FOLLOW US:


Alex Marquez: Jika Marc Sembuh, Honda Pasti Kompetitif

15-02-2020 11:45

 | Anindhya Danartikanya

Alex Marquez: Jika Marc Sembuh, Honda Pasti Kompetitif
Marc Marquez dan Alex Marquez © HRC

Bola.net - Pebalap anyar Repsol Honda, Alex Marquez, berharap sang kakak sekaligus tandemnya, Marc Marquez, bisa segera sembuh dari cedera dislokasi parsial bahu kanan. Hal ini ia sampaikan kepada Diario AS dalam malam Gala de la RFME di Madrid, Spanyol, Kamis (13/2/2020).

Marc memang dirundung cedera itu akibat kecelakaan hebat di Sepang, Malaysia, dan Jerez, Spanyol, pada November, dan segera dioperasi di Barcelona pada 27 November. Butuh waktu sekitar empat bulan untuk pulih, ternyata proses penyembuhannya jauh lebih rumit dari dugaan.

Prosesnya bahkan jauh lebih pelik dari cedera dislokasi bahu kiri yang ia alami sejak 2014 namun baru dioperasi pada akhir 2018 lalu. Proses yang rumit ini bahkan terbukti nyata lewat hasil Marc di uji coba pramusim Sepang, 7-9 Februari, yang tak mencolok seperti biasa.

1 dari 2

Rehabilitas yang Panjang

"Rehabilitasinya memang cukup panjang, dan ia jauh lebih kesulitan ketimbang tahun lalu. Saya pun berharap, demi kebaikannya, ia bisa pulih di Qatar. Selain itu, jika ia pulih, maka Honda juga bisa tampil baik, dan ini bakal penting bagi saya dan tim," ungkap Alex.

Juara dunia Moto3 2014 dan Moto2 2019 tersebut bahkan menyatakan bahwa sang kakak sulit istirahat karena kesakitan dan harus menjalani berbagai terapi. "Marc benar-benar tak pernah istirahat, karena ia tak pernah tenang. Tapi saya yakin ia bakal segera bangkit," ujarnya.

Dalam wawancara yang sama Alex juga mengaku dirinya belum menemukan masalah berarti dari fakta dirinya bertandem dengan kakaknya sendiri. Ia bahkan mengaku hubungan mereka kini lebih erat, meski tetap harus fokus pada pekerjaan masing-masing ketika ada di lintasan.

2 dari 2

Hubungan Lebih Erat

"Hubungan saya dengan Marc kini malah lebih dekat, karena akhirnya kami turun di kategori yang sama dan membela tim yang sama, hingga kami bisa menghabiskan waktu bersama lebih sering. Tapi di sirkuit jelas sulit karena kami bekerja sendiri-sendiri," tutur El Pistolas.

"Kami menuju arah yang sama untuk membantu tim, meski target kami berbeda. Yang penting, kami bekerja sama demi mengatasi masalah yang ada. Ia berulang kali bilang bahwa ketika ia menikmati berkendara, maka ia akan memanfaatkan semua peluang sebaik mungkin," tutupnya.

Marquez Bersaudara pun akan kembali turun lintasan bersama dengan para pebalap MotoGP lainnya dalam uji coba pramusim kedua di Sirkuit Losail, Qatar, pada 22-24 Februari. Seri pembuka pun akan digelar di sirkuit yang sama pada 6-8 Maret mendatang.