FOLLOW US:

Aksi Diving Danny Welbeck yang Terkutuk

Jumat, 16-03-2018 12:00
Aksi Diving Danny Welbeck yang Terkutuk
Danny Welbeck © ARS

Bola.net - Danny Welbeck menjadi aktor utama dalam mengantarkan Arsenal lolos ke babak delapan besar Liga Europa. Penyerang 27 tahun tersebut mencetak dua gol untuk mengalahkan AC Milan di Emirates Stadium pada hari Jumat (16/3) dalam kemenangan 3-1.

Arsenal sejatinya sempat tertinggal lebih dulu dalam laga leg kedua babak 16 besar tersebut berkat gol Hakan Calhanoglu pada menit 35. Welbeck kemudian membalasnya empat menit kemudian lewat tendangan penalti.

Pemberian penalti pada Arsenal menjadi hal yang kontroversial dan dipertanyakan. Pasalnya dalam siaran ulang, tampak Ricardo Rodriguez tak melakukan kontak keras pada mantan pemain Manchester United tersebut di dalam kotak penalti. Namun ternyata sentuhan tersebut membuat Welbeck terguling.

Setelah menuai protes dari para pemain Milan, wasit tetap memberikan hadiah penalti pada Arsenal. Dan kesempatan itu mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Welbeck untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Satu gol tersebut membuat langkah Milan untuk bangkit dan membalas kekalahan 0-2 dari leg pertama semakin sulit. Kemudian di sisa pertandingan, meskipun tampil menyerang dan memiliki sejumlah peluang, Rossoneri akhirnya pulang dengan kekalahan agregat 5-1.

Hasil itu mungkin berbeda jika Arsenal tak mendapat hadiah penalti di menit 38 itu. Itulah kenapa aksi diving Welbeck tersebut menjadi kontroversial dan perdebatan selama dan setelah pertandingan.

Menurut pandangan legenda sepakbola Inggris, Alan Shearer, Welbeck jelas melakukan diving. Hanya saja Jonas Eriksson yang memimpin pertandingan tersebut tak melihatnya.

"Untuk semua yang bertanya, ya itu jelas diving dari Welbeck. Wasitnya telah tertipu," tulis Shearer di laman Twitter.

Senada dengan Gary Lineker, ia juga menyebut 'Fellbeck' melakukan aksi tipu daya pada wasit.

"Danny Fellbeck. Jelas diving," tulisnya.

Aksi diving memang bukan hal baru dalam sepakbola. Aksi itu bisa dikatakan sebagai tindakan yang tidak sportif dalam sepakbola. Namun dari sudut pandang lainnya, aksi diving juga disebut sebagai keahlian khusus para penyerang mencari keuntungan dalam bermain.

Oleh sebab itu, pelatih AC Milan Gennaro Gattuso, tak mau ikut mengutuk aksi diving yang dilakukan Welbeck yang merugikan kubunya. Gattuso hanya melihat apa yang dilakukan Welbeck adalah tugas seorang penyerang. Dan ia tak mau memberi penilaian buruk terhadap sepakbola Inggris hanya berdasarkan aksi Welbeck tersebut.

"Dia [Welbeck] adalah penyerang. Dia harus melakukan apa yang harus dia lakukan. Tapi kami tidak dapat menggunakan kejadian tersebut untuk menilai sepakbola Inggris secara keseluruhan," ucap Gattuso usai pertandingan.