Alberto Puig: Marc Marquez Selalu Selangkah di Depan Pembalap Lain

Anindhya Danartikanya | 13 April 2022 10:05
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, mengaku sangat kagum pada performa mentereng Marc Marquez di MotoGP Austin, Minggu (10/4/2022), meski ridernya itu gagal meraih kemenangan. Dalam kolom Track Report di situs resmi Honda Racing, Puig melemparkan pujian bertubi-tubi pada Marquez.

Dalam balapan di Circuit of The Americas (COTA) itu, Marquez sejatinya start kesembilan. Namun, selepas start, ia mengalami kendala teknis yang bikin RC213V miliknya kehilangan tenaga. Hal ini pun membuatnya melaju di posisi terbuncit. Namun, ia punya ritme yang sangat baik hingga mampu mengejar.

Marquez mengaku motornya mulai kembali bekerja dengan baik setelah melewati Tikungan 1 pada lap pembuka, dan sejak itu ia mampu menyalip para rivalnya, sampai akhirnya secara heroik finis keenam. Puig pun sangat terkesan, apalagi mengingat Marquez sempat dirundung diplopia selama tiga pekan.

1 dari 2 halaman

Jadi Rider Tercepat di COTA

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Puig juga menyatakan para insinyur dan teknisi Honda Racing Corporation (HRC) segera melakukan investigasi soal apa yang terjadi pada motor Marquez saat start. Sang delapan kali juara dunia mengaku sempat menduga masalahnya berakar pada pit limiter, namun setelah ia cek sendiri, ternyata dugaannya salah.

"Jujur saja, Marc menjalani balapan yang sangat mengesankan. Ia mengalami masalah teknis saat start, yang sangat disayangkan. HRC pun tengah menginvestigasi apa yang terjadi, apa kendalanya, dan apa solusinya. Namun, meski mengalami situasi itu, Marc mampu menghadapinya," tutur Puig.

"Marc menunjukkan ritme yang sesungguhnya. Setelah jadi rider terbuncit gara-gara kendala itu, dan sangat jauh di belakang dari kelompok rider lain, tertinggal lebih dari enam detik, ia mampu menunjukkan bahwa ia rider tercepat di COTA. Semua orang melihatnya dan ia menyajikan performa mengagumkan," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Sebut Level Marc Marquez Masih Sama

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Eks pembalap GP500 ini juga sangat senang Marquez bisa langsung menunjukkan performa yang sangat gemilang meski sempat absen dua balapan akibat penglihatan ganda pada mata kanannya usai kecelakaan hebat di Mandalika. Bagi Puig, kekuatan mental adalah pembeda Marquez dengan rider MotoGP lainnya.

"Marc tak bisa balapan di Indonesia, juga tak bisa di Argentina. Jadi, kami sangat senang ia bisa balapan di Texas usai kecelakaannya dalam sesi pemanasan di Mandalika. Ia mampu menunjukkan levelnya, yang masih sama seperti biasanya. Ia adalah rider yang selangkah di depan pembalap-pembalap lainnya," tutupnya.

Marquez kini duduk di peringkat 13 pada klasemen pembalap dengan koleksi 21 poin, tertinggal 2 poin dari sang tandem, Pol Espargaro, di peringkat 11. Ia akan kembali turun lintasan dalam MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada 22-24 April 2022. Sebagai catatan, Marquez belum pernah menang di trek ini.

Sumber: Track Report Honda Racing

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR