FOLLOW US:


Jelang Asian Games 2018, Menpora Kucurkan Bonus Rp200 Juta untuk Atlet Paralayang

28-07-2018 07:12
Jelang Asian Games 2018, Menpora Kucurkan Bonus Rp200 Juta untuk Atlet Paralayang
© Fitri Apriani

Bola.net - Menteri pemuda dan olahraga (Menpora), Imam Nahrawi memberikan penghargaan kepada 14 atlet cabor paralayang atas prestasi yang diraih selama ini. Total, Rp200 juta diberikan kepada FASI (Federasi Aero Sport) sebagai uang pembinaan.

Penyerahan bonus dilakukan di kediamannya di Rumah Dinas Menpora, Jalan Widya Chandra, Jakarta, Jumat (27/7/2018) malam. Dalam kesempatan tersebut, masing-masing atlet dan pelatih juga diberikan sebuah piagam.

Imam mengatakan, penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk terima kasih kepada atlet paralayang yang telah mengharumkan nama Indonesia. Saat ini, paralayang Indonesia menempati peringkat pertama ranking dunia versi World Air Sports Federation (FAI) dalam kategori ketepatan mendarat per 1 Juli 2018.

"Seperti diketahui beberapa nama atlet Paralayang telah menjadi juara dunia. Kami ingin memberikan mereka motivasi untuk bisa berprestasi lagi, terutama di ajang Asian Games, di mana kami menjadi tuan rumah," ujar Imam.

Sementara itu, atlet paralayang, dr Elisa Manueke mengaku senang atas perhatian yang telah diberikan pemerintah. Dia menjadi juara dunia di kategori perorangan putra di kelas akurasi pada 2017 lalu.

"Tidak menyangka ya, kaget, karena sebelumnya beliau melihat kami terbang dan menanyakan keluhan-keluhan kami, dan kekurangan-kekurangan apa saja langsung ditindaklanjuti. Kemarin ada pemeriksaan kesehatan yang belum tuntas, dan hari ini langsung tuntas," kata Elisa Manueke.

"Hasil MRI yang belum dibaca, akhirnya selesai hari ini. Jadi luar biasa Bapak Menpora, lain dari yang dulu-dulu kurang memperhatikan. Kebetulan tahun lalu luar biasa bagi kami juara dunia di semua nomor, putra putri beregu. Itu hal yang luar biasa meski tidak sepopuler cabang lain. Bagi kami uang tidak (nomor satu), yang penting penghargaan dari negara sebagai bentuk pengakuan," lanjutnya.

Elisa Manueke menambahkan, perhatian tersebut membuat dia dan rekan-rekannya semakin termotivasi untuk menyumbangkan medali emas di Asian Games yang akan digelar pada 18 Agustus - 2 September mendatang di Jakarta - Palembang. Sebelumnya, pemerintah menargetkan satu medali emas.

"Saya sebagai atlet akan berusaha untuk sebanyak-banyaknya. Kami akan semaksimal mungkin lebih dari satu (medali emas)," imbuhnya.

Sebelumnya, Imam meninjau pelatnas cabor paralayang di Gunung Mas, Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/7). Kedatangan menteri asal Bangkalan, Jawa Timur ini untuk memastikan proses latihan dan persiapan para atlet menjelang Asian Games.