sejak ia masih remaja dan mereka harus mengamatinya untuk waktu yang lama sebelum memboyongnya ke Austria.

Salzburg memiliki misi untuk merekrut pemain-pemain muda dengan talenta besar, yang tidak terdeteksi oleh klub-klub besar Eropa. Misi inilah yang kemudian menuntun mereka pada sebuah kota pelabuhan di Jepang bernama Osaka pada tahun 2014 silam.

Saat itu klub lokal di kota tersebut, Cerezo Osaka, ada seorang remaja yang permainannya begitu menonjol. Ia sangat berbakat secara teknik dan pemahamannya akan taktik permainan jauh lebih baik dari pada rekan-rekan sebayanya maupun rekan setimnya yang lebih berpengalaman.

Penampilannya pun membuat Salzburg tertarik. Pemain itu adalah Takumi Minamino.

Saat itu, Minamino masih berusia sekitar 18 tahun. Ia baru masuk ke tim utama Cerezo Ozaka setahun sebelumnya.

Akan tetapi, Salzburg tak langsung begitu saja merekrutnya dan membawanya ke Austria. Mereka masih harus mengamatinya secara cermat; tak cuma potensinya akan tetapi juga kepribadiannya bahkan sikapnya di luar lapangan.

"Ia bermain di Osaka, ia berusia 18 tahun dan sudah ada di tim utama di sana yang merupakan pertanda baik," beber Christoph Freund, yang dulu menjabat sebagai Sporting Director Salzburg sebelum akhirnya digantikan oleh Ralf Rangnick, pada The Independent.

“Kami mengikuti pertandingannya dengan cermat, juga dengan tim U-20 tim nasionalnya. Kami membaca banyak laporan tentang dirinya dan menghabiskan banyak waktu mempelajari semua yang kami bisa. Pemandu bakat kami kemudian menghabiskan tiga minggu di sana untuk fokus pada segala sesuatu di sekitarnya dan saya pergi selama seminggu untuk bertemu dengannya secara pribadi," tuturnya.

1 dari 3

Mentalitas dan Karakter

Freund menjelaskan lebih detil bahwa pihaknya melakukan penilaian pada mentalitas dan karakter Takumi Minamino saat itu. Sebab menurut Salzburg, kriteria tersebut juga sangat penting dalam keputusan mereka sebelum merekrut seorang pemain.

“Itu adalah proyek yang menarik baginya dan ia sudah berada di sini selama lima tahun dalam kisah yang sangat istimewa. Yang sangat penting bagi kami adalah mentalitas dan karakter sang pemain. Bahkan, bagi kami, itu lebih penting daripada bakat jadi sebelum kami merekrut pemain mana pun kami mengumpulkan banyak informasi tentang bagaimana dirinya sebagai pribadi," terangnya.

“Bagaimana dirinya saat jauh dari sepakbola? Bagaimana dirinya dalam latihan? Bagaimana dirinya di lingkungan kelompok dan ketika ia harus melakukan sesuatu sendirian. Bagaimana ia berurusan ketika segala sesuatunya menjadi sulit baginya?"

Hasil penilaian Salzburg mengungkapkan Minamino sebagai karakter yang berkembang dalam kesulitan dan memiliki keinginan besar untuk maju. "Semuanya mengatakan kepada kami bahwa kami harus mengontraknya," seru Freund.

Takumi Minamino pun cocok dengan moto klub yang didirikan tahun 1933 silam tersebut, yakni "Talent bringt dich an den start. Einstellung ans ziel." Dalam Bahasa Indonesia, artinya kurang lebih seperti ini: "Bakat membawa Anda ke awal. Sikap membawa Anda ke tujuan."

Laporang lengkap tentang Takumi Minamino dari para scout itu pada akhirnya membutuhkan kerja keras selama sekitar satu tahun. Salzburg pun kemudian merekrut sang penyerang pada Januari 2015.

2 dari 3

Rendah Hati

Pemain yang sekarang berusia 24 tahun itu jika dikenal sebagai pribadi yang sederhana, hangat dan menarik. Ia juga rendah hati.

Minamino awalnya sempat mengalami homesick alias kangen dengan kampung halamannya setelah pindah ke Austria. Namun ia tidak pernah membiarkan hal tersebut memengaruhi penampilannya.

Ia juga kerap mentraktir penerjemahnya, Yuki. Minamino akan mengajak Yuki untuk jalan-jalan ke kota Munich [Jerman] sehingga mereka bisa mencicipi kuliner Jepang di sana.

Minamino juga sangat populer di ruang ganti dan staf di Salzburg. Hal tersebut tak lepas berkat performanya di atas lapangan dan kerendahan hatinya.

3 dari 3

Sempurna untuk Liverpool

Kini Takumi Minamino sudah resmi hijrah ke Liverpool. Ia direkrut The Reds dengan bandrol 7.5 juta pounds dari RB Salzburg.

Minamino dapat beroperasi sebagai playmaker, sebagai No 8 progresif, bisa bermain di kedua sisi sayap atau sebagai titik fokus serangan. Untuk menambah fleksibilitasnya, ia memiliki mesin yang luar biasa dan jarang mengalami cedera dalam karirnya.

Masa absen terlamanya adalah 10 pertandingan pada tahun 2017 lalu. Saat itu ia mengalami masalah pada ligamen intra-artikular.

Minamino adalah pemain yang cepat, terampil, tangguh dengan tingkat kerja tertinggi yang dapat mencakup semua posisi menyerang dan menentukan di sepertiga akhir. Ia juga mampu melakukan pressing tinggi dengan sangat baik dan agresif.

Semua kriteria itu sesuai dengan yang diinginkan oleh Jurgen Klopp. Takumi Minamino bisa dianggap sebagai rekrutan yang sempurna bagi Liverpool.

(the independent)