Aprilia Tekad Lakukan 'Segalanya' demi Gaet Andrea Dovizioso

Anindhya Danartikanya | 29 April 2021 15:02
Aprilia Tekad Lakukan 'Segalanya' demi Gaet Andrea Dovizioso
Andrea Dovizioso di atas Aprilia RS-GP dalam uji coba MotoGP Jerez 2021 (c) Aprilia Racing

Bola.net - CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola, tampaknya sudah membulatkan tekad memburu tanda tangan Andrea Dovizioso untuk dibubuhkan pada kontrak MotoGP 2022. Hal ini ia sampaikan kepada GPOne pada Rabu (28/4/2021), usai menghadiri acara Aprilia All Stars Day di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Italia.

Seperti diketahui, pada September 2020, Dovizioso sempat menolak bergabung dengan Aprilia, baik sebagai pembalap reguler maupun test rider. Namun, ia justru menjalani uji coba tertutup di Jerez, Spanyol, pada 12-14 April lalu, usai melihat Aleix Espargaro tampil garang dalam uji coba pramusim di Qatar pada awal Maret.

Uji coba di Jerez itu diakui Aprilia dan Dovizioso digelar tanpa ikatan kontrak atau komitmen profesional apa pun, dan murni diselenggarakan karena Aprilia ingin dapat umpan balik dari sang tiga kali runner up MotoGP. Namun, Rivola tak memungkiri sangat ingin menandemkannya dengan Espargaro tahun depan.

1 dari 3 halaman

Siap Berkomitmen Serius dengan Dovizioso

Siap Berkomitmen Serius dengan Dovizioso

Andrea Dovizioso (c) Ducati

"Dengan Andrea, kami menjalani semuanya dengan santai. Namun, kami juga tahu kami tak bisa menunggu terlalu lama. Andrea ingin balapan dan Aprilia ingin dipandu olehnya. Kami akan melakukan segalanya untuk meyakinkannya bertahan dan menjalani uji coba lebih banyak," ungkap Rivola.

Eks Sporting Director Scuderia Ferrari di Formula 1 ini menyatakan, pengalaman Dovizioso akan sangat berguna untuk pengembangan motor RS-GP. Perlu diingat, sebelum memutuskan vakum dari MotoGP, rider Italia berusia 35 tahun ini pernah empat tahun membela Honda, setahun membela Yamaha, dan delapan tahun membela Ducati.

"Andrea adalah rider dengan level performa tinggi dan sangat cermat. Saat ini saya belum tahu apa yang akan terjadi tahun depan, tapi kami siap menjalin komitmen, karena memiliki rider seperti dia memang komitmen besar. Jika kami ingin mendapatkan kemajuan kualitas, maka Andrea bisa sangat membantu," lanjut Rivola.

2 dari 3 halaman

Senang Uji Coba Aprilia Digelar Secara Serius

Dovizioso sendiri dipastikan akan kembali turun lintasan di atas motor RS-GP dalam uji coba tertutup di Mugello, Italia, pada pertengahan Mei nanti. Tadinya, uji coba ini hanya digelar untuk Espargaro dan Savadori. Namun, mengingat banyak detail yang belum diselesaikan, Dovizioso akan ikut turun lintasan.

"Kesempatan naik motor MotoGP selalu menyenangkan, dan bisa melakukannya dengan cara yang profesional, yakni tak sekadar berkendara, adalah hal yang saya suka. Alhasil, saya pun tak bisa menolak, dan segalanya sudah diatur dengan cara yang baik. Jadi, saya rasa uji coba ini adalah hal yang cerdas," tutur 'Dovi' kepada Motomatters.

"Selanjutnya, saya rasa kami akan uji coba lagi, karena kami ingin bekerja lebih jauh soal posisi berkendara, dan itulah kunci dalam mengerjakan beberapa detail. Ini tentu butuh waktu, jadi saya rasa kami akan menggelar satu kali uji coba lagi. Mungkin bakal di Mugello sebulan lagi, kurang lebih, itulah rencananya," pungkas Dovizioso.

Sumber: GPOne, Motomatters

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR