FOLLOW US:


Terpaksa Digelar Secara Virtual, Panitia Peresmian Venue PON Papua Minta Maaf

19-10-2020 23:53

 | Ari Prayoga

Terpaksa Digelar Secara Virtual, Panitia Peresmian Venue PON Papua Minta Maaf
Stadion Papua Bangkit © Instagram/stadionpapuabangkit

Bola.net - Peresmian venue Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua dan kegiatan lainnya terpaksa digelar secara virtual. Panitia Besar PON Papua pun meminta maaf kepada seluruh insan pencinta olahraga Indonesia.

Keputusan ini diambil setelah tak adanya izin dari Polda Papua. Artinya, seluruh kegiatan yang meliputi perersmian venue PON Papua tidak bisa dihadiri oleh khalayak ramai.

"Kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Papua yang tidak bisa menghadiri langsung acara serangkaian peresmian dalam rangka PON XX tersebut," ujar Ketua Harian PB PON Papua di Jayapura, Yunus Wonda.

"Sehingga ke depan, yang menghadiri acara peresmian hanyalah Gubernur Papua bersama jajaran dan panitia," imbuhnya.

Rangkaian kegiatan tersebut meliputi peresmian sembilan venue PON, eluncuran data Orang Asli Papua (OAP), dan peluncuran penghitungan mundur pelaksanaan PON yakni 362 hari.

Perubahan nama Bandara Sentani menjadi Bandara Theys Hiyo Eluay juga terpakasa tidak diadakan upacara khusus. Padahal, bandara tersebut sangat vital buat lalu lintas dari dan ke Papua.

Selain itu, seharusnya akan ada seremonial pergantian nama Stadion Papua Bangkit menjadi Stadion Lukas Enembe. Nama akan tetapi diganti, namun tidak ada upacara dan sebagainya seperti yang telah direncanakan PB PON Papua.

1 dari 1

Masih Bisa Menyaksikan Secara Virtual

Yunus Wonda menambahkan, masyarakat tetap bisa menyaksikan peresmian venue PON Papua 2021 secara virtual. Ia berharap langkah ini bisa mencegah terbentuknya klaster penyebaran COVID-19.

"Kami tidak ingin ada kerumunan sehingga dengan mengedepankan protokol kesehatan diharapkan tidak ada klaster-klaster baru," katanya lagi.

Peresmian venue PON Papua rencananya akan digelar pada Jumat 23 Oktober 2020 di Stadion Utama Kampung Harapan atau Stadion Papua Bangkit, Kabupaten Jayapura.

Sumber: Antaranews

Disadur dari: Bola.com (Gregah Nurikhsani)

Dipublikasi: 19 Oktober 2020