FOLLOW US:


4 Kandidat Pengganti Jorge Lorenzo di Repsol Honda 2020

15-11-2019 08:56

 | Anindhya Danartikanya

4 Kandidat Pengganti Jorge Lorenzo di Repsol Honda 2020
Pebalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo © HRC

Bola.net - Usai Jorge Lorenzo mengumumkan keputusannya untuk pensiun dari MotoGP akhir musim ini, pertanyaan besar selanjutnya adalah siapa yang akan jadi pengganti lima kali juara dunia tersebut di Repsol Honda musim depan?

Lorenzo sejatinya masih punya kontrak setahun lagi dengan tim tersebut, namun memutuskan berhenti usai dirinya dirundung cedera punggung berkepanjangan dan merasa sudah tak bisa lagi memperebutkan hasil-hasil spektakuler.

Hanya beberapa jam setelah Lorenzo merilis pengumumannya pensiun, berbagai kabar pun menyeruak soal penggantinya. Terdapat empat nama yang mencuat ke permukaan. Siapa saja sih mereka? Simak yang berikut ini ya, Bolaneters.

1 dari 4

Cal Crutchlow

Cal Crutchlow
Pebalap LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow © AP Photo

Cal Crutchlow merupakan pilihan yang cukup logis untuk menggantikan Lorenzo. Rider Inggris ini sudah sarat pengalaman di MotoGP dan telah bergabung dengan Honda di bawah bendera LCR sejak 2015.

Sejak itu pula Crutchlow menjadi 'double agent' bagi Honda Racing Corporation: selain jadi pebalap, ia juga menjadi test rider, punya andil yang sama besarnya dengan Marc Marquez dalam mengembangkan motor RC213V.

2 dari 4

Johann Zarco

Johann Zarco
Pebalap LCR Honda Idemitsu, Johann Zarco © LCR Honda

Sebelum memutuskan menggaet Lorenzo, nama Johann Zarco sejatinya ada di puncak daftar kandidat Repsol Honda untuk 2019. Meski begitu kesepakatan batal diraih karena manajer rider Prancis tersebut, Laurent Fellon, dikabarkan justru merahasiakan ketertarikan Honda dari Zarco sendiri.

Meski begitu, nama Zarco kembali dikait-kaitkan dengan Repsol Honda setelah ia memilih mengakhiri kontraknya dengan KTM lebih awal, dan diminta untuk sementara menggantikan Takaaki Nakagami di LCR Honda selama tiga seri terakhir musim ini. Kabarnya, kesempatan ini juga merupakan 'latihan' bagi Zarco sebelum menggantikan Lorenzo tahun depan.

3 dari 4

Alex Marquez

Alex Marquez
Marc Marquez dan Alex Marquez © Marc VDS

Sebelum mengunci gelar dunia Moto2 2019 di Malaysia, nama Alex Marquez memang dikaitkan dengan Pramac Racing dan Petronas Yamaha SRT. Meski begitu kesepakatan batal diraih setelah Pramac memilih mempertahankan Jack Miller, dan Yamaha menutup pintu rapat-rapat bagi Marquez Bersaudara.

Alhasil, Marquez pun menandatangani kontrak baru dengan Marc VDS dan bertahan di Moto2 pada 2020. Meski begitu, pensiunnya Lorenzo kembali membuka jalan bagi Marquez. Apalagi rider berusia 23 tahun ini sudah diberi kesempatan menjajal motor sang kakak, Marc Marquez, dalam beberapa kesempatan uji coba.

4 dari 4

Stefan Bradl

Stefan Bradl jelas bukan orang asing bagi Honda. Usai menjuarai Moto2 2011, rider Jerman ini membela LCR Honda selama tiga musim, membela Honda di WorldSBK pada 2017, dan sejak 2018 menjadi test rider Honda di MotoGP dan ikut mengembangkan RC213V bersama Marquez, Lorenzo, dan Crutchlow.

Sebagai salah satu orang yang paham benar seluk beluk RC213V, apalagi ia selalu tampil baik setiap kali turun sebagai rider wildcard, bukannya tak mungkin rider berusia 30 tahun ini mendadak diminta untuk menggantikan Lorenzo selama satu musim.

Jadi siapa ya yang akan jadi tandem Marc Marquez musim depan? Adiknya sendiri, atau rider lain? Tunggu kabar selanjutnya ya!