FOLLOW US:


3 Kegiatan Positif Marc Marquez Selama Absen dari MotoGP

15-09-2020 16:13

 | Anindhya Danartikanya

3 Kegiatan Positif Marc Marquez Selama Absen dari MotoGP
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez © HRC

Bola.net - Saking acaknya peta persaingan MotoGP musim ini, banyak orang seolah lupa bahwa Marc Marquez sedang absen akibat cedera patah tulang humerus kanan. Namun, tentu para penggemar rider Repsol Honda ini sudah tak sabar menanti-nanti kembalinya sang juara dunia bertahan.

Marquez mendapatkan cedera tersebut usai mengalami kecelakaan hebat di Tikungan 3 dalam balapan MotoGP Spanyol di Jerez pada Minggu (19/7/2020) lalu. Selain terjatuh keras, lengan atas kanan Marquez tertabrak ban depan motor RC213V miliknya hingga benar-benar patah.

Dua hari setelah insiden itu, Marquez ditransfer ke Rumah Sakit Universitari Dexeus di Barcelona untuk menjalani operasi dengan dr. Xavier Mir, demi menanamkan satu plat titanium dan 12 sekrup. Dua hari setelah operasi pula, Marquez memutuskan kembali ke Jerez untuk mencoba turun di MotoGP Andalusia.

1 dari 5

Terancam Absen Semusim Penuh

Terancam Absen Semusim Penuh
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez © MotoGP.com

Rider berusia 27 tahun ini memutuskan untuk melewatkan sesi FP1 dan FP2. Namun, usai menjalani sesi FP3 keesokan harinya, lengannya makin memar dan bengkak, hingga ia akhirnya memutuskan mundur dari pekan balap. Ia pun memutuskan rehat dua pekan sebelum berusaha kembali di MotoGP Ceko.

Sayang, tiga hari sebelum berangkat ke Brno, Marquez kembali cedera. Plat titaniumnya patah usai ia coba membuka jendela rumah. Alhasil, ia kembali dilarikan ke Barcelona untuk operasi. Honda menyatakan Marquez harus absen sampai Oktober atau November, hingga terancam vakum semusim.

Marquez mengaku sulit menerima kenyataan ini, namun kini sudah bisa legawa dan menyadari bahwa kebugaran fisiknya jauh lebih penting, serta bertekad kembali dengan fisik dan mental yang kuat pada 2021. Selama di rumah, ia pun coba melakukan kegiatan-kegiatan positif. Apa saja sih? Berikut ulasannya.

2 dari 5

Nonton MotoGP dari Rumah

Meski harus menepi dari lintasan, bukan berarti Marquez melewatkan momen-momen yang terjadi musim ini. Ia pun rajin menonton banyak balapan, termasuk MotoGP dan WorldSBK. Bagi pembalap, menonton balapan bukan hanya untuk melihat keseruan, melainkan juga bisa dipakai untuk mempelajari gerak-gerik, gaya balap, dan strategi lawan.

View this post on Instagram

A post shared by Marc Márquez (@marcmarquez93) on

3 dari 5

Urus Kedua Anjing Alex Marquez

Selama absen, Marquez pun jadi jarang bertemu sang adik, Alex Marquez, yang musim ini menjalani musim debut di MotoGP menjadi tandemnya. Alex sendiri jadi lama jauh dari rumah, dan Marquez pun diminta untuk mengurus kedua anjingnya, Stitch dan Shira.

View this post on Instagram

A post shared by Marc Márquez (@marcmarquez93) on

4 dari 5

Latihan Fisik

Baru-baru ini, Marquez akhirnya mengaku bahwa ia telah memulai latihan fisik untuk pertama kalinya sejak operasinya yang kedua enam pekan lalu. Pada Selasa (15/9/2020), Marquez mengaku latihan lari dan hasilnya pun mencengangkan: sukses menempuh 7,53 km selama 31 menit.

Sumber: Instagram/MarcMarquez93

5 dari 5

Video: Momen Franco Morbidelli Raih Kemenangan Perdana di MotoGP San Marino