Alberto Puig: Pol Espargaro Sulit Adaptasi dengan Honda? Nggak Kaget

Anindhya Danartikanya | 16 Desember 2021 12:10
Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, tak kaget Pol Espargaro jatuh bangun dalam beradaptasi dengan RC213V di MotoGP 2021. Meski begitu, lewat Motosan, Rabu (15/12/2021), ia mengaku melihat perkembangan positif dari Espargaro pada paruh kedua musim dan berharap ia bisa lebih kompetitif pada awal 2022.

Pada pertengahan 2020 lalu, Espargaro memang secara menghebohkan memilih meninggalkan KTM demi membela Repsol Honda pada 2021, bertandem dengan rivalnya sejak anak-anak, Marc Marquez. Espargaro pun diprediksi bakal kesulitan adaptasi dengan RCV, dan ternyata hal itu benar-benar terjadi.

Puig pun tak memungkiri 2021 adalah musim yang berat bagi timnya. "Musim ini rumit, karena tak ada Marc di garasi kami pada awal musim. Kami memulai musim dengan beberapa balapan yang buruk, dan ia belum 100% pulih. Pol juga mengalami kesulitan beradaptasi dengan motor kami. Musimnya juga berat," tuturnya.

1 dari 2 halaman

Performa Melonjak Sejak Pole di Silverstone

Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) Honda Racing Corporation

Pada paruh pertama musim ini, untuk sekadar masuk 10 besar pun, Polyccio harus susah payah di tiap balapan. Puig tak terkejut karena RCV memang bukan motor yang mudah dipelajari. Namun, Espargaro menunjukkan lonjakan performa saat merebut pole di Silverstone, dan naik podium usai finis kedua di Emilia Romagna.

"Secara pribadi, saya tak terlalu kaget. Honda butuh waktu untuk dipelajari dan Anda harus memahaminya. Apakah itu mempersulit Pol? Ya, situasinya sulit. Namun, saya rasa, pada akhirnya, dimulai dari Inggris dan Misano, ia mengubah banyak setup pada motornya, mengubah posisi duduk, dan ia mengalami kemajuan besar," ujarnya.

"Sejak itu, saya rasa ia mulai memahami dirinya lebih baik di atas motor kami. Saya pun berharap musim depan ia akan memulai musim dengan level yang lebih tinggi, dengan pengetahuan lebih banyak soal motor kami, serta punya gagasan jelas soal apa yang bisa ia lakukan dengan motor kami," lanjut eks pembalap GP500 ini.

2 dari 2 halaman

Ingatkan agar Selalu Realistis

Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig (c) HRCManajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig (c) HRC

Espargaro juga mengaku puas atas kemajuan performa RCV yang disediakan Honda dalam uji coba pascamusim di Jerez, Spanyol, pada 18-19 November lalu. Menurutnya, motor anyar tersebut lebih mudah dikendarai dan ia pun optimistis menyambut musim 2022. Namun, Puig memperingatkannya untuk tak terlena.

"Saya selalu mencoba realistis, bukan optimistis atau pesimistis. Kami mengalami kemajuan, namun kami masih harus lihat apakah itu cukup untuk mengatasi semua masalah yang kami punya selama dua tahun terakhir. Saya rasa arahnya sudah benar, namun masih harus dilihat lagi. Jadi, saya tak mau penuh euforia ataupun pesimis," tutupnya.

Espargaro dan para pembalap MotoGP lainnya akan kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 5-6 Februari 2022, dilanjutkan dengan uji coba di Sirkuit Mandalika, Indonesia, pada 11-13 Februari 2022.

Sumber: Motosan

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR