Tutup Gelaran Eksibisi Esport PON Papua 2021, Ketua MPR Sampaikan Beberapa Pesan

Asad Arifin | 27 September 2021 12:41
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo. (c) Kemenpora

Bola.net - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Bambang Soesatyo menutup ajang eksibisi Esport PON Papua 2021. Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Bamsoet ini menyampaikan beberapa pesan penting.

Bamsoet yang juga merupakan Dewan Pembina Pengurus Besar Esport Indonesia (PBESI) ini menilai bahwa esport punya potensi untuk berkembang di Tanah Air. Oleh karena itu, ia mengapresiasi kinerja pengurus PBESI yang dipimpin oleh Ketua Umum (Ketum) Budi Gunawan.

Menurut Bamsoet, visi misi yang dicanangkan PBESI di bawah kepemimpinan Budi Gunawan sangat tepat dan bisa membawa Indonesia menjadi yang terbaik di Asia dalam bidang Esport. Ja juga mengapresiasi kerja keras PBESI yang berhasil membuat sejarah dengan mempertandingan Esport di PON.

"Ini bukan olahraga kaleng-kaleng. Ini olahraga yang bisa memberikan kontribusi besar bagi perekonomian nasional," ujar Bamsoet, dalam rilis yang diterima Bola.net, Senin (27/9).

1 dari 2 halaman

Atlet Esport akan Bawa Nama Besar Indonesia di Kancah Internasional

Bamsoet juga menyampaikan salam dan pesan dari Ketum PBESI kepada para atlet yang bertanding di eksibisi PON Papua 2021. Ia mengatakan bahwa mereka yang tampil di ajang tersebut merupakan tunas-tunas bangsa yang akan membawa nama besar Indonesia di kancah internasional.

"Mereka ini akan memberikan kontribusi pada Indonesia di masa yang akan datang," kata Bamsoet.

Politisi Partai Golkar ini pun kemudian menyoroti dari sisi ekonomi terkait perkembangan Esport. Menurutnya, cabang olahraga (cabor) ini akan menjadi bagian fundamental pengembangan industri digital nasional yang berpotensi menyumbang pendapatan negara sekira Rp25 triliun per tahun.

2 dari 2 halaman

Eksibisi Esport di PON Papua 2021 Diapresiasi KONI

Keberhasilan PBESI dalam memperjuangkan Esport sebagai cabor eksibisi di PON Papua 2021 mendapat apresiasi dari Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman. Menurutnya, sejak PBESI disahkan sebagai anggota KONI, kemajuan bidang Esport di Tanah Air terasa sangat pesat.

"Saya rasa apa yang mereka tampilkan pada eksibisi ini adalah satu wujud kerja keras dan betapa mereka yang ada dalam organisasi PBESI Esport dan para atlet-atletnya memang punya tekad selalu jadi yang terbaik," imbuh Marciano Norman.

Adapun, eksibisi Esport PON Papua 2021 ini berlangsung pada 21-26 September 2021 di Lapangan Hoki Indoor, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura. Ada empat kategori yang dipertandingan yaitu game PUBG Mobile, Free Fire, Mobile Legends: Bang Bang, dan Pro Evolution Soccer (PES) 2021 atau eFootball 2021.

(Bola.net/Fitri Apriani)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR