FOLLOW US:


Cabor di Asian Games Akan Dikurangi

15-03-2017 22:53
Cabor di Asian Games Akan Dikurangi
Jusuf Kalla © Fitri Apriani

Bola.net - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi mengatakan jumlah cabang olahraga (cabor) di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang harus dipangkas. Hal tersebut sesuai instruksi dari Ketua Panitia Pengarah Asian Games 2018, Jusuf Kalla.

Imam mengatakan, JK menginstruksikan hal itu agar jumlah cabornya nanti tidak melebihi jumlah pertandingan di Asian Games 2014 Incheon lalu. Instruksi tersebut diberikannya secara langsung di kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (15/3).

"Pak Wapres selaku pengarah meminta kepada INASGOC dan Kemenpora untuk betul-betul melaksanakan prinsip efisiensi, baik dalam penyelenggaraan maupun persiapan prestasi," tutur Imam.

"Pak Wapres ingin agar tidak melampaui Asian Games di Incheon, maksimal 37 cabang olahraga. Itu harus kami laksanakan, karena ketua panitia pengarah sudah mengharuskannya," sambungnya.

Indonesia sebelumnya telah berkoordinasi dengan Dewan Olimpiade Asia (OCA). Dari sana, ditentukan bahwa Asian Games 2018 mendatang akan mempertandingkan 42 cabang olahraga.

Oleh karena itulah, Menpora kini harus bisa menego ulang OCA. Sebab jumlah cabor itu terlalu banyak bagi Indonesia.

"Kami akan lakukan komunikasi kembali dengan OCA, bahwa Indonesia tidak siap untuk melaksanakan kegiatan pada 42 cabang olahraga. Cabang Olahraga apa saja yang akan kami usulkan kepada OCA," tuturnya.

Meski demikian, Imam belum bisa memastikan cabang olahraga apa saja yang akan coba dikurangi nanti. Hal itu nantinya akan dia rumuskan dengan banyak pihak. (fit/asa)