FOLLOW US:

Dari Umpan PHP Hingga Jebret, Inilah Istilah-Istilah Ajaib Valentino Simanjuntak

Rabu, 08-03-2017 10:22
Dari Umpan PHP Hingga Jebret, Inilah Istilah-Istilah Ajaib Valentino Simanjuntak
© AFP

Bola.net - Sebuah pertandingan sepakbola tidak bisa dilepaskan dari sosok seorang komentator. Para komentator ini bertugas untuk memberikan 'Nyawa' bagi dan tanpa kehadiran mereka menonton pertandingan sepakbola seperti makan sayur tanpa garam.

Dunia sepakbola mengenal sejumlah komentator-komentator kenamaan. Di Inggris ada nama John Champions atau Jim Beglin yang dikenal sebagai komentator kenamaan Premier League, Di Italia ada Fabio Caressa yang dikenal sebagai komentator handal Serie A. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa komentator-komentator unik seperti Bung Yopi 'Jeger' atau Hadi Gunawan yang dikenal sebagai Bung 'Ahay'. Namun belakangan ini ada satu nama komentator yang tengah naik daun, yaitu Valentino Simanjuntak.

Pria berusia 34 tahun ini mulai dikenal publik setelah menjadi komentator Piala AFF U-19 tiga tahun yang lalu. Berkat komentar-komentar uniknya, namanya langsung melekat di benak para pecinta sepakbola Indonesia.Valentino sendiri memiliki sejumlah kata-kata 'trademark' yang membuatnya gampang diingat oleh publik. Apa saja kata-kata 'trademark' nan ajaib milik Valentino? Berikut Bolanet rangkumkan untuk Bolaneters sekalian

1. Umpan PHP

Luka ModricKata PHP merupakan salah satu kata yang tengah digandrungi oleh kawula muda saat ini. PHP yang merupakan singkatan dari Pemberi Harapan Palsu ini disematkan kepada seseorang yang memberikan terus memberikan harapan namun harapan itu hanya bohong belaka alias palsu. Dalam kacamata Valentino, kata PHP ia gabungkan dengan kata umpan, yang memiliki artian umpan yang gagal menemui sasaran.

2. Tendangan LDR

Eden HazardLDR atau Long Distance Relationship merupakan sebuah kata yang menggambarkan hubungan jarak jauh yang dilalui oleh sepasang kekasih. Kemudian oleh Valentino, kata LDR ini digunakan untuk menggambarkan tendangan jarak jauh di atas lapangan.

Untuk kata satu ini, follower setia Bola.net sendiri tentunya tak asing lagi, karena kalimat yang sama sudah dipopulerkan di twitter Bola.net untuk live komentator pertandingan sejak tahun 2014.

3. Gelandang Antar Kota Antar Provinsi

Paul Pogba vs CoquelinMendengar kata Antar Kota Antar Provinsi, tentu dalam benak Bolaneters sekalian langsung muncul bayangan sebuah bis yang mengantarkan penumpang antar Provinsi. Namun dalam Kamus Valentino, ia menyematkan kata Antar Kota Antar Provinsi ini digunakan untuk menggambarkan Gelandang box-to-box yang aktif membantu serangan dan juga pertahanan timnya.

4. Prahara Rumah Tangga

Villarreal vs BarcelonaSatu lagi kata ajaib yang dicetuskan oleh Valentino adalah Prahara Rumah Tangga. Valentino menggunakan kalimat ini ketika ada seorang pemain yang terlihat memporak-porandakan lini pertahanan lawan. Untuk Di mata Valentino, kondisi ini seperti layaknya situasi suami-istri yang tengah bertengkar sehingga ia menyebut kondisi ini sebagai sebuah prahara rumah tangga.

5. Jebreeet!

Manchester United vs Saint EtienneKata 'Jebreet' ini merupakan kata yang sangat identik dengan sosok Valentino. Dengan intonasi yang khas, Valentino selalu mengucapkan kata Jebreet ketika sebuah tim mencetak gol. Saking populernya kata Jebret ini, Valentino bahkan mendapat julukan sebagai Bung Jebret oleh para pecinta sepakbola Indonesia.