Parade 10 Gol Terbaik Matchday 1 Piala Dunia 2022: Siapa Bisa Kalahkan Gol Richarlison?

Anindhya Danartikanya | 25 November 2022 11:05
Parade 10 Gol Terbaik Matchday 1 Piala Dunia 2022: Siapa Bisa Kalahkan Gol Richarlison?
Momen Richarlison mencetak gol indah di laga Brasil vs Serbia pada laga pertama Piala Dunia 2022 Qatar. (c) AP Photo/Thanassis Stavrakis

Bola.net - Piala Dunia 2022 Qatar telah menyelesaikan matchday pertama. Pertarungan Brasil vs Serbia pada Jumat (25/11/2022) menjadi duel terakhir pada matchday 1 Piala Dunia 2022.

Selama gelaran matchday 1 ada total 39 gol yang tercipta dari 16 pertandingan yang digelar. Dimulai dari gol Enner Valencia yang membawa Ekuador menang atas tuan rumah Qatar, hingga gol Richarlison dalam kemenangan Brasil atas Serbia.

Banyak sekali gol-gol indah yang tercipta pada gelaran matchday pertama Piala Dunia 2022 Qatar ini. Dikatakan indah itu bisa dilihat dari proses kerjasama sampai terciptanya gol, bisa melihat dari assist-nya, atau bisa juga melihat dari bagaimana eksekusinya.

Berikut 10 gol terbaik Piala Dunia 2022 Qatar matchday 1 menurut versi Bola.net selengkapnya (penomoran tidak mencerminkan urutan terbaik).

1 dari 10 halaman

1. Enner Valencia vs Qatar

Enner Valencia menjadi bintang kemenangan Ekuador di laga pembuka Piala Dunia 2022. Melawan Qatar, mantan pemain West Ham tersebut mencetak dua gol dalam kemenangan 2-0 atas tuan rumah.

Gol pertama dicetak lewat titik penalti. Sementara gol kedua tercipta dengan cantik lewat sebuah penempatan bola ke sisi kiri kiper Qatar. Menerima umpan dari Angelo Preciado, Enner Valencia menyundul bola dengan pertunjukan power dan akurasi brilian yang tak mampu dibendung kiper Saad Al-Sheeb.

2 dari 10 halaman

2. Bukayo Saka

Bukayo Saka bersinar dalam kemenangan telak 6-2 Inggris atas Iran. Bintang Arsenal tersebut mencetak dua dari enam gol kemenangan The Three Lions.

Luar biasanya, dua gol Saka tersebut tercipta dengan indah. Yang pertama, tembakan voli dari dalam kotak penalti menerima umpan sundulan dari Harry Maguire tanpa ampun ia hujamkan ke gawang Iran. Skemanya pun tersusun rapi. Lewat umpan pojok Luke Shaw, diterima dengan tepat oleh Maguire untuk dikirimkan ke Saka yang tak terkawal di dalam kotak penalti. Boooom, tendangan kaki kiri yang keras membobol gawang Iran.

Tak kalah cantik gol kedua Saka. Lewat serangan cepat yang diinisiasi Raheem Sterling, Saka yang merangsek dari sisi kiri pertahanan Iran mampu melaju ke dalam kotak penalti. Dengan dua gerakan tipuan, ia mampu mengecoh dua bek Iran sebelum melepas tendangan mendatar yang membawa Inggris unggul 4-0.

3 dari 10 halaman

3. Mehdi Taremi vs Inggris

Iran boleh saja kalah telak dari Inggris. Namun bagi Mehdi Taremi, dua gol yang ia cetak tentu memiliki makna besar di panggung sebesar Piala Dunia 2022.

Tak hanya itu, pada laga tersebut proses gol dari Mehdi Taremi juga tercipta dengan kerjasama yang baik. Diawali pergerakan Sadegh Moharrami yang mengirim umpan ke Ali Gholizadeh yang kemudian dengan cerdik mengirimkan through pass ke Taremi. Tanpa kontrol, penyerang Porto tersebut membobol gawang Jordan Pickford dengan tembakan keras.

4 dari 10 halaman

4. Cody Gakpo vs Senegal

Belanda memulai Piala Dunia 2022 dengan kemenangan atas Senegal. Setelah bermain imbang tanpa gol di babak pertama, Cody Gakpo memecah kebuntuan timnas Belanda.

Tak hanya pemecah kebuntuan, namun proses golnya juga terbilang cantik dengan pertunjukan visi hebat seorang Frenkie De Jong, dan kecepatan serta ketepatan timing dari Gakpo. Diawali dari De Jong yang mengirimkan umpan lambung di area kosong antara kiper Senegal dan garis pertahanan Senegal, Gakpo dengan kecepatannya mampu mendahului kiper Edouard Mendy untuk menyundul masuk bola.

5 dari 10 halaman

5. Salem Al Dawsari vs Argentina

Tentu saja tak banyak yang memprediksi bahwa Argentina akan bertekuk lutut di hadapan Arab Saudi pada laga pertama Grup C Piala Dunia 2022, Selasa (22/11/2022). Sempat unggul lebih dahulu lewat penalti Lionel Messi, Arab Saudi membalikkan skor dengan dua gol balasan.

Satu gol yang patut mendapatkan apresiasi tentu saja gol penentu kemenangan Arab Saudi yang dicetak Salem Al Dawsari. Merangsek dari sisi kanan pertahanan Argentina, penyerang sayap Al-Hilal tersebut meliuk-liuk di dalam kotak penalti dan melewati adangan tiga pemain Albiceleste sebelum melepaskan tendangan akurat ke tiang jauh sebelah kiri kiper Emiliano Martinez. Sangat cantik.

6 dari 10 halaman

6. Craig Goodwin vs Prancis

Australia tak diunggulkan melawan Prancis pada laga pertama Grup D Piala Dunia, Rabu (23/11/22022) di Al Janoub Stadium. Namun Craig Goodwin menunjukkan bahwa sang juara bertahan bukanlah pemilik pertahanan yang sempurna.

Lewat sebuah skema umpan-umpan jauh, kelemahan Prancis terekspos. Diawali dari umpan jauh bek tengah Australia kepada Matthew Leckie di sisi kiri luar pertahanan Prancis, sang pemain mampu merangsek mendekati kotak penalti sebelum melepaskan umpan jauh mendatar ke sisi kanan. Goodwin yang sudah menunggu dan tanpa kawalan, mampu melepaskan tembakan keras yang tak mampu dibendung kiper Hugo Lloris.

7 dari 10 halaman

7. Takuma Asano vs Jerman

Tak hanya bernilai tiga poin dan menjadi kemenangan bersejarah Jepang atas Jerman di Piala Dunia 2022. Gol yang dicetak Takuma Asano tujuh menit jelang waktu normal berakhir ini juga tercipta dengan cantik.

Kecerdikan Ko Itakura melihat area kosong di garis pertahanan Jerman, sang bek melepas umpan bola mati cepat ke area yang sudah ditunggu Asano. Lewat kecepatan dan kegigihannya, mantan pemain Arsenal tersebut mampu melewati adangan bek Nico Schlotterbeck sebelum melepas tendangan akurat yang tak bisa dibendung Manuel Neuer.

8 dari 10 halaman

8. Gavi vs Kosta Rika

Gavi panen rekor pada pertandingan Spanyol melawan Kosta Rika, Rabu (23/11/2022) malam WIB. Satu gol yang ia cetak ke gawang Keylor Navas menjadikannya pemain termuda kedua yang mencetak gol di Piala Dunia setelah Pele (17 tahun 249 hari) melakukannya di Piala Dunia 1958.

Selain itu, pemain muda Barcelona tersebut juga tercatat sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah timnas Spanyol di Piala Dunia. Yakni pada usia 18 tahun 110 hari.

Pada laga di mana Spanyol menang telak 7-0 tersebut, Gavi mencetak gol lewat sebuah tembakan voli mendatar yang indah. Menerima umpan lambung dari Alvaro Morata di sisi kanan pertahanan Kosta Rika, Gavi menghajar bola dengan tembakan voli yang mengecoh Navas setelah sebelumnya sempat menyentuh tiang gawang.

9 dari 10 halaman

9. Michy Batshuayi vs Kanada

Gol indah selanjutnya ada gol dari Michy Batshuayi. Gol ini memastikan Belgia menang dengan skor 1-0 atas Kanada. Kini, Belgia berada di puncak klasemen Grup F dengan raihan tiga poin.

Batshuayi mencetak gol usai menerima umpan jauh dari Toby Alderweireld. Setelah menang lari dengan pemain lawan, Batshuayi tanpa mengontrol bola melepas tendangan keras yang bersarang di gawang Kanada.

10 dari 10 halaman

10. Richarlison vs Serbia

Richarlison tampil luar biasa ketika Brasil mengalahkan Serbia dengan skor 2-0. Pemain Tottenham tersebut memborong gol kemenangan Brasil. Gol kedua Richarlison tercipta lewat proses yang istimewa.

Vinicius melepas umpan dengan kaki luar. Bola dikontrol Richarlison dan situasi itu membuatnya mengeksekusi bola dengan tendangan akrobatik. Salah satu kandidat gol terbaik di Piala Dunia 2022.

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR