FOLLOW US:


Lolos ke Jakarta, 3 Startup Ini Sukses Cetak Gol di The NextDev 2018 Yogyakarta

05-10-2018 10:00
Lolos ke Jakarta, 3 Startup Ini Sukses Cetak Gol di The NextDev 2018 Yogyakarta
© © Zaki Mursidan Baldan

Bagi tim sepak bola, mencetak gol tentunya menjadi sesuatu yang ingin digapai dalam sebuah pertandingan. Namun, ternyata mengukir prestasi dengan sebuah gol tak hanya bisa dilakukan di atas lapangan hijau. Hal ini dibuktikan oleh deretan founder startup yang menjadi peserta Talent Scouting The NextDev 2018 di Yogyakarta.

Dari 20 peserta yang turut serta dalam Talent Scouting tersebut, setidaknya ada tiga startup yang sukses mencetak gol di Jogja dengan melaju ke babak final di Jakarta Oktober nanti. Sangat luar biasa karena ketiganya berhasil mencuri perhatian dewan juri yang terdiri dari nama-nama tenar di ranah digital tanah air. Misalnya saja, Valencia Dea (ANGIN Principal), Yoris Sebastian (Founder OMG Consulting), Dennis Adhiswara (CEO Layaria Network), Alamanda Shantika (Founder Binar Academy), dan M.Alfatih Timur (CEO Kitabisa.com).

Berikut ketiga startup yang sukses cetak gol di The NextDev 2018 Talent Scouting Yogyakarta.

Wozmi

 (c) (c) Zaki Mursidan Baldan
(c) (c) Zaki Mursidan Baldan

Wozmi menjadi salah satu wakil Jogja di final The NextDev 2018. Dimotori oleh Regina, Awalnya ia tak terlalu percaya diri saat diharuskan melakukan presentasi dalam Bahasa Inggris. Namun berkat kegigihan dalam meyakinkan dewan juri jika konsep Wozmi benar-benar mampu menghadirkan social impact, akhirnya di akhir presentasi Regina sukses mengundang riuh tepuk tangan dari penonton yang hadir. Yup, konsep sederhana dari startup ini sukses menyita perhatian para juri.

Neurabot

 (c) (c) Zaki Mursidan Baldan
(c) (c) Zaki Mursidan Baldan

Startup Healthcare – AI ini berupaya memberikan bantuan dan solusi untuk Identifikasi dan klasifikasi objek sel bagi para dokter, paramedis, dan akademisi. Dalam pengoperasiannya, startup yang dibidani oleh pemuda bernama Indarto ini membangun Algoritma Analisis Citra yang mampu mengekstrasi informasi dari media gambar, video, dan Mikroskop Digital. Dengan gaya presentasi yang amat tenang, Neurabot berhasil menjadi salah satu startup dari Talent Scouting Jogja yang akan melanjutkan perjuangan di Jakarta.

KODI

 (c) AFP
(c) AFP

KODI atau Koperasi Digital mengusung konsep untuk membuat koperasi makin mudah dijangkau lewat teknologi digital. Mengetahui hal tersebut, tak mengherankan apabila sejak awal presentasi, startup ini memang sukses mencuri perhatian. Ketertarikan dewan juri memang cukup tinggi terhadap konsep koperasi yang mampu mencerminkan sistem ekonomi Indonesia yang sebenarnya, yaitu Gotong-Royong. Diwakili oleh CIO Imam Teguh Prakoso, startup yang mengusung tagline #1000KoperasiDigital ini mendapat banyak sekali insight dari dewan juri sebagai modal melaju ke babak final di ibukota bulan depan.

Luar biasa bukan pencapaian ketiga startup di atas? Menarik ditunggu, kira-kira sejauh apa gol yang akan mereka cetak di final The NextDev 2018 Jakarta nanti?