FOLLOW US:


Kemenpora Minta Semua Cabor Setor LPJ

19-12-2019 00:22

 | Ari Prayoga

Kemenpora Minta Semua Cabor Setor LPJ
© Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah menggelar evaluasi terkait pengelolaan dana pemusatan latihan nasional (pelatnas) seluruh cabang olahraga (cabor) sepanjang 2019 di Hotel Sahid Jaya, Solo, Jawa Tengah, Rabu (18/12) malam WIB. Evaluasi dilakukan dengan mengumpulkan bendahara dan administrasi semua cabor yang telah menerima anggaran.

"Hasil evaluasi pengelolaan dana ini merupakan bentuk dukungan pemerintah terhadap cabor melalui pelatnas," ujar Yayan Rubaeni, selaku Kepala Bidang Olahraga Prestasi Internasional.

Seluruh cabor penerima anggaran diharapkan Yeyen bisa segera menyampaikan Laporan Penanggungjawaban (LPJ) lengkap sebelum akhir tahun. Sebab selama LPJ belum 100 persen diberikan kepada BPK (Badan Pemeriksa Keuangan), maka anggaran musim depan belum bisa cair.

Sejauh ini, kata Yeyen belum ada satu cabor pun yang telah menyampaikan LPJ lengkap kepada Kemenpora. Hal itu dikarenakan beberapa cabor terkendala dalam pengadaan barang (perlengkapan latihan) yang bernilai dari Rp400 juta, serta penghitungan pajak.

"Dari situ kita sudah tahu gambarannya seperti apa. Kami harapkan maksimal seluruh LPJ sudah disiapkan sebelum 31 Desember. Kami akan tanya satu persatu cabor dan kita siap bantu untuk melancarkan LPJ mereka," kata Yeyen.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1

Total Anggaran Pelatnas

Sepanjang 2019, anggaran yang tak sedikit telah dikeluarkan Kemenpora untuk pembinaan pelatnas 65 cabor melalui Komitmen Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON). Totalnya mencapai Rp386 miliar.

Rp266 miliar di antaranya untuk pelatnas SEA Games dan Olimpiade yang terdiri dari 49 cabor. Sedangkan sisanya untuk 16 cabor ASEAN Para Games dan Paralimpiade.

Sementara itu, ada tiga cabor yang tidak mengajukan pencairan tahap kedua yakni tenis, biliar dan PSAWI. Hal itu dikarenakan dana tahap pertama dianggap telah mencukupi biaya pelatnas.

(Bola.net/Fitri Apriani)