FOLLOW US:


4 Rider MotoGP Jebolan Red Bull Rookies Cup, Ajang Junior yang Diikuti Mario Suryo Aji

06-05-2021 14:39

 | Anindhya Danartikanya

4 Rider MotoGP Jebolan Red Bull Rookies Cup, Ajang Junior yang Diikuti Mario Suryo Aji
Pembalap Red Bull Rookies Cup asal Indonesia, Mario Aji © RedBull.com

Bola.net - Meski menyelenggarakan kejuaraan-kejuaraan dunia bergengsi seperti MotoGP, Moto2, Moto3, dan MotoE, Dorna Sports diketahui sangat peduli pada program pengembangan pembalap muda. Sudah tak terhitung berapa ajang junior yang mereka gelar, dari Asia Talent Cup, British Talent Cup, sampai Northern Talent Cup.

Namun, sebelum menggelar ajang-ajang bertajuk 'talent cup', Dorna Sports sejatinya lebih dulu mengadakan ajang Red Bull Rookies Cup. Ajang ini pertama kali digelar pada 2007 lalu, dan sudah terbukti mampu mengorbitkan nama-nama besar yang kini bahkan berlaga di MotoGP sebagai kejuaraan balap motor terakbar di dunia.

Red Bull Rookies Cup juga menjadi jembatan pembalap Indonesia sebelum mentas di kejuaraan dunia yang lebih tinggi, yakni Mario Suryo Aji, atau yang lebih dikenal dengan nama Mario Aji. Rider binaan PT Astra Honda Motor itu bahkan sukses mencuri perhatian musim ini.

Dalam balapan kedua di Seri Jerez, Spanyol, pada Minggu (2/5/2021), Mario sukses finis kelima. Total empat balapan sudah dijalani Mario dan ia selalu bisa finis zona poin. Siapa saja sih para pembalap MotoGP yang merupakan jebolan dari Red Bull Rookies Cup? Berikut ulasannya seperti yang dilansir dari Bola.com.

1 dari 5

Johann Zarco

Johann Zarco
Pembalap Pramac Racing, Johann Zarco © Pramac Racing

Johann Zarco yang kini membela Pramac Racing, merupakan juara Red Bull Rookies Cup edisi perdana tahun 2007. Dalam perjalannya ke MotoGP, ia sempat menjadi juara dunia Moto2 dua kali musim 2015 dan 2016.

Sebuah pencapaian yang gagal diikuti pembalap manapun di kelas Moto2. Sampai sekarang, Zarco sudah merasakan sembilan podium di MotoGP dan musim ini merupakan salah satu pembalap andalan Ducati meski timnya berstatus tim satelit.

2 dari 5

Joan Mir

Joan Mir
Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir © Suzuki

Sebelum menggebrak ajang Grand Prix dengan gelar dunia Moto3 2017 dan MotoGP 2020, Joan Mir merupakan runner up Red Bull Rookies Cup pada 2014 lalu.

Pembalap asal Spanyol itu pun tercatat sebagai jebolan Red Bull Rookies Cup pertama yang merasakan titel juara dunia MotoGP. Musim ini adalah musim ketiga Mir di MotoGP dan ia tengah membela Suzuki Ecstar.

3 dari 5

Jorge Martin

Jorge Martin
Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin © Pramac Racing

Bersaing sengit Mir di Red Bull Rookies Cup, Jorge Martin adalah juara ajang tersebut pada 2014. Setahun sebelumnya, ia bahkan tampil gemilang dengan duduk di peringkat runner up.

Pada 2018, Martin pun sukses merebut gelar dunia Moto3 dan sudah jadi incaran banyak pabrikan di MotoGP. Martin pun akhirnya naik ke kelas tertinggi musim ini bersama Pramac Racing, bertandem dengan Zarco.

Rider berjuluk Martinator ini langsung mencuri perhatian saat meraih pole position Seri Doha sekaligus naik podium usai finis ketiga.

4 dari 5

Brad Binder

Brad Binder
Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder © KTM/Polarity Photo

Karier Brad Binder memang tak terlalu mentereng saat turun di Red Bull Rookies Cup. Ia hanya duduk di peringkat kelima pada 2010. Namun, ia ia menunjukkan punya bakat fantastis ketika menjuarai Moto3 2016.

Usai jadi runner up Moto2 2019, ia pun naik ke MotoGP bersama Red Bull KTM Factory Racing, dan rider asal Afrika Selatan ini langsung menggebrak dengan merebut kemenangan di Seri Ceko, yang merupakan balapan ketiganya di kelas tertinggi.

Sumber: Bolacom (Hendry Wibowo) | Dipublikasi: 6 Mei 2021

5 dari 5

Video: Dimas Ekky Ingin Mandalika Racing Team Jadi Batu Loncatan Rider Indonesia